Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

galangwbsnAvatar border
TS
galangwbsn
Survival Kit Yang Wajib Kamu Miliki Jika Ingin Pergi Ke Alam Bebas
Survival Kit Yang Wajib Kamu Miliki Jika Ingin Pergi Ke Alam Bebas


Pernah gak kalian nonton film "Into The Wild"?

Cerita tentang petualangan Alexander Supertramp alias Christopher McCandless yang berpetualang sendirian ke dataran Alaska. Film yang diangkat dari kisah nyata Christopher McCandless ini berhasil menginspirasi banyak petualang dan traveller untuk keluar dan melihat dunia. Namun sayang sekali, cerita dari Christopher McCandless harus berakhir dengan tragis karena ia ditemukan tewas di tempat ia berteduh, yaitu di "shelter" yang dulunya merupakan bus kecil.

Seperti yang sudah saya bilang tadi, setelah film Into The Wild rilis, banyak sekali para petualang yang mengikuti jejak McCandless. Namun banyak juga dari mereka yang bernasib naas dan ditemukan tewas seperti McCandless.

Nah, dalam kehidupan di alam bebas, tentu segala bentuk kemudahan yang kita dapatkan di kehidupan normal kita di kota gak bakal kita dapatkan dong. Ketika kita memaksakan diri untuk berpetualang tanpa dibekali kemampuan survival yang cukup, maka petualangan kita hanya akan jadi misi bunuh diri. emoticon-Hammer2




Spoiler for spoiler:



Nah katakan saja kita sudah memiliki dan menguasai ilmu survival atau ilmu bertahan hidup, sekarang kita sudah siap nih untuk berangkat dan berpetualang ke alam bebas. Tapi tunggu dulu, sebelum pergi pasti ada dong barang bawaan yang wajib kamu bawa? Nah, untuk memudahkan kita bertahan hidup di alam bebas, ternyata ada alat-alat yang wajib kita punya nih, bisa dibilang alat-alat ini adalah survival kit.

Lalu apa aja sih survival kit yang wajib banget kita punya sebelum berpetualang ke alam bebas?

Simak daftarnya di bawah ini!!



1. Perlengkapan P3K


Spoiler for Ilustrasi:




Pergi berpetualang ke alam bebas tapi berharap gak dapet luka atau cidera? Kayaknya gak mungkin deh! Oleh karena itu, perlengkapan P3K penting banget nih untuk kita bawa ketika kita hendak berpetualang ke alam bebas. Terus apa aja nih isi perlengkapan P3Knya? Nah kotak perlengkapan ini bisa kamu isi dengan Antiseptik, Perban/Kasa Steril, Obat Demam, Plester, Krim Pereda Nyeri, Gunting, Tabung Oksigen Mini, dan lain-lain menyesuaikan kemana kamu akan pergi. Coba bayangin kalau kamu gak bawa perlengkapan P3K ini, ketika kamu jatuh dan menyebabkan luka luar yang cukup parah, tanpa pertolongan pertama luka kamu akan cepat membusuk karena kotoran dan kuman, terus infeksi deh. emoticon-Mewek


2. Peralatan Untuk Membuat Shelter


Spoiler for Ilustrasi:



Kamu merencanakan perjalanan dalam beberapa hari atau dalam waktu yang lama, tentu saja kamu butuh tempat untuk berteduh di kala cuaca sedang hujan, atau dingin. Perlatan untuk membuat shelter tentu dibutuhkan oleh setiap petualang, karena selain untuk menjaga kita dari cuaca yang ekstrem dan tidak menentu, shelter juga bisa melindungi kita dari hewan-hewan yang ada di alam bebas. Untuk membuat shelter, kamu bisa membawa tenda bongkar pasang yang ukurannya tidak akan membebani kamu selama perjalanan. Atau kalau kamu tipe orang yang malas atau lebih menyatu dengan alam, kamu bisa membawa terpal untuk membuat bivak.


3. Peralatan Untuk Mendapatkan Air dan Makanan


Spoiler for Ilustrasi':


Ceritanya perjalanan kamu akan memakan waktu yang lama, dan perbekalan kamu akan habis sebelum perjalanan kamu selesai. Nah kamu wajib nih bawa peralatan untuk berburu dan mendapatkan air bersih untuk kamu konsumsi. Peralatan seperti tali untuk menjerat, kail pancing, jaring, dan lain sebagainya perlu kamu bawa kalau kamu ingin bertahan hidup. Untuk mendapatkan air, tentu kita gak bisa selalu mengandalkan hujan dong.. Survival kit untuk mendapatkan air bersih yang bisa kamu bawa adalah water purifier, atau penjernih air. Karena gak jarang loh ketika kita dalam keadaan darurat karena kehabisa air, tapi yang kita temukan malah sebuah kubangan dengan air yang keruh, nah water purifier ini berguna banget dan bisa kita gunakan untuk menyaring air yang keruh.


4. Peralatan Membuat Api


Spoiler for Ilustrasi:




Nah ini nih yang paling krusial, yaitu Api.
Bayangkan kamu udah capek-capek berburu, atau kamu sedang kedinginan karena cuaca yang ekstrem. Ehtapi kamu gak bawa korek atau gak bisa bikin api sendiri dengan perlengkapan yang ada. Wah bisa-bisa kamu mati kedinginan, atau makan daging mentah selama perjalanan kamu berpetualang di alam bebas...emoticon-Hammerhammer
Tapi tenang aja, banyak kok alat-alat yang digunakan untuk membuat api yang di jual di luar sana, dan kamu wajib punya satu! Walaupun kamu punya keahlian menyalakan api dengan menggesek-gesekkan dua batang kayu kamu harus tetap bawa. Tapi ingat ya, kalo udah selesai sama apinya jangan lupa dimatiin apinya.emoticon-2 Jempol


5. Peralatan Sinyal Darurat


Spoiler for Ilustrasi:




Waduh!! Tiba-tiba aja perjalanan kamu yang awalnya menyenangkan, seketika berubah menjadi semakin berbahaya. Tapi kamu sedang ada di tengah alam bebas, dan tidak ada orang lain selain kamu disana. Peralatan untuk membuat sinyal darurat penting untuk selalu kamu bawa, akan sangat berguna apabila kamu tersesat atau dalam keadaan bahaya. Perlengkapan dasar yang harus kamu bawa disini adalah peta, kompas, pelui, flare, cermin, dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk mencari jalan atau mengirim sinyal darurat.


---------------------------------------------------------

Nah sekian dari saya, semoga ilmu ini bisa bermanfaat untuk kamu para traveller dan petualang sejati. Ingat selalu keamanan merupakan kunci kenyamanan kita dalam berpetualang, dan ingat juga bahwa tujuan kita berpetualang adalah untuk kembali pulang!


Silakan tambahain survival kit versi kamu, atau yang sering kamu bawa di kolom komentar!


Baca juga thread saya yang lain di bawah ini:

Melepaskan Beban Maskulinitas Pria Bersama Didi Kempot
Teknik Ampuh Agar Terhindar Dari Hipotermia Ketika Mendaki 
5 Teknik Ini Akan Membuat Kamu Tetap Hidup Saat Tersesat di Hutan


Spoiler for sumber gambar:

Diubah oleh galangwbsn 20-08-2019 09:21
harissyaAvatar border
tata604Avatar border
nona212Avatar border
nona212 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
10.1K
166
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan