CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Kejam! Orang Tua Memukul Anak Sendiri, Bagaimana Dampak Kekerasan Pada Anak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d677f2d10d2954f3240ac70/kejam-orang-tua-memukul-anak-sendiri-bagaimana-dampak-kekerasan-pada-anak

Kejam! Orang Tua Memukul Anak Sendiri, Bagaimana Dampak Kekerasan Pada Anak?

Dampak Kekerasan Pada Anak

 Kejam! Orang Tua Memukul Anak Sendiri, Bagaimana Dampak Kekerasan Pada Anak?

 

Sekarang ini, kekerasan pada anakmemang sudah sangat jarang ditemui di berita pertelivisian. Bukan tidak ada, karena disadari atau tidak, kekerasan pada anak sering terjadi di sekitar kita dan dilakukan oleh orang terdekat. Baik kekerasan yang sifatnya fisik hingga mencederai anak, atau kekerasan yang bersifat fisik ringan, atau lebih ke verbal.

 

Jujur, ane lihat di youtube, banyak sekali video-video kekerasan pada anak yang mengiris jiwa. Baik jiwa korban, atau pun jiwa ane sendiri. Beberapa adalah video lama, tapi ada yang terbaru juga, walaupun ga viral.

 

Spoiler for stop kekerasan pada anak:

 

Terkadang, sadar atau tidak sadar, ketika pikiran kita sebagai orang tua sedang mengalami stress. Maka, kesalahan sedikit yang dilakukan anak akan membuat emosi meningkat. Sehingga tangan bergerak dengan sendirinya untuk mencubit atau bahkan memukul sang anak.

 

Maka, ketika itu, kekerasan pada anaktidak bisa dihindari lagi. Akhirnya, setelah melakukan hal tersebut, hanya tersisa penyesalan. Tapi, semua terlambat, luka sudah ditorehkan di fisik dan jiwa sang anak.

 

Maka dari itu, sebelum melakukan tindakan fisik pada anak, coba pikirkan kembali apa dampak yang mungkin terjadi pada anak. Berikut adalah dampakyang mungkin terjadi pada anak yang mengalami kekerasan fisik menurut psikolog Dian Ibung:

1. Cedera fisik

 

Ini adalah luka yang bisa terlihat dengan kasat mata. setelah anak mengalami kekerasan fisik, pasti akan meninggalkan sebuah luka fisik. Bekas pukulan atau cubitan, mungkin.

 

2. Cedera psikis

 

Lebih parahnya dan sering tidak disadari oleh orang tua selepas dari melakukan tindakan fisik adalah cedera psikis anak. Cedera ini tidak terlihat dengan kasat mata. Terkadang, cedera psikis ini terbawa hingga dewasa.

Sehingga, menyebabkan korban kekerasan akan menjadi anak yang tidak percaya diri. Biasanya mereka ketakukan dan selalu merasa tidak aman, sehingga mereka menjadi mudah berbohong untuk menyelamatkan diri.

 

3. Tumbuh menjadi anak yang bisa melakukan kekerasan

 

Quote:

Jika ia melihat orang sekitarnya atau bahkan orang tuanya sering melakukan kekerasan, maka ia akan menirukan perbuatan tersebut terhadap orang lain.

 

4. Jika itu berlanjut hingga dewasa, maka ada kemungkinan, ia akan menjadi orang tua yang melakukan kekerasan

 

Apa yang dialami anak ketika kecil itu akan membekas di alam bawah sadarnya. Ketika sebuah masalah tidak terselesaikan ketika masih kecil, maka akan terbawa hingga dewasa. Termasuk kekerasan ini. Kemungkinan besar, jika sang anak belum berdamai dengan masa lalunya, maka kemungkinan besar ia menjadi orang tua yang melakukan kekerasan juga.

Spoiler for Dampak Kekerasan pada Anak (Dian Ibung)::

 

Nah, sedikit yang bisa ane sharing. Semoga dengan ini, kita bisa menahan emosi dan marah kepada anak. Memang sangat sulit hal itu dilakukan, tapi tidak ada yang tidak mungkin. Selama kita selalu sadar dan mawas diri terhadap akibat yang akan terjadi ke depannya.

Karena bagaimana sifat dan sikap seorang anak, ditentukan bagaimana kita sebagai orang tua mendidik mereka.

 

Salam hangat,

Retno Qren (RetnoQr3n)

 

Sumber : Opini pribadi dan youtube

 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 48 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
stop kekerasan pada anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 11 lainnya memberi reputasi
Ada baiknya, bila si anak berbuat salah, kita tdk lngsung bereaksi dgn apa yg diperbuatnya. Lebih baik kita menenangkan emosi diri sendiri terlebih dahulu, sebelum bertindak terhadap anak. Krna bila diri kita sndiri sudah tenang, jalan keluar dr masalah akan mudah pula ditemukan, dan si anak pun akan bangga memiliki orang tua yg bijaksana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hmmmmmm...
kagag baek mukul anak
tp kadang memang ada anak yg butuh dikerasin dikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lordfuten dan 13 lainnya memberi reputasi
fisik masih bisa disembuhkan, tapi kalo udah psikis lukanya belum tentu bisa langsung sembuh.. bikin trauma.. setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, sebandelnya anak, orang tua harus bijak juga nyikapinnya gimana..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 8 lainnya memberi reputasi
Heran deh sama orang tua yang masih aja ngelakuin tindak kekerasan ke anaknya sendiri, padahal kan itu tanggung jawab mereka, ya kalo ga siap punya anak ya gausah buat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
jangan main pukul dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya mas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Orang tua tidak pernah salah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
menurut ane, udah bukan masanya mendidik anak dengan kekerasan... tapi kalo anaknya udah kelewatan (pas dia dewasa) mungkin wajar yaa dikerasin karena dikasih tau pake nasihat udah ga bisaa... tapi kalo masih kecil udah dikasih kekerasan fisik jangan sampe deehhh...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


main apaa doongg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


iyaahhh dipukul mah kalo anaknya udah keterlaluan itu perluuu dongg... biar jeraaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


benerr gaannn.. positifnya pas mereka udah besar nanti pasti mikir kokkk tindakan keras si orang tua itu sebenernyaa pentingg jugaa untuk masa depannyaaaaemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
kejam kejam kejam
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan RetnoQr3n memberi reputasi
kalo belum siap punya anak jangan berbuat dulu dong kasian anaknya yang jadi korban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Main yg lain aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
luka akibat ini gakan sembuh. gakan pernah sembuh. ane udh 22 taun, dan luka2 dari 18 taun yg lalu ga ilang2.

berat hidup diantara org yg dulu nyakitin dan norehin luka. tp biar gimana namanya orgtua. kalo ane kabur ntar dibilang durhaka. padahal mereka gatau apa yg ane alamin.

menurut ane puisi2 manis diluar sana buat ibu atau ayah cuma sekedar bulshit aja. ga sesuai sm.kehidupan ane.

buat agan sista yg pengen nikah, atau udh punya anak, tolong anaknya dijaga baik2. jgn smpe darahnya ga sengaja tumpah setetespun karena ente ortunya. anak itu titipan Tuhan emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Kadang klo emosi memang suka lupa.

Tapi, seiring bertambahnya usia emosiku semakin terkontrol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah, tips ini perlu banget nih diikuti

Quote:


Iya keras dan tegas boleh, tapi kayanya kl mukul untuk pelampiasan emosi dan kekesalan ga bgt deh.

Quote:


Bener bgt, trauma psikis akab masuk ke alam bawah sadar

Quote:


Udah terlanjur dibuat, gimana dong, ka

Quote:


Main catur aja ya ka

Quote:


Selalu merasa benar. Egois

Quote:


Nah itu dia. Kadang memang keras itu perlu. Tapi ada kadar dan usianya juga.

Quote:


Main bekel aja ka

Quote:


Iyups. Untuk mendidik. Bukan untuk pelampiasan emosi

Quote:


Iyups

Quote:


Yups.. harus tenang kl berhadapan dengan anak

Quote:


Kejaaaaaam...
Kejaaaaam..
Pake nada dangdut

Quote:


Udah dibuat ka, jd gmna dong. Kasian, ya. Anak ga berdosa

Quote:


Main dampu aja apa ya?

Quote:


Ya Allah ka... semoga itu menjadi pelajaran untuk.kita semua. Bahwa jiwa anak hrus slalu dijaga. Jangan sampai mreka menyimpan dendam pada ortu nya

Quote:


Perlu banget nih, cara u kontrol emosi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
Orang tua seharusnya penuh kasih sayang
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Pakai rebaaaab aja.emoticon-Hammer2
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di