Kaskus

News

BeritagarIDAvatar border
TS
BeritagarID
Rudy Chen: Astra Asuransi siap beradaptasi dengan teknologi
Rudy Chen: Astra Asuransi siap beradaptasi dengan teknologi
CEO Asuransi Astra, Rudy Chen, dalam kegiatan media gathering di Medan, Senin (19/8/2019).
Wawancara ini merupakan bagian dari ikhtiar Beritagar.id menghadirkan pandangan seorang tokoh bisnis dalam menjawab mandat yang diamanatkan kepadanya. Beritagar.id berbicara dengan Rudy Chen, Chief Executive Officer (CEO) PT Asuransi Astra Buana. Interviu berlangsung di tengah acara media gathering di Medan pada 19-21 Agustus 2019.

***

Dunia bisnis hari-hari ini tak hanya berurusan dengan perkara komunikasi antara perusahaan ke konsumen (business to consumer), tapi konsumen ke perusahaan (consumer to business). Konsep ini menuntut perusahaan untuk lebih aktif memahami perilaku konsumen.

Kebutuhan konsumen mesti dipahami dengan baik. Dan Rudy Chen, CEO PT Asuransi Astra Buana, menerapkan prinsip tersebut dalam mengelola bisnis anak perusahaan Astra International. Fundamen itu jelas mensyaratkan kenyamanan nasabah, terlebih saat menjalani proses klaim asuransi.

Orang bilang ini era disrupsi teknologi. Bagaimana anda menjaga visi jangka panjang serta fokus perusahaan di tengah perubahan yang terjadi terus-menerus?Disrupsi yang dimotori karena adanya pergerakan yang cepat di bidang teknologi, memang mengharuskan kita semua beradaptasi. Tak terkecuali Asuransi Astra. Dari waktu ke waktu, kami selalu (melakukan) review atas visi dan misi kami; apakah masih relevan atau tidak di tengah perubahan-perubahan yang sangat dinamis ini.

Sebagai contohnya adalah di era teknologi atau digitalisasi seperti sekarang ini, kami melakukan transformasi digital ke dalam bisnis kami sebagai salah satu strategi. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan kami. (Itu sejalan) dengan visi kami,"we bring peace of mind to millions".

CEO biasanya mendapat mandat untuk menjadi consumer-centric. Untuk itu, biasanya perlu transformasi bisnis dan digital. Bagaimana Asuransi Astra menerapkannya? Apakah anda terlibat dalam proses itu?Sesuai visi dan misi Asuransi Astra, pelanggan menjadi perhatian khusus bagi kami. Dalam transformasi bisnis, tentu CEO sangat terlibat dalam memberikan arahan perusahaan.

Transformasi terutama dalam hal digitalisasi ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2014, yaitu sebelum saya bergabung di perusahaan ini. Transformasi pada saat itu masuk pada fase persiapan operasional dan layanan.

Dan ketika saya dipercaya menjadi CEO Asuransi Astra tahun 2017, transformasi saya lanjutkan ke fase berikutnya yang langsung terkait core business asuransi yaitu dari sisi claim dan acquisition.

***

Rudy memulai kariernya di Grup Astra setelah menyelesaikan gelar Magister Keuangan Terapan di University of Melbourne. Ia menjabat sebagai Kepala Perencanaan & Strategi Perusahaan PT Astra International Tbk pada rentang 2000-2009.

Beriring kecemerlangan karier, dia ditunjuk sebagai Chief Financial Officer (CFO) pada 2009 dan menduduki kursi tersebut hingga 2013. Kemudian, dia menjabat sebagai Direktur Independen dan Direktur Keuangan serta Komisaris dari 44 anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk (2013 - 2017) sebelum berperan sebagai CEO Asuransi Astra.

Apa hal yang kira-kira klien anda tak banyak tahu tentang Asuransi Astra, dan anda ingin mereka mengetahuinya?Asuransi Astra banyak dikenal oleh klien sebagai leader di industri asuransi kendaraan bermotor dengan produk Garda Oto. Pada tahap berikutnya, Asuransi Astra diharapkan dapat menjadi most admired dan preferred general insurance company melalui produk-produk kami yang lain dari sisi komersial dan kesehatan, serta beragam layanan yang kami sediakan.

Apa harapan dan mimpi Anda yang kira-kira masih bisa diserap oleh Asuransi Astra?Di tengah tren digitalisasi, saya berharap semoga ke depan Asuransi Astra dapat selalu berinovasi secara konsisten agar menjadi lebih baik lagi. (Pun), menjadi perusahaan asuransi yang paling dikagumi sehingga selalu menjadi pilihan utama pelanggan dalam berasuransi.

Ketika membuat keputusan, anda mengandalkan rencana strategis atau bersandar pada intuisi dan pengalaman?Kombinasi dari rencana strategis dan pengalaman.

***

Dalam kendalinya, Asuransi Astra benar-benar siap 'go digital'. Lewat layanan andalannya, Garda Center, Asuransi Astra menepis stigma di tengah masyarakat tentang rumitnya menebus klaim ke perusahaan asuransi. Garda Center diciptakan sebagai lokasi yang memudahkan para nasabah Asuransi Astra memproses klaim.

Layanan dimaksud sudah terintegrasi dengan aplikasi Garda Mobile Otocare. Setiap kali permintaan atas klaim, polis, dan informasi produk diajukan, pelanggan akan terhubung dengan Garda Center. Bahkan, bagi pengguna Garda Mobile Otocare, Garda Center bakal memberi keistimewaaan berupa antrean khusus.

Selama menjabat sebagai CEO, adakah sesuatu yang lantas bikin anda condong untuk fokus kepada hal tertentu?

Sebaliknya malahan. Sebagai CEO, saya harus lebih menyeimbangkan semua aspek ketimbang condong untuk fokus pada hal tertentu.

Pengalaman apa—positif maupun negatif—yang turut membentuk karier dan prinsip-prinsip anda?

Setiap pengalaman baik positif atau negatif, saya ambil hikmahnya dan ada lesson learned yang dapat kita jadikan acuan untuk menjadi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Namun, ada suatu saat pada hal-hal tertentu, saya akan konsisten dan tidak akan menggoyahkan prinsip-prinsip yang saya yakini.

Saat memimpin tim, bagaimana upaya anda agar fokus mereka terjaga dan pikiran tak mudah teralihkan?

Saya banyak mendengar masukan atau kebutuhan tim. Saya ingin memastikan bahwa tim bekerja dengan happy, fun dan menuju ke arah yang benar. Dengan demikian, tim akan dapat fokus kepada tugas-tugas mereka dan tidak terganggu atau teralihkan ke hal-hal lain.

Saya juga percaya bahwa ide inovatif atau kreatif dapat muncul dari siapa saja, bahkan hingga karyawan atau frontliner tingkat terbawah sekalipun. Untuk itu, komunikasi ke segala level pun kerap saya lakukan.
Rudy Chen: Astra Asuransi siap beradaptasi dengan teknologi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ngan-teknologi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Rudy Chen: Astra Asuransi siap beradaptasi dengan teknologi Tarif baru ojol bakal diterapkan di seluruh kota Senin depan

- Rudy Chen: Astra Asuransi siap beradaptasi dengan teknologi BMKG: Gempa M 5,1 guncang Maluku Tenggara Barat

- Rudy Chen: Astra Asuransi siap beradaptasi dengan teknologi Spot dengan kualitas udara terbaik dan terburuk (Jumat, 30/08/2019)

anasabilaAvatar border
anasabila memberi reputasi
1
338
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan