alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Food & Travel / Outdoor Adventure & Nature Clubs /
Teknik Ampuh Agar Terhindar Dari Hipotermia Ketika Mendaki
4.83 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53dbec8d9b17683454f1c1/teknik-ampuh-agar-terhindar-dari-hipotermia-ketika-mendaki

Teknik Ampuh Agar Terhindar Dari Hipotermia Ketika Mendaki

Teknik Ampuh Agar Terhindar Dari Hipotermia Ketika Mendaki
sumber gambar

Hipotermia merupakan musuh para pendaki, keadaan dimana mekanisme tubuh kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin, akibatnya adalah suhu tubuh akan turun dengan cepat dan bisa berakibat fatal bagi yang menderitanya. Oleh karena itu, suhu yang dingin di gunung harus dipandang sebagai suatu tantangan sekaligus potensi bahaya yang selalu mengintai apabila kita sedang dalam aktivitas mendaki gunung.

Persiapan yang matang dibutuhkan oleh para pendaki, apabila berniat untuk mendaki gunung yang ketinggiannya lebih dari 1200 MDPL. Kondidi fisik yang prima, perbekalan, kerjasama tim, pengetahuan tentang medan, teknik bertahan hidup, dan pengetahuan mengenai kegiatan mendaki wajib dimiliki bukan hanya oleh pemimpin dalam suatu tim pendakian namun setiap orang yang ada dalam tim tersebut.

Sebagaimana kita tahu, gunung adalah dataran tinggi, dan dataran tinggi sudah pasti memiliki suhu yang rendah atau dingin. Oleh karena itu, sebelum memulai kegiatan ini, kita harus memastikan bahwa kita sudah menyiapkan pakaian yang sesuai dan cocok untuk udara dingin di atas gunung. Dari sekian banyak teknik mendaki gunung, ada satu teknik yang berhubungan dengan ini. Namanya adalah “Teknik Layering”, teknik ini memberikan informasi bagaimana seharusnya kita berpakaian ketika ada di gunung, memilih jenis pakaian yang cocok agar kita terhindar dari hipotermia karena cuaca atau suhu yang dingin.

Teknik Layering merupakan teknik tentang lapisan-lapisan pakaian yang harus dipakai ketika mendaki gunung, dan dalam teknik ini ada tiga lapisan pakaian yang wajib kita ketahui, diantaranya adalah:

1. Base Layer

Spoiler for Contoh Pakaian Base Layer:

Base layer adalah pakaian yang secara langsung menempel pada tubuh kita. Ketika kita melakukan olahraga yang berat, maka tubuh kita akan mengeluarkan keringat, kan? Keringat yang keluar dari tubuh kita pada saat mendaki di gunung ternyata bisa berbahaya apabila membasahi baju kita terlalu lama, berbahaya karena berpotensi menyebabkan hipotermia. Pada umumnya orang menggunakan bahan katun, dengan alasan menyerap keringat. Bahan katun memang menyerap keringat, namun bahan katun tidak mampu menguapkan cairan keringat yang diserapnya, sehingga keringat yang tidak menguap tadi akan terus menyerap di pakaian dan menyebabkan pakaian yang kita kenakan menjadi basah atau lepek.
Oleh karena itu, bahan pakaian yang baik digunakan sebagai base layer adalah pakaian yang terbuat dari bahan wol atau polyester. Kedua bahan ini, tidak hanya memiliki kemampuan untuk menyerap keringat, namun juga memiliki kemampuan untuk menguapkan cairan keringat ke lapisan pakaian yang ada di atasnya.


2. Insulating Layer


Spoiler for Contoh Pakaian Insulating Layer:


Lapisan yang kedua yaitu Insulating Layer, lapisan ini bertugas untuk menjebak panas yang ada di dalam tubuh agar tidak keluar, sehingga tubuh kita akan tetap terasa hangat walaupun suhu di sekitar kita cukup dingin. Bahan yang baik digunakan sebagai insulating layer adalah pakaian yang berbahan bulu angsa (down), atau pakaian yang berbahan polar. Kedua bahan ini sudah terbukti dapat menyimpan panas tubuh dengan baik.


3. Shell Layer


Spoiler for Contoh Pakaian Shell Layer:

Lapisan yang dikenal dengan istilah “Shell Layer”, lapisan ini sangat penting untuk selalu dibawa ketika kita hendak mendaki gunung. Lapisan ini bertugas untuk mencegah angin dan air masuk dan membasahi lapisan kedua dan lapisan pertama yang kita kenakan. Mengingat cuaca yang kadang tidak menentu di pegunungan, shell layer wajib untuk dibawa oleh para pendaki.


Dalam mendaki gunung, tentu saja diperlukan persiapan yang matang, diantaranya pada pakaian yang kita kenakan. Pakaian yang tepat akan menghindarkan kita dari resiko terkena hipotermia ketika mendaki di gunung. Jadi mulai hindari pendakian yang beresiko, karena puncak bukanlah tujuan utama, melainkan pulang dengan selamat adalah tujuan yang sebenar-benarnya.


Terima kasih sudah mampir di thread yang kumuh ini, Gan!
Salam lestari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fahmyfaqih dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh galangwbsn
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
sarung tangan dan kaus kaki gak masuk ya gan
profile-picture
profile-picture
bstepanus dan galangwbsn memberi reputasi
penting neh buat para pendaki
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Quote:


Masukin aja gan emoticon-Traveller
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Quote:


Sejauh yang saya pelajarin, sarung tangan itu gak masuk ke teknik layering gan. Tapi kalo barangkali saya salah saya mohon maaf, karena saya masih belajar juga heheehe.
Quote:


Yoi gann, ini saya terapin waktu mendaki ke semeru. Hasilnya waktu summit attack saya gak merasa menggigil. Suhu tubuh aman sentosa emoticon-Betty

Spoiler for Ini yang TS pakai gan:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh galangwbsn
Quote:


Mantul gan emoticon-2 Jempolemoticon-Traveller
profile-picture
abellacitra memberi reputasi
bener bangettt... kudu ati2 soal ini kalo pas naik gunung... dan kudu tau gmn nanganin tmn yg tetiba kena... buat jaga2 keselamatan kita juga...
thread yang mantul nih gan... ditunggu informasi-informasi menarik lainnya... yang tentunta informatif dan dapat menambah pengetahuan kita2 yg baca... dan juga yang bisa kasih kita rekomendasi2 gitu deh...
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Quote:


Siapp gann. Ditunggu update trit saya selanjutnyaa emoticon-Big Kissemoticon-Hansip
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
selamat mendaki nikmati semesta
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
terima kasih infonya kk, saya juga pendaki
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Quote:


Pecinta gunung? Cemungut
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Nice inpoh gan, kapan-kapan boleh lahemoticon-2 Jempol
Lihat 1 balasan
Balasan post Ardi97BSTN
skuy terus gann
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Makasih banyak gan atas informasinya. Kebetulan ane akhir agustus nanti perdana naik gunung nih ke Merbabu. Thanks gan emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
diandraps memberi reputasi
nice share bruh emoticon-Blue Guy Cendol (L)
baca ah buat bahan jaga2 naik gunung biar ga hypoemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di