alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Mari Bersama Majukan Pendidikan dan Moral Anak Bangsa [Bisa..! Kita Pasti Bisa]
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53dccb65b24d7666559aa2/mari-bersama-majukan-pendidikan-dan-moral-anak-bangsa-bisa-kita-pasti-bisa

Mari Bersama Majukan Pendidikan dan Moral Anak Bangsa [Bisa..! Kita Pasti Bisa]

Mari Bersama Majukan Pendidikan dan Moral Anak Bangsa [Bisa..! Kita Pasti Bisa]



Mari Bersama Majukan Pendidikan dan Moral Anak Bangsa [Bisa..! Kita Pasti Bisa]


Selamat pagi, siang, sore, malam dan bagaimana kabar kalian gan and sista

Quote:


Setujukah kamu dan kamu, iya kamu yang lagi baca dengan pernyataan di atas ?

Pendidikan merupakan penentu kemajuan suatu bangsa. Kunci untuk mencetak SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan negara lain. Untuk itu standar kompetensi lulusan, muatan kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana-prasarana, pengelolaan dan pembiayaan pendidikan harus terus diawasi dan ditingkatkan.

Namun kita masih mendengar dengan sekolah yang roboh bahkan sampai menjatuhkan korban, akses ke sekolah yang sulit, jomplangnya sarana-prasarana antara kota dan daerah terpencil.

Quote:


Pemerataan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia masih menjadi pekerjaan besar bagi Pemerintah. Selain mengandalkan sepenuhnya kepada pemerintah juga diperlukan kontribusi dari berbagai elemen masyarakat termasuk kita gan and sista untuk memajukan pendidikan di tanah air, hingga kampung terpencil.

Quote:


Peningkatan mutu pendidikan sejatinya diawali dari program yang diterapkan untuk satuan pendidikan, mulai jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) hingga pendidikan menengah (SMA dan SMK).

Ada 4 aspek yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yakni kebijakan, kepemimpinan kepala sekolah, infrastruktur, dan proses pembelajaran.

Kebijakan merupakan hal terpenting, utamanya yang berlaku secara nasional meliputi kurikulum dan ujian nasional. Hal itu termasuk kebijakan distribusi dan rekrutmen guru.

Yang kedua ialah kepemimpinan (leadership) kepala sekolah juga tak kalah penting di dalam manajemen berbasis sekolah.

Aspek ketiga ialah infrastruktur, yang tidak lain adalah sarana dan prasarana terkait dengan kelas, laboratorium, maupun teknologi informasi dan komunikasi.

Sedangkan aspek keempat yang tidak kalah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang menyenangkan, yang berinovasi dan penuh kreativitas, dapat mendorong anak-anak terbangun motivasinya. 

Di samping 4 aspek di atas mutu pendidikan dan hasil pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik jikalau para pelajar atau pemuda dan pemudi bangsa ini tidak ikut serta dalam memajukan mutu pendidikan dan hasil dari pendidikan tersebut pasti akan sia-sia.

Lantas bagaimana dengan agan and sista yang masih sekolah atau seorang pelajar ataupun kamu dan kamu yang sudah mempunyai anak. Namun pelajar atau anak tersebut masih malas belajar, tak punya cita-cita, tawuran, dekat dengan narkoba, merokok, tidak mengerjakan PR, budaya mencontek, bullying, pacaran di luar batas yang mengakibatkan pernikahan di luar nikah atau pernikahan dini.

Peran serta kita sebagai faktor yang tak kalah penting dari kebijakan dan sarana-prasarana adalah peran aktif sebagai manusia yang cerdas, pelajar yang cerdas, orang tua yang cerdas.

Quote:


Pentingnya hubungan yang produktif antara guru, orang tua, dan sekolah yang bekerja sama memaksimalkan pencapaian anak di sekolah telah diakui oleh banyak lembaga. 

Berikut peran orang tua dalam memajukan pendidikan karakter:


1. Memberikan anak waktu lebih.
2. Memberikan anak lingkungan yang mendukung di rumah.
3. Memberikan anak Anda semangat.
4. Menjalin jaringan dengan guru sekolah anak Anda.
5. Mendiskusikan masalah anak bersama-sama.
6. Mengawasi aktivitas anak.
7. Meningkatkan kebiasaan belajar anak.
8. Menyeimbangkan sikap ketika menasihati anak.
9. Menjadi orang tua yang kreatif.
10. Kombinasikan minat anak dengan mata pelajaran yang sedang anak pelajari.

Quote:


Spoiler for Peran Serta Masyarakat:




Peran serta kita dalam memajukan pendidikan sekolah melibatkan peran serta tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama, dunia usaha dan dunia industri, serta kelembagaan sosial budaya. Penyertaan mereka dalam pengelolaan sekolah hendaknya dilakukan secara integral, sinergis, dan efektif, dengan memperhatikan keterbukaan sekolah untuk menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat dalam meningkatkan mutu sekolah.

Quote:



Peran serta pelajar dalam memajukan pendidikan adalah Pengembangan potensi diri sebagai kesadaran akan hakikat pendidikan.

Belajarlah seumur hidupmu karena belajar bukan hanya pas SD, SMP, SMA/SMK, ataupun pas kuliah..mari bersama di masa yang akan datang kita buktikan pada dunia, kita buktikan pada semuanya bahwa anak Indonesia BISA !..Kita pasti bisa karena kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang kapan lagi.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di