CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Fashionista /
Kenali Makna Di Balik Setiap Riasan Tradisional Asli Indonesia!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d678cbcfacb9529a210e89c/kenali-makna-di-balik-setiap-riasan-tradisional-asli-indonesia

Kenali Makna Di Balik Setiap Riasan Tradisional Asli Indonesia!

Kenali Makna Di Balik Setiap Riasan Tradisional Asli Indonesia!

Kalian pasti tau kan kalau setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing? Termasuk juga dalam urusan rias-merias. Setiap daerah memiliki riasan khasnya masing-masing, seperti suntiang, paes, siger, sortali, dan masih banyak lagi ciri khas darah lainnya.

Riasan daerah sendiri memiliki banyak persepsi, ada yang menganggap dandan dengan riasan daerah terkesan lebih ribet dan juga menyusahkan bagi wanita jika dibandingkan dengan dandanan modern ala-ala eropa.

Saking banyaknya orang yang menganggap bahwa riasan daerah itu ribet, membuat banyak orang semakin sedikit yang mengenakannya sehingga warisan budaya ini menjadi terlupakan. Nah, kalau sudah kayak gini kan sayang bengat Sis, kekayaan-kekayaan budaya Indonesia yang sangat bernilai malah hilang begitu saja.

Nah, biar Sista-sista tak termasuk ke dalam orang-orang yang melupakan kekayaan daerah khas Indonesia ini. Kita coba gali lebih dalam yuk makna-makna yang ada dari setiap riasan daerah khas Indonesia.



Sortali

Kenali Makna Di Balik Setiap Riasan Tradisional Asli Indonesia!

Aksesoris khas indonesia lainnya yang membut riasanmu menjadi makin cantik adalah Sortali. Sortali adalah tali berwarna merah berhiaskan tembaga lapis emas. Sebagai salah satu aksesori pegnantin wanita asal budaya batak ini diletakkan di kepala sebagai salah satu tanda kehormatan dan keanggunan dari sang pengantin wanita. Makna lain dari penggunaan sortali adalah kesucian pernikahan dalam budaya batak, kecantikan bagi pengantin dan kebaikan bagi pasangan yang akan menikah beserta seluruh keluarganya.


Jogja

Kenali Makna Di Balik Setiap Riasan Tradisional Asli Indonesia!

Riasan khas daerah Jogja memiliki banyak variasi loh, Sis. Tapi walaupun begitu, tetap ada beberapa aksesori yang sama kok antara jenis riasan satu dengan riasan lainnya. Salah satunya adalah chunduk mentul. Chunduk mentul adalah kembang goyang yang menempel di atas kepala sang pengantin perempuan. Biasanya sih, cundhuk mentul digunakan dalam nomor ganjil mulai dari 1,3,5,7, ataupun 9, dan masing-masing jumlah penggunaan cundhuk mentul mempunyai makna yang berbeda dalam adat Jawa. 1 cundhuk mentul melambangkan Tuhan Yang Maha Esa, 3 melambangkan nilai-nilai Trimurti, 5 melambangkan rukun Islam, 7 melambangkan perkimpoian yang penuh pertolongan, dan 9 melambangkan Wali Songo.

Selain cundhuk mentul, ada juga sepasang aksesoris sisir dengan hiasan batu permata yang bernama centhung. Centhung ini disisipkan di sebelah kiri dan kanan kepala si pengantin wanita. Ari dari centhung sendiri adalah sang perempuan yang sudah siap memasuki gerbang pernikahan.


Siger

Kenali Makna Di Balik Setiap Riasan Tradisional Asli Indonesia!

Sger merupakan mahkota besar yang terbuat dari emas dan logam-logam lainnya. Siger sendiri modelnya ga hanya satu Sis, siger memiliki berbagai macam model. Aksesoris yang sering digunakan oleh para pengantin wanita sunda ini biasanya dilengkapi dengan kembang tanjung, kembang goyang, dan juga ronce melati. Sista tau ga makna yang ada di balik siger sunda? Penggunaan Siger sunda memiliki arti bahwa pengantin perempuan menempatkan kearifan, rasa hormat, dan kebijaksanaannya sebagai prioritas utama dalam sebuah pernikahan.

Kembang tanjung, kembang goyang, dan ronce melati yang menghiasi siger sunda ini juga memiliki ari tersendiri loh. Ekembang tanjung yang terdiri dari enam pasang bunga yang disematkan pada belakang sanggul berbentuk seperti kupu-kupu di belakang konde ini memiliki makna kesetiaan si pengantin wanita pada pria. Sedangkan kembang goyang memiliki arti bahwa wanita harus selalu tampil cantik. Untuk ronce melati memiliki arti yang melambangkan kesucian dan kemurnian pengantin perempuan.



Itu dia beberapa riasan tradisional khas daerah-daerah di Indonesia dengan maknanya masing-masing. Menurutmu mana yang paling indah dilihat dan mana yang memiliki arti paling indah dalam sebuah pernikahan?



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
bagus ya
Jadi cakep gitu


Quote:

Nanti nganu bre
betawii mana nih betawiii... padahal masih banyak banget aksesoris lainnyaa yang belum kesebuttt...
Diubah oleh citrachoirunisa
banggaaa bangeett sama semua kebudayaan di Indonesiaaa... dengan ciri khasnya masing-masing, tiap daerah bisa melahirkan wanita wanita yang cantik dengan hiasan di kepalanyaaemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol sukaa bangeettt
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
ane pribadi sih kurang sukaa yaahh malah sama gaya gaya pengantin ala eropa karena terlalu polooossssemoticon-Ngakak
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
Karena ane orang jawa, menurut ane yang paling indah ya riasan dari Jawa sist.hehe.. tapi untuk makna dari setiap riasan pasti mempunyai makna dan harapan yang baik. Kalau makna dari aksesoris maupun mahkota pengantin Aceh tau nggak sist?
cantik cantik ya sisss baju dan riasan adat indonesia gini emoticon-Genitemoticon-Genitemoticon-Genit ane mah cita cita banget siih mau nikah dengan adat indonesia

kalo boleh saran sama TSnya coba digali lebih dalam lagi, soalnya informasinya nanggunh dan masih banyak hal yang masih bisa dijelasin sebenernya... dan adat indonesia kan banyak banget nih mungkin bisa dibikin thread part 2 dan selanjutnya
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
nih kenali dibalik foto ini

Kenali Makna Di Balik Setiap Riasan Tradisional Asli Indonesia!
Bagusss bagusss adat nikahan Indonesia... Dari dulu punya cita2 pake adat sunda, biar bisa pake siger... Karena geulis pisan euy wkwkkwk
Quote:


Hahahahha pake paes gitu jugaa ayuu tenan sisss.... Apalagi kalo pake adat adatnya...jd makin sakral dan makin anggun... Berasa putri kerajaan sehari wkwkwkwkw
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
ane kira semua riasan tradisional itu maknanya sama semua ternyata maknanya beda beda yaemoticon-EEK!
Diubah oleh kwhaleyf
Quote:


Nganu opo yo
Kalo ane paling suka sama siger heee, padahal ane bukan orang sunda. Tapi gatau kenapa seneng bgt liat pengantin make siger kayak cantik gimana gituuu. Dan ane jd kepengen nanti nikah make siger
profile-picture
elnusha memberi reputasi
Semuanya bagus emoticon-Tepuk Tangan
baru tau nih, nice info emoticon-2 Jempol
modelnya ayu
baru tau ane sis, keren nih threadnya, jadi menambah wawasan juga pastinya. semoga makin banyak dah thread informatif kaya gini, mungkin seperti nya banyak tapi kayaknya ane belum berselancar lebih dalam di kaskus ini, makasih gan info nya, cendol di marih
riasan pengantin aja beragam banget. Indonesia emang the best buat kebudayaannya 😍😍😍
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di