CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Ternyata Pelihara Kucing bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d68eadd8d9b173da7485d80/ternyata-pelihara-kucing-bisa-cegah-stroke-dan-penyakit-jantung

Ternyata Pelihara Kucing bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung!

Kabar baik buat para pecinta kucing. Meskipun kadang bikin jengkel karena tingkah lakunya, makhluk berbulu yang menggemaskan ini ternyata bisa mencegah penyakit berbahaya Gan!

Pelihara Kucing Bisa Hilangkan Stres

Ternyata Pelihara Kucing bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung!

Dikutip dari The Telegraph, para peneliti percaya bahwa membelai binatang peliharaan bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi denyut jantung, serta menurunkan tingkat hormon dalam tubuh yang berhubungan dengan stres. Stres sendiri dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke.

Ternyata Pelihara Kucing bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung!

Sebuah penelitian dilakukan dengan mengamati 4.435 orang dewasa berusia 30 hingga 75 tahun, yang setengahnya memelihara kucing. Hasil penelitian yang dipresentasikan pada konferensi stroke di AS ini menunjukkan bahwa dalam 10 tahun, pemilik kucing yang meninggal akibat serangan jantung sebanyak 3,4%, sedangkan orang yang tidak memelihara kucing dan terserang penyakit sama mencapai 5,8%.

Hasil ini menunjukkan kalau orang yang memelihara kucing, punya peluang yang lebih kecil terkena penyakit stroke dan serangan jantung yang biasanya dipicu oleh beragam faktor seperti stress, kolesterol tinggi, merokok, dan diabetes.

Harus Benar dalam Memelihara Kucing

Meski dikatakan baik untuk kesehatan, memelihara kucing justru akan berdampak buruk jika nggak dilakukan dengan benar, Gan. Kucing yang nggak dipelihara secara benar bisa menyebabkan kita terkena infeksi toksoplasma,  yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan serius. 

Ternyata Pelihara Kucing bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung!

Infeksi toksoplasma atau toksoplasmosis adalah infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit protozoa T. gondii yang sering terdapat pada kotoran kucing dan daging mentah.  Parasit ini bertelur dalam lapisan usus kucing, dan bisa keluar bersama kotoran mereka.
Infeksi toksoplasma bisa  membentuk kista yang mempengaruhi tubuh, seperti pada otak, jaringan otot, dan jantung. Selain itu, pada ibu yang mengandung, infeksi toksoplasma bisa menyebabkan risiko keguguran.

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari memelihara kucing dan terhindar dari dampak buruknya, pastikan agan perhatikan hal-hal ini:

1. Jaga kesehatan kucing

Ternyata Pelihara Kucing bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung!

Tempatkan kucing di dalam ruangan dan beri makanan kering atau kalengan. Jangan berikan daging mentah pada kucing, karena kucing bisa terinfeksi saat memakan daging yang mentah atau kurang matang yang mengandung parasit.

2. Waspada dengan kucing atau anak kucing liar

Ternyata Pelihara Kucing bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung!

Kucing liar memang butuh perhatian kita, tapi kita harus waspada juga gan, karena kucing liar punya kemungkinan lebih besar menyebabkan infeksi toksoplasma tadi. Sebagian besar kucing nggak menunjukkan tanda-tanda terinfeksi parasit T.gondii, karena itu lebih baik berjaga-jaga dan harus ekstra hati-hati dengan kucing liar.

3. Gunakan sarung tangan dan masker saat membersihkan kotoran kucing

Ternyata Pelihara Kucing bisa Cegah Stroke dan Penyakit Jantung!


Parasit penyebab toksoplasma biasanya ditemukan dalam kotoran kucing. Karena itu, pastikan untuk selalu memakai sarung tangan dan masker saat membersihkan, dan segera cuci tangan setelahnya. Kandang, serta litter box kucing juga perlu dibersihkan dengan baik agar kucing nggak terinfeksi.
 
Dengan merawat kucing dengan baik, kita bakal mendapatkan manfaat baiknya seperti yang udah disebut di atas. Jangan sampe deh si kucing malah membawa penyakit buat kita.  




Spoiler for Sumber:






profile-picture
profile-picture
profile-picture
pucukpisang97 dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
saya gak punya
Alhamdulillah ada manfaatnya juga aku pelihara dua kucing di rumah, kadang suka kesel juga sama tingkahnya (secara dia kocheng oren wkwkwk) tapi tetep gemesin sih
Tapi katanya bisa sakit asma?
Kalau "pelihara" janda gimana bre? emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
rexyriano dan babibuncit memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
juga bisa kena toksoplasma
Quote:


Saya punya banyak nih kucing orange 😁


Quote:


Yang boneng emoticon-Big Grin
Quote:


Kucing warna warni juga banyak kok 😁


Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
iyessss pelihara kucing yang sehat emang bikin hilang stress dan beban pikiran... tapi ada stressnya juga kalo kucing kesayangan mati huhu
profile-picture
LaSeixas memberi reputasi
Alhamdulillah ada gunanya jugaa wkwkwk ga main main loh manfaaatnya, jadi makin semangat dah rawat kucingnyaa
Tapi yang utama tetep harus memperhatikan kebersihan dan juga kesehatan kucing yg dipelihara sihya, karna kalo ga bersih dan ga sehat justru malah bisa menimbulkan penyakit baru
sebagian orang juga bilang jangan terlalu sering main sama kucing karena bulunya itu... betul banget yang penting kita harus tetep jaga kebersihan dan kesehatan si kucing
Ane dulu pelihara kucing banyak banget gan.. tapi kata ibu ane, bahaya bisa menyebabkan tokso. Jadi akhirnya ane buang2in di pasar... sayang banget deh
wihh keren nih threadnya,kudu di kasih tau nih ke nyokap biar mau melihara kucing emoticon-Ngakak semoga makin banyak dah thread informatif kaya gini, mungkin seperti nya banyak tapi kayaknya ane belum berselancar lebih dalam di kaskus ini, makasih gan info nya
Alhamdulillah ada manfaat
sayangnya mak saya gk suka kucing jd gk bisa pelihara kucing, pdhal udah d namain tutup tupperware ttep aja d buang emoticon-Ngakak
Quote:


Itu juga ada manfaatnya bre bisa mengurangi senam 5 jari.
Ane melihara kucing malah di lempar sama entitas di rumah ane. Gara" si pus buang air di tempat entitas itu bersemayam. Mulai dr kejadian itu ane udah gk mau melihara kucing. Kasian emoticon-Sorry
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di