Kaskus

Automotive

2258Avatar border
TS
2258
First Impression Wuling Almaz
Halo agan otomotif kaskuser. Ini trit sekedar sharing aja mengenai first impression nubitol waktu diajak main + nyobain wuling Almaz. Siapa sih yang belum pernah dengar merk mobil asal China satu ini? Diawal kedatangannya membawa Confero, pabrikan lain langsung di cap over price. Ya, walaupun secara total penjualan unit saat ini belum bisa menggeser pabrikan mobil asal Jepang di Indonesia, setidaknya Wuling memberi pilihan yang luar biasa di pasar mobil Indonesia yaitu harga, fitur, dan garansi. Sepertinya ini menjadi senjata Wuling dalam menjual produknya. Model oke, harga miring, fitur melimpah.

Back to Wuling Almaz. Di kisaran harga 260 - 340 juta, bagaimana spesifikasi mesin Wuling Almaz? Berikut datanya :
1451 cc, DOHC, DVVT, Turbocharger (Honeywell)
max Power : 140 HP @ 5200 rpm
max Torque : 250 Nm @ 1800 - 3600 rpm
sumber : https://mobil.wuling.id/id/suv-almaz
Menurut saya, penambahan turbo di mesin Almaz memberikan nilai tambah tersendiri untuk mobil ini. Walaupun saya tidak mendapat data teknis berapa pressure booster turbo tersebut. Yang saya yakini, dengan adanya part seperti turbo sudah pasti secara metalurgi material yang digunakan pasti memiliki kualitas yang lebih baik dibanding N/A.

Berbicara  fitur, ini yang membuat Almaz unggul (telak) dengan mobil lain dikisaran harga yang sama. Voice command berbahsa Indonesia. Halo Wuling, nyalakan radio. Radio nya langsung aktif. Halo Wuling, saya kepanasan. AC dengan otomatis mendinginkan. Untuk tipe tertentu, Halo Wuling, buka sunroof. Sunroof otomatis terbuka. Tidak perlu berbicara mengenai single atau double din untuk mobil 1 ini. Karena semua tipe Wuling Almaz menggunakan piranti seperti tablet pc berukuran 10" mungkin. Untuk tipe 7 seater yang menurut saya lebih layak disebut 5+2 memiliki blower di tiap baris kursi. Di dashboard untuk baris depan, di konsol tengah bawah untuk baris tengah (seperti Livina), dan disamping sandaran tangan  untuk baris belakang. Audio? yang pasti jernih dan lembut.

Sungguh, untuk kenyamanan dan fitur yang sedemikian menyenangkan, tidak akan dapat ditemui di merk lain dengan harga yang sama. Lantas kenapa Almaz bisa dibanderol dengan harga agak miring? Menurut saya, jawabannya ada di detail body. Ketika melihat lebih teliti, saya melihat ada beberapa moulding part body dan interior yang kurang rapi. Pemasangan beberapa karet2 kaca juga demikian. Ada juga rongga yang kurang pas juga di ujung pertemuan bumper dengan body.

Overall, dengan harga sekian ratus juta dengan pembanding brand yang sudah duluan ada di Indonesia, Wuling Almaz masuk dalam kategori wah dan wow. Karena kalau melihat detail nya, ada sedikit perasaan "Udah dibuat spesifikasi teknis bagus, fitur mantap, harga oke, eh dikorbanin dikit masalah detailnya". Yang masih penasaran atau emang udah niat beli Wuling Almaz, silakan hubungi dealer terdekat. O iya, masalah service rutin di bengkel resmi cukup dengan harga 500 ribu an. wow kan? Sekian yang bisa saya tulis dan sampaikan gan. Selamat beraktivitas.

emoticon-Ngaciriloveindonesiaemoticon-I Love Kaskus
azidqiAvatar border
Almazer168Avatar border
hendiho88Avatar border
hendiho88 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.2K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan