TS
FuwaCha
Yang Jualan Online Masuk, Ini dia 7 Langkah Bikin Copywriting plus Contoh
Selamat!
Jika Anda membuka thread saya ini di kaskus, Anda sudah selangkah lebih dekat menuju tujuan.
Itu artinya Anda peduli dengan bisnis yang Anda tekuni.
Dan Anda pantas mendapatkan selamat dari saya.
Pada umumnya, trik menulis copywriting yang baik adalah menjual seolah-olah kepada seorang saja. Pikirkan satu orang itu di hadapan Anda, dan jelaskan bagaimana produk Anda bisa membantu.
Sebelumnya, saya sudah jelaskan langkah ini di Instagram secara garis besar saja.
Nah, kali ini saya akan bahas satu persatu poin di atas beserta contoh copywriting yang terbukti menaikkan penjualan.
Anda dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini untuk menulis copywriting untuk Landing Page, Instagram Post, Facebook Ads, atau E-Mail marketing.
Anda bisa gunakan dimana saja. Mau panjang atau pendek, 7 langkah ini efektif untuk membuat copywriting.
Menulis Copywriting yang Menjual
Setelah Anda selesai dengan ketujuh langkah diatas, habiskan kopi Anda dan selesaikan copywriting Anda.
Cukup gabungkan dari ketujuh point di atas dan susun dengan baik.
Baca lagi hasil tulisan Anda dengan bersuara. Jika ada kalimat yang terdengar aneh ketika diucapkan, ganti.
Lakukan percobaan. Berikan copywriting Anda kepada teman, dan minta pendapat mereka.
Jika teman Anda bilang copywriting Anda bagus, MAKA KERJAKAN LAGI!
Reaksi yang Anda inginkan adalah ketika teman Anda berkata:
Apakah Anda memiliki cara dan trik lain untuk menulis Copywriting? Bagikan pengalaman Anda atau tulis pertanyaan seputar copywriting di komentar!
Sumber: Web Copywriting
Jika Anda membuka thread saya ini di kaskus, Anda sudah selangkah lebih dekat menuju tujuan.
Itu artinya Anda peduli dengan bisnis yang Anda tekuni.
Dan Anda pantas mendapatkan selamat dari saya.
Pada umumnya, trik menulis copywriting yang baik adalah menjual seolah-olah kepada seorang saja. Pikirkan satu orang itu di hadapan Anda, dan jelaskan bagaimana produk Anda bisa membantu.
Sebelumnya, saya sudah jelaskan langkah ini di Instagram secara garis besar saja.
Spoiler for Daftar Isi:
- Identifikasi Pelanggan Ideal Anda
- Berikan Tawaran Menarik
- Fitur & Manfaat
- Tulis Headline Iklan yang Menarik Perhatian!
- Hapus Keraguan Pelanggan Anda
- Compare Apples to Oranges
- Call to Action yang Jelas
- Berikan Tawaran Menarik
- Fitur & Manfaat
- Tulis Headline Iklan yang Menarik Perhatian!
- Hapus Keraguan Pelanggan Anda
- Compare Apples to Oranges
- Call to Action yang Jelas
Nah, kali ini saya akan bahas satu persatu poin di atas beserta contoh copywriting yang terbukti menaikkan penjualan.
Anda dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini untuk menulis copywriting untuk Landing Page, Instagram Post, Facebook Ads, atau E-Mail marketing.
Anda bisa gunakan dimana saja. Mau panjang atau pendek, 7 langkah ini efektif untuk membuat copywriting.
Spoiler for Langkah #1:
Langkah #1 Identifikasi Pelanggan Ideal Anda
Kalau Anda sudah punya Buyer Persona, berarti Anda serius dengan bisnis yang Anda tekuni. Kalau belum, silakan duduk sebentar, buat kopi, ambil kertas dan pulpen.
Lihat ke belakang, siapa-siapa saja yang sudah pernah membeli produk Anda, dan kepada siapa Anda ingin menjual produk Anda kedepan.
Buat satu karakter di benak Anda, dan pertimbangkan latar belakang, demografi, pola perilaku, motivasi, dan tujuan.
Permasalahan apa yang karakter ini hadapi yang bisa terselesaikan dengan produk atau jasa Anda?
Contoh Copywriting Jasa Konsultan Pernikahan
Woman vector created by vectorpouch - www.freepik.com
Perhatikan contoh di bawah ini.
Contoh di atas sudah menampakkan detail usia, demografi, latar belakang, dan masalah yang dihadapi, yang mungkin bisa saya bantu sebagai Konsultan Pernikahan.
Persempit lagi. Misalnya, ingat, karena jasa saya Konsultan Pernikahan, akan saya persempit, jenis konseling seperti apa yang mereka butuhkan? Apakah individual, atau konseling berpasangan?
Nah, sampai sini, simpan dulu pelanggan ideal Anda. Kita lanjut ke langkah berikutnya.
Kalau Anda sudah punya Buyer Persona, berarti Anda serius dengan bisnis yang Anda tekuni. Kalau belum, silakan duduk sebentar, buat kopi, ambil kertas dan pulpen.
Belajar Menulis Copywriting
Lihat ke belakang, siapa-siapa saja yang sudah pernah membeli produk Anda, dan kepada siapa Anda ingin menjual produk Anda kedepan.
Buat satu karakter di benak Anda, dan pertimbangkan latar belakang, demografi, pola perilaku, motivasi, dan tujuan.
Permasalahan apa yang karakter ini hadapi yang bisa terselesaikan dengan produk atau jasa Anda?
Contoh Copywriting Jasa Konsultan Pernikahan
Woman vector created by vectorpouch - www.freepik.com
Perhatikan contoh di bawah ini.
Contoh di atas sudah menampakkan detail usia, demografi, latar belakang, dan masalah yang dihadapi, yang mungkin bisa saya bantu sebagai Konsultan Pernikahan.
Persempit lagi. Misalnya, ingat, karena jasa saya Konsultan Pernikahan, akan saya persempit, jenis konseling seperti apa yang mereka butuhkan? Apakah individual, atau konseling berpasangan?
Nah, sampai sini, simpan dulu pelanggan ideal Anda. Kita lanjut ke langkah berikutnya.
Spoiler for Langkah #2:
Langkah #2 Buat Tawaran Menarik
Anda harus bisa menjelaskan manfaat produk Anda dalam kemasan yang menarik perhatian.
Cara yang umum digunakan dalam copywriting adalah kata-kata seperti: GRATIS, BARU, BERGARANSI, BERHASIL, INSTAN, CEPAT, SEKARANGdan variasinya.
Eits, jangan gunakan kata-kata diatas secara berlebihan.
Apalagi sampai anda membuat tawaran atau klaim palsu!
Calon pelanggan yang datang kepada Anda bisa jadi sudah skeptis lebih dulu dan sangat mungkin mereka sudah familiar dengan berbagai trik marketing di luaran sana.
Hal ini membuat radar mereka langsung aktif.
Mereka akan tahu kalau Anda berbohong.
Kalau tidak sekarang, mungkin nanti setelah dia mencoba produk dan jasa Anda.
Riset oleh Better Lab dan Mozilladengan Judul Privacy, Transparency, and Trust in a Digital World tahun 2014 menyebutkan bahwa orang Indonesia selalu bertanya kepada sahabat, teman, keluarga, dan kerabat mengenai rekomendasi layanan atau produk.
Bayangkan jika Anda ketahuan berbohong mengenai produk atau jasa Anda.
Brand Anda hancur karena trik marketing yang tidak pada tempatnya.
Masih dengan Jasa Konsultan Pernikahan dan dengan pelanggan ideal yang saya target di langkah pertama, saya berikan contohnya:
Ingat? Pelanggan Ideal saya tadi adalah pasangan suami istri yang keduanya bekerja dan baru saja menikah.
Tawaran ini akan masuk ke kepala mereka karena mereka tepat berada di posisi
Nah, coba pikirkan. Tawaran apa yang bisa Anda berikan ke calon pelanggan yang sudah Anda buat tadi?
Anda harus bisa menjelaskan manfaat produk Anda dalam kemasan yang menarik perhatian.
Cara yang umum digunakan dalam copywriting adalah kata-kata seperti: GRATIS, BARU, BERGARANSI, BERHASIL, INSTAN, CEPAT, SEKARANGdan variasinya.
Eits, jangan gunakan kata-kata diatas secara berlebihan.
Apalagi sampai anda membuat tawaran atau klaim palsu!
Contoh Tawaran Menarik
Calon pelanggan yang datang kepada Anda bisa jadi sudah skeptis lebih dulu dan sangat mungkin mereka sudah familiar dengan berbagai trik marketing di luaran sana.
Hal ini membuat radar mereka langsung aktif.
Mereka akan tahu kalau Anda berbohong.
Kalau tidak sekarang, mungkin nanti setelah dia mencoba produk dan jasa Anda.
Riset oleh Better Lab dan Mozilladengan Judul Privacy, Transparency, and Trust in a Digital World tahun 2014 menyebutkan bahwa orang Indonesia selalu bertanya kepada sahabat, teman, keluarga, dan kerabat mengenai rekomendasi layanan atau produk.
Bayangkan jika Anda ketahuan berbohong mengenai produk atau jasa Anda.
Brand Anda hancur karena trik marketing yang tidak pada tempatnya.
Masih dengan Jasa Konsultan Pernikahan dan dengan pelanggan ideal yang saya target di langkah pertama, saya berikan contohnya:
Spoiler for Contoh::
Masalah rumah tangga berpotensi mengganggu psikologis Anda dan pada akhirnya akan berpengaruh pada performa kerja Anda. Konsultasi SEKARANG sebelum Anda kehilangan keduanya. GRATIS 30 menit untuk konsultasi pertama.
Ingat? Pelanggan Ideal saya tadi adalah pasangan suami istri yang keduanya bekerja dan baru saja menikah.
Tawaran ini akan masuk ke kepala mereka karena mereka tepat berada di posisi
Nah, coba pikirkan. Tawaran apa yang bisa Anda berikan ke calon pelanggan yang sudah Anda buat tadi?
Spoiler for Langkah #3:
Fitur dan Manfaat
Kalau Anda menjual produk atau jasa kepada sesama profesional, maka menyebutkan fitur saja tidak ada masalah.
Calon pelanggan Anda bisa membandingkan kualitas produk Anda dan kompetitor tanpa harus bertanya manfaat.
Contohnya saja jika saya menjual Laptop kepada Programmer. Saya cukup menyebutkan fitur seperti Intel Core i7, 8GB RAM, GEFORCE MX 150, Ultra HD. Mereka mengerti manfaat yang akan mereka dapatkan.
Tapi jika saya menjual Laptop kepada Pengacara Kasus Kriminal, saya harus menyebutkan manfaatnya. Seperti ini.
Cara paling mudah untuk menjelaskan manfaat adalah dengan menulis fiturnya terlebih dahulu.
Anda masih duduk di kursi? Kopi masih ada?
Kalau sudah habis, silakan ambil. Ini bisa jadi lama.
Oke, buat dua tabel kanan dan kiri. Di tabel kiri, tuliskan semua fitur produk dan jasa yang Anda punya. Tulis semua, sekecil apapun itu.
Bahkan yang sepele sekalipun!
Di tabel kanan, pikirkan baik-baik, apa hasil dari fitur yang Anda tulis tadi? Mengapa fitur itu ada di produk atau jasa Anda?
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Nah, mudah kan?
Hati-hati dengan jebakan "Manfaat Palsu". Tapi saya akan bahas itu lain kali.
Kalau Anda menjual produk atau jasa kepada sesama profesional, maka menyebutkan fitur saja tidak ada masalah.
Calon pelanggan Anda bisa membandingkan kualitas produk Anda dan kompetitor tanpa harus bertanya manfaat.
Contohnya saja jika saya menjual Laptop kepada Programmer. Saya cukup menyebutkan fitur seperti Intel Core i7, 8GB RAM, GEFORCE MX 150, Ultra HD. Mereka mengerti manfaat yang akan mereka dapatkan.
Contoh Copywriting
Business vector created by freepik - www.freepik.com
Business vector created by freepik - www.freepik.com
Tapi jika saya menjual Laptop kepada Pengacara Kasus Kriminal, saya harus menyebutkan manfaatnya. Seperti ini.
Quote:
Core i7 jadi kalau Bapak ada sidang mendadak cukup sepuluh detik mulai dari tekan tombol nyala hingga masuk ke Power Point. Laptopnya bisa membuka seratus halaman PDF sekaligus tanpa putus-putus.
Layarnya tajam, Bapak bisa melihat bukti-bukti kecil dari foto hasil olah TKP dengan kualitas tinggi jika foto diambil dengan kamera yang mendukung.
Layarnya tajam, Bapak bisa melihat bukti-bukti kecil dari foto hasil olah TKP dengan kualitas tinggi jika foto diambil dengan kamera yang mendukung.
Cara paling mudah untuk menjelaskan manfaat adalah dengan menulis fiturnya terlebih dahulu.
Anda masih duduk di kursi? Kopi masih ada?
Kalau sudah habis, silakan ambil. Ini bisa jadi lama.
Oke, buat dua tabel kanan dan kiri. Di tabel kiri, tuliskan semua fitur produk dan jasa yang Anda punya. Tulis semua, sekecil apapun itu.
Bahkan yang sepele sekalipun!
Di tabel kanan, pikirkan baik-baik, apa hasil dari fitur yang Anda tulis tadi? Mengapa fitur itu ada di produk atau jasa Anda?
Spoiler for Contoh::
Saya berikan contoh sederhananya.
[table][tr][td]Fitur[/td]
[td]Manfaat[/td]
[/tr]
[tr][td]S2 Psikologi[/td]
[td]Meskipun nasehat orang tua dan kerabat bisa sangat membantu dalam pernikahan, pandangan profesional bisa membawa perbedaan sinifikan.
Saya memberikan solusi yang tidak bisa diberikan oleh orang tua dan kerabat dekat Anda. Didukung dengan metode yang sudah terbukti dengan banyak studi kasus.[/td]
[/tr]
[tr][td]Bahasa Inggris[/td]
[td]Saya menerima konsultasi pernikahan dari pasangan perkimpoian campur. Tidak perlu khawatir jika Anda atau pasangan tidak berbicara bahasa Indonesia.[/td]
[/tr]
[tr][td]Suka anak kecil[/td]
[td]Anak-anak bukan masalah bagi saya. Anda diijinkan membawa anak-anak hingga usia tertentu ke ruang konseling.[/td]
[/tr]
[tr][td]Tinggal di Jakarta selama 10 tahun[/td]
[td]Saya mengenal gaya hidup dan tekanan yang dihadapi pasangan yang tinggal di Ibukota. Jika Anda juga tinggal di Jakarta, saya bisa merasakan apa yang Anda rasakan.[/td]
[/tr]
[tr][td]Bisa menjaga rahasia[/td]
[td]Permasalahan Anda adalah rahasia. Bukan untuk konsumsi siapapun bahkan pasangan saya sendiri. Privasi Anda aman terjaga.[/td]
[/tr]
[/table]
[table][tr][td]Fitur[/td]
[td]Manfaat[/td]
[/tr]
[tr][td]S2 Psikologi[/td]
[td]Meskipun nasehat orang tua dan kerabat bisa sangat membantu dalam pernikahan, pandangan profesional bisa membawa perbedaan sinifikan.
Saya memberikan solusi yang tidak bisa diberikan oleh orang tua dan kerabat dekat Anda. Didukung dengan metode yang sudah terbukti dengan banyak studi kasus.[/td]
[/tr]
[tr][td]Bahasa Inggris[/td]
[td]Saya menerima konsultasi pernikahan dari pasangan perkimpoian campur. Tidak perlu khawatir jika Anda atau pasangan tidak berbicara bahasa Indonesia.[/td]
[/tr]
[tr][td]Suka anak kecil[/td]
[td]Anak-anak bukan masalah bagi saya. Anda diijinkan membawa anak-anak hingga usia tertentu ke ruang konseling.[/td]
[/tr]
[tr][td]Tinggal di Jakarta selama 10 tahun[/td]
[td]Saya mengenal gaya hidup dan tekanan yang dihadapi pasangan yang tinggal di Ibukota. Jika Anda juga tinggal di Jakarta, saya bisa merasakan apa yang Anda rasakan.[/td]
[/tr]
[tr][td]Bisa menjaga rahasia[/td]
[td]Permasalahan Anda adalah rahasia. Bukan untuk konsumsi siapapun bahkan pasangan saya sendiri. Privasi Anda aman terjaga.[/td]
[/tr]
[/table]
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Nah, mudah kan?
Hati-hati dengan jebakan "Manfaat Palsu". Tapi saya akan bahas itu lain kali.
Spoiler for Langkah #4:
Buat Headline / Tajuk Iklan yang Menarik PerhatianBuat Headline yang Menarik
Judul Iklan adalah hal pertama yang akan dibaca. Jika tidak menarik, maka seluruh copywriting yang Anda tulis tidak ada artinya.
8 dari 10 orang akan membaca headline iklan Anda. Tapi hanya 2 yang membaca isinya.
David Ogilvy, seorang direct response copywriter revolusioner berkata bahwa jika Anda punya 1 dollar, sebaiknya Anda investasikan 80 sen untuk menulis Headline.
Beliau juga mengatakan bahwa jika Anda memiliki waktu satu minggu untuk menulis copywriting, gunakan lima harinya untuk membuat Headline.
Jangan takut untuk membuat Headline yang panjang.
Penelitian dari industri direct mail menunjukkan bahwa 50% hingga 60% headline yang efektif biasanya terdiri dari 8 kata atau kurang.
Hal ini menunjukkan bahwa headline yang panjang juga tidak masalah.
Copywriting legendaris dan direct marketer Joe Sugarman mengatakan bahwa salah satu rahasia untuk menjadi copywriter adalah kemampuan membuat headline.
Coba Anda pikirkan sejenak.
Apa tujuan Headline dibuat?
Dalam seminarnya, Sugarman berkata bahwa tujuan Headline hanya satu.
Yaitu agar mereka membaca kalimat pertama.
Ada berbagai macam headline yang dapat Anda buat, dan ini akan saya bahas lain kali.
Dalam headline, Anda dapat menggunakan kata-kata seperti:
- RAHASIA...
- TEMUKAN...
- 7 CARA...
- 6 TANDA...
- SIAPA LAGI YANG MAU ...
Kali ini saya akan langsung menuju contoh headline yang bisa Anda tulis.
Anda harus bisa memancing emosi pembaca ketika mereka membaca headline. Karena emosilah yang menentukan keputusan mereka.
Judul Iklan adalah hal pertama yang akan dibaca. Jika tidak menarik, maka seluruh copywriting yang Anda tulis tidak ada artinya.
8 dari 10 orang akan membaca headline iklan Anda. Tapi hanya 2 yang membaca isinya.
David Ogilvy, seorang direct response copywriter revolusioner berkata bahwa jika Anda punya 1 dollar, sebaiknya Anda investasikan 80 sen untuk menulis Headline.
Beliau juga mengatakan bahwa jika Anda memiliki waktu satu minggu untuk menulis copywriting, gunakan lima harinya untuk membuat Headline.
Jangan takut untuk membuat Headline yang panjang.
Penelitian dari industri direct mail menunjukkan bahwa 50% hingga 60% headline yang efektif biasanya terdiri dari 8 kata atau kurang.
Hal ini menunjukkan bahwa headline yang panjang juga tidak masalah.
Copywriting legendaris dan direct marketer Joe Sugarman mengatakan bahwa salah satu rahasia untuk menjadi copywriter adalah kemampuan membuat headline.
Coba Anda pikirkan sejenak.
Apa tujuan Headline dibuat?
Dalam seminarnya, Sugarman berkata bahwa tujuan Headline hanya satu.
Yaitu agar mereka membaca kalimat pertama.
Quote:
Every element of copy has just one purpose - to get the first sentence read. And the purpose of the first sentence is to get the second sentence read.
-Joe Sugarman
-Joe Sugarman
Ada berbagai macam headline yang dapat Anda buat, dan ini akan saya bahas lain kali.
Dalam headline, Anda dapat menggunakan kata-kata seperti:
- RAHASIA...
- TEMUKAN...
- 7 CARA...
- 6 TANDA...
- SIAPA LAGI YANG MAU ...
Kali ini saya akan langsung menuju contoh headline yang bisa Anda tulis.
Spoiler for Contoh::
- Rahasia Pernikahan Langgeng
- Tanda-tanda Anda Menikahi Orang yang Tepat
- 6 Tanda Anda Sebaiknya Menikah
- Apakah Pernikahan Anda Masih Pantas Diselamatkan?
- 10 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Bercerai
- Apa Anda Menyembunyikan Pengeluaran Hobi Anda dari Pasangan?
- 8 Cara Menyambut Suami sepulang Kerja Agar Semakin Disayang
- Memanipulasi Pasangan Dalam Rumah Tangga, Wajarkah?
- Tanda-tanda Anda Menikahi Orang yang Tepat
- 6 Tanda Anda Sebaiknya Menikah
- Apakah Pernikahan Anda Masih Pantas Diselamatkan?
- 10 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Bercerai
- Apa Anda Menyembunyikan Pengeluaran Hobi Anda dari Pasangan?
- 8 Cara Menyambut Suami sepulang Kerja Agar Semakin Disayang
- Memanipulasi Pasangan Dalam Rumah Tangga, Wajarkah?
Anda harus bisa memancing emosi pembaca ketika mereka membaca headline. Karena emosilah yang menentukan keputusan mereka.
Spoiler for Langkah #5:
Hapus Semua Keraguan Calon Pembeli
Wajar jika calon pembeli berhati-hati dalam memilih produk dan jasa yang muncul di hadapan mereka. Tugas Anda dalam membuat copywriter adalah membuat calon pembeli tidak punya alasan untuk TIDAK MEMBELI.
Berbagai keraguan akan muncul di benak calon pembeli dan sangat mungkin mereka akan menahan diri dan berpikir berulang kali sebelum menekan tombol BELI.
Pada langkah ini, ada beberapa hal yang harus Anda tulis. Diantaranya:
Review dan Testimonial Pelanggan
Anda harus hati-hati dalam memasukkan testimonial karena calon pembeli BISA membedakan review asli dan palsu. Ini membuat radar
BAHAYA mereka naik ke level tertinggi.
Social Proof
Anda bisa memasukkan success story dari salah satu pelanggan Anda. Tidak harus dari sosok terkenal, meskipun jika ada, bisa sangat membantu. Berikan tautan ke profil pelanggan Anda agar mereka bisa bertanya langsung kepada orang yang telah menggunakan produk/jasa Anda.
Jejak Karir atau Pendidikan
Jika Anda memiliki sertifikasi atau karir yang mendukung produk/jasa Anda, cantumkan. Bisa juga berupa portfolio terbaik yang pernah Anda buat.
Studi Kasus yang Berkaitan dengan Produk/ Jasa Anda
Cari riset yang berkaitan dengan produk Anda. Ini membutuhkan sedikit stalking sana sini untuk mencari fakta pendukung dan akan meningkatkan klaim Anda terhadap manfaat produk/jasa yang Anda tawarkan.
Surat Rekomendasi/ Profil LinkedIn
Jika Anda menyediakan jasa, maka dua hal diatas bisa sangat membantu.
Nah, sekarang tempatkan diri Anda sejenak di posisi klien. Jika Anda ingin membeli produk yang Anda jual, apa saja pertanyaan yang muncul di benak Anda mengenai produk tersebut?
Tulis semua keraguan itu dan ubah dalam bentuk pertanyaan.
Lalu berikan jawaban Anda.
Cara paling mudah adalah dengan membuat Frequently Asked Question atau FAQ.
Kita lihat contoh.
Apakah saya benar-benar memerlukan jasa konsultan pernikahan?
Ketika Anda mengalami masalah dalam pernikahan, Anda akan mencari bantuan dari orang terdekat dan lingkar keluarga. Ini adalah hal yang wajar dilakukan. Sayangnya, sangat mungkin orang-orang terdekat Anda tidak dapat melihat masalah sesungguhnya yang Anda alami, atau tidak dapat menyampaikan solusi karena kedekatan hubungan.
Profesional memiliki metode dan cara untuk menangani masalah pernikahan dengan cara yang tidak digunakan orang tua maupun saudara Anda. Saya sebagai konsultan pernikahan akan mengatakan hal-hal yang tidak dapat dikatakan oleh orang-orang terdekat Anda, dan itu hanyalah awal dari penyelesaian masalah rumah tangga Anda.
Bagaimana kalau masalah tidak terselesaikan?
Ketika Anda sakit dan pergi ke dokter, Anda tidak akan langsung sembuh meskipun Anda meminum obat. Ada kalanya Anda harus mengikuti sesi terapi berkali-kali atau meminum obat selama tiga kali sehari.
Bukan dokter yang menyembuhkan Anda, melainkan diri Anda sendiri. Dokter hadir untuk memberikan fasilitas dan mempermudah jalan Anda menuju kesembuhan.
Hal yang sama berlaku untuk konsultan pernikahan.
Masalah Anda tidak akan langsung selesai, namun memerlukan waktu.
Seperti dokter yang tidak bisa menggaransi kesembuhan, kami juga tidak dapat menggaransi penyelesaian masalah.
Kami mempermudah jalan Anda menemukan solusi untuk kehidupan rumah tangga Anda dengan metode dan cara yang sudah terbukti efektif di masa lalu.
Calon pembeli menginginkan sebanyak mungkin informasi yang bisa mereka dapatkan sebelum membeli sesuatu. Manfaatkan FAQ untuk memberikan penjelasan lebih dan menghapuskan keraguan mereka.
Jika Anda bisa memberikan Garansi (tidak seperti contoh layanan konsultan saya di atas), maka berikan Garansi. Misalnya garansi uang kembali 30, 60, atau 90 hari jika mereka tidak puas dengan produk Anda.
Ya, memang ada orang-orang yang meminta uang kembali dan dengan senang hati masih tetap menggunakan produk Anda. Terutama jika produk Anda digital dan mudah disebarluaskan.
Tapi orang-orang seperti ini sangat sedikit. Jangan khawatirkan mereka yang tidak mengkhawatirkan Anda.
Sebagian besar orang adalah orang baik dan jujur.
Hapus Keraguan Pembeli
Wajar jika calon pembeli berhati-hati dalam memilih produk dan jasa yang muncul di hadapan mereka. Tugas Anda dalam membuat copywriter adalah membuat calon pembeli tidak punya alasan untuk TIDAK MEMBELI.
Berbagai keraguan akan muncul di benak calon pembeli dan sangat mungkin mereka akan menahan diri dan berpikir berulang kali sebelum menekan tombol BELI.
Pada langkah ini, ada beberapa hal yang harus Anda tulis. Diantaranya:
Review dan Testimonial Pelanggan
Anda harus hati-hati dalam memasukkan testimonial karena calon pembeli BISA membedakan review asli dan palsu. Ini membuat radar
BAHAYA mereka naik ke level tertinggi.
Social Proof
Anda bisa memasukkan success story dari salah satu pelanggan Anda. Tidak harus dari sosok terkenal, meskipun jika ada, bisa sangat membantu. Berikan tautan ke profil pelanggan Anda agar mereka bisa bertanya langsung kepada orang yang telah menggunakan produk/jasa Anda.
Jejak Karir atau Pendidikan
Jika Anda memiliki sertifikasi atau karir yang mendukung produk/jasa Anda, cantumkan. Bisa juga berupa portfolio terbaik yang pernah Anda buat.
Studi Kasus yang Berkaitan dengan Produk/ Jasa Anda
Cari riset yang berkaitan dengan produk Anda. Ini membutuhkan sedikit stalking sana sini untuk mencari fakta pendukung dan akan meningkatkan klaim Anda terhadap manfaat produk/jasa yang Anda tawarkan.
Surat Rekomendasi/ Profil LinkedIn
Jika Anda menyediakan jasa, maka dua hal diatas bisa sangat membantu.
Nah, sekarang tempatkan diri Anda sejenak di posisi klien. Jika Anda ingin membeli produk yang Anda jual, apa saja pertanyaan yang muncul di benak Anda mengenai produk tersebut?
Tulis semua keraguan itu dan ubah dalam bentuk pertanyaan.
Lalu berikan jawaban Anda.
Cara paling mudah adalah dengan membuat Frequently Asked Question atau FAQ.
Kita lihat contoh.
Spoiler for Contoh FAQ:
Apakah saya benar-benar memerlukan jasa konsultan pernikahan?
Ketika Anda mengalami masalah dalam pernikahan, Anda akan mencari bantuan dari orang terdekat dan lingkar keluarga. Ini adalah hal yang wajar dilakukan. Sayangnya, sangat mungkin orang-orang terdekat Anda tidak dapat melihat masalah sesungguhnya yang Anda alami, atau tidak dapat menyampaikan solusi karena kedekatan hubungan.
Profesional memiliki metode dan cara untuk menangani masalah pernikahan dengan cara yang tidak digunakan orang tua maupun saudara Anda. Saya sebagai konsultan pernikahan akan mengatakan hal-hal yang tidak dapat dikatakan oleh orang-orang terdekat Anda, dan itu hanyalah awal dari penyelesaian masalah rumah tangga Anda.
Spoiler for Contoh FAQ:
Bagaimana kalau masalah tidak terselesaikan?
Ketika Anda sakit dan pergi ke dokter, Anda tidak akan langsung sembuh meskipun Anda meminum obat. Ada kalanya Anda harus mengikuti sesi terapi berkali-kali atau meminum obat selama tiga kali sehari.
Bukan dokter yang menyembuhkan Anda, melainkan diri Anda sendiri. Dokter hadir untuk memberikan fasilitas dan mempermudah jalan Anda menuju kesembuhan.
Hal yang sama berlaku untuk konsultan pernikahan.
Masalah Anda tidak akan langsung selesai, namun memerlukan waktu.
Seperti dokter yang tidak bisa menggaransi kesembuhan, kami juga tidak dapat menggaransi penyelesaian masalah.
Kami mempermudah jalan Anda menemukan solusi untuk kehidupan rumah tangga Anda dengan metode dan cara yang sudah terbukti efektif di masa lalu.
Calon pembeli menginginkan sebanyak mungkin informasi yang bisa mereka dapatkan sebelum membeli sesuatu. Manfaatkan FAQ untuk memberikan penjelasan lebih dan menghapuskan keraguan mereka.
Jika Anda bisa memberikan Garansi (tidak seperti contoh layanan konsultan saya di atas), maka berikan Garansi. Misalnya garansi uang kembali 30, 60, atau 90 hari jika mereka tidak puas dengan produk Anda.
Ya, memang ada orang-orang yang meminta uang kembali dan dengan senang hati masih tetap menggunakan produk Anda. Terutama jika produk Anda digital dan mudah disebarluaskan.
Tapi orang-orang seperti ini sangat sedikit. Jangan khawatirkan mereka yang tidak mengkhawatirkan Anda.
Sebagian besar orang adalah orang baik dan jujur.
Spoiler for Langkah #6:
Bandingkan dengan Hal Lain yang Tak Sesuai
Dikenal juga dengan metode comparing Apples to Oranges. Yaitu membandingkan dua hal SEBENARNYA yang tidak bisa dibandingkan.
Fokus pada manfaat produk atau jasa Anda, lalu bandingkan dengan hal lain yang tidak sepadan. Seperti ini:
Buat seberapapun uang yang mereka keluarkan terlihat kecil dengan membandingkannya dengan hal lain.
Misalnya jika harga produk Anda 5.000.000, buat angkanya terlihat kecil dengan membaginya dalam harian seperti yang saya lakukan dengan kopi Starbuck.
Dikenal juga dengan metode comparing Apples to Oranges. Yaitu membandingkan dua hal SEBENARNYA yang tidak bisa dibandingkan.
Apples to Oranges
Food vector created by freepik - www.freepik.com
Food vector created by freepik - www.freepik.com
Fokus pada manfaat produk atau jasa Anda, lalu bandingkan dengan hal lain yang tidak sepadan. Seperti ini:
Spoiler for Contoh::
Quote:
Pernikahan Anda lebih berharga daripada satu juta lima ratus yang Anda keluarkan untuk konseling.
Quote:
Satu sesi konseling kami lebih murah daripada segelas kopi di Starbuck setiap hari selama sebulan!
Quote:
Pernikahan yang sehat dan bahagia dapat meningkatkan performa Anda di tempat kerja dan kesempatan dipromosikan. Rp 1.500.000 adalah investasi awal Anda untuk kehidupan rumah tangga yang bersemangat.
Quote:
Sangat mungkin Anda akan menghemat lebih banyak uang jika pernikahan Anda berjalan mulus dan lancar. Lebih baik gunakan uang Anda untuk konseling dan selesaikan masalah Anda saat ini juga, daripada menghibur diri dan tidak menyelesaikan masalah.
Buat seberapapun uang yang mereka keluarkan terlihat kecil dengan membandingkannya dengan hal lain.
Misalnya jika harga produk Anda 5.000.000, buat angkanya terlihat kecil dengan membaginya dalam harian seperti yang saya lakukan dengan kopi Starbuck.
Spoiler for Langkah #7:
Arahkan ke Call to Action (CTA) yang Jelas
Setiap copywriting yang baik harus memiliki SATU SAJA Call to Action namun boleh diulang-ulang. CTA yang lebih dari satu sangat tidak disarankan karena dapat mengalihkan perhatian calon pelanggan.
Call to Action bisa berupa:
- Masukkan E-Mail
- Hubungi Customer Service
- Beli
- Subscribe
- Follow
- Download
Tombol BELI dan PESAN bisa jadi sangat menyeramkan. Jelaskan Call to Action Anda lebih detail dan sekali lagi, hapuskan keraguan mereka. Misalnya:
- Coba Sekarang GRATIS. Garansi 30 Hari
- Daftar sekarang, hanya lima menit!
Setiap copywriting yang baik harus memiliki SATU SAJA Call to Action namun boleh diulang-ulang. CTA yang lebih dari satu sangat tidak disarankan karena dapat mengalihkan perhatian calon pelanggan.
Call to Action bisa berupa:
- Masukkan E-Mail
- Hubungi Customer Service
- Beli
- Subscribe
- Follow
- Download
Tombol BELI dan PESAN bisa jadi sangat menyeramkan. Jelaskan Call to Action Anda lebih detail dan sekali lagi, hapuskan keraguan mereka. Misalnya:
- Coba Sekarang GRATIS. Garansi 30 Hari
- Daftar sekarang, hanya lima menit!
Menulis Copywriting yang Menjual
Setelah Anda selesai dengan ketujuh langkah diatas, habiskan kopi Anda dan selesaikan copywriting Anda.
Cukup gabungkan dari ketujuh point di atas dan susun dengan baik.
Baca lagi hasil tulisan Anda dengan bersuara. Jika ada kalimat yang terdengar aneh ketika diucapkan, ganti.
Lakukan percobaan. Berikan copywriting Anda kepada teman, dan minta pendapat mereka.
Jika teman Anda bilang copywriting Anda bagus, MAKA KERJAKAN LAGI!
Reaksi yang Anda inginkan adalah ketika teman Anda berkata:
Quote:
Aku juga mau beli dong!
- Teman Anda
- Teman Anda
Apakah Anda memiliki cara dan trik lain untuk menulis Copywriting? Bagikan pengalaman Anda atau tulis pertanyaan seputar copywriting di komentar!
Sumber: Web Copywriting
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 0 suara
Apa Anda Sudah Menggunakan Copywriting?
Sudah
0%Belum
0%Saya Tidak Tahu Apa Itu Copywriting
0%Diubah oleh FuwaCha 14-08-2019 07:15
0
664
Kutip
0
Balasan
Komentar yang asik ya
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan