alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Faktor yang menunjang pendidikan menurut Agan seperti apa?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53b1002f568d27a016863f/faktor-yang-menunjang-pendidikan-menurut-agan-seperti-apa

Faktor yang menunjang pendidikan menurut Agan seperti apa?

Faktor yang menunjang pendidikan menurut Agan seperti apa?

Hallo para Agan dan Aganwati,
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for :


Kembali berjumpa di trit Ane yang satu ini, pembahasan kali ini tentang pendidikan. Yang mana sudah menjadi keharusan bagi generasi muda maupun tua untuk menempuhnya. Karena pendidikan sangat penting dalam kemajuan bangsa. Bangsa dan negara kita nantinya akan di kelola oleh para generasi muda. Jika pengetahuan dan kecakapan mereka kurang apa yang akan terjadi?
Karena sejatinya kita akan bersaing dengan negara-negara maju lainnya. So, apa saja sih yang bisa mendukung kemajuan pendidikan di negara kita? Ane mau membahas hal ini menurut opini Ane;

1. Peserta didik

Peserta didik dalam hal ini adalah siswa itu sendiri. Masih banyak daerah- daerah terpencil yang kekurangan siswa. Seperti di daerah Ane saja daerah kepulauan kadangkala 2 desa harus dijadikan 1 Sekolah Dasar. Biasanya di tempat lainnya setiap Desa memiliki sekolah sendiri. Namun, karena kurangnya minat siswa untuk bersekolah maka, sebuah Sekolah Dasar bisa menampung 2 Desa atau bahkan lebih. emoticon-Hammer2

2. Sistem Pendidikan

Spoiler for :


Wah, ngomongin tentang sistem pendidikan, banyak sekali sistem yang baru diterapkan oleh pemerintah, antara lain k13, sistem Zonasi dan lainnya. Disini Ane mau membahas yang lagi booming, yaitu Sistem Zonasi, Bulan lalu baru diadakan penerimaan siswa baru, dan sistem Zonasi merupakan hal yang baru saja diterapkan pemerintah. Hal ini memang masih menjadi banyak perdebatan diantara para kalangan orang tua. Dimana sebelum diberlakukannya sistem zonasi, setiap siswa bisa memilih sekolah yang mereka inginkan sesuai persyaratan dari masing-masing sekolah. Meskipun jarak sekolah yang lumayan jauh dari tempat tinggal siswa. Namun, dengan adanya Sistem Zonasi ini, banyak dari masyarakat terutama orang tua yang harus mulai membiasakan diri dengan peraturan yang baru. Yaitu, mereka diharuskan mendaftarkan anaknya disekolah yang terdekat dari wilayah tempat tinggal mereka, dan jika siswa menginginkan untuk mendaftar ke sekolah yang mereka inginkan harus mendapatkan surat rekomemdasi dari sekolah yang lebih dekat dengan tempat tinggal mereka. Barulah bisa diproses oleh sekolah yang di tuju. Itupun tidak semata-mata bisa langsung di terima, karena adanya proses pemilahan kembali dan daya tampung dari sekolah tersebut. Sehingga siswa mau tidak mau harus kembali kepada sekolah yang lebih dekat dengan wilayahnya. Hal inilah yang biasanya menjadi perdebatan dalam keluarga dalam memilih sekolah untuk putra putrinya.

3. Sarana dan prasarana

Spoiler for :

Menurut Ane hal ini sangatlah penting, dimana sarana dan prasarana merupakan kebutuhan dasar bagi setiap siswa dan guru. Jika sarana memadai maka lebih memudahkan guru dalam memberikan edukasi dan akan memberikan kenyamanan bagi setiap siswa dalam proses belajar mengajar.
Seperti yang diberitakan,
Spoiler for :

Sekolah yang sudah berdiri sejak 2007 ini, hanya memiliki bangunan fisik semi permanen. Dindingnya masih berupa anyaman bambu dan lantainya beralaskan tanah. Menyambung sistem Zonasi tadi, bisa juga kita ambil hal positif dari adanya sistem zonasi, dimana setiap sekolah akan berusaha meningkatkan mutu pendidikan dan sarana sekolah agar lebih banyak siswa yang tertarik masuk ke sekolah-sekolah terdekat. Jadi, tidak perlu lagi adanya sekolah favorit, karena sejatinya semua sekolah akan menjadi lebih baik dan memenuhi standart pendidikan dengan adanya sistem Zonasi ini. [/B]

4. Edukasi pentingnya pendidikan

Bagi wilayah perkotaan hal ini sudah tidak menjadi masalah besar. Justru di daerah maju pendidikan merupakan hal yang sangatlah penting, banyak anak-anak yang mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Namun, hal ini berbeda sekali jika kita menemukannya di daerah pedalaman, dimana akses pendidikan masih sulit terjangkau. Banyak masyarakat yang masih kurang paham tentang pentingnya pendidikan. Bahkan, pendidikan tertinggi yang bisa mereka enyam hanyalah bangku Sekolah Dasar.
Oleh karena itu, perlu adanya perhatian lebih bagi kita dan masyarakat tentang pentingnya pendidikan dan sarana pendidikan itu sendiri.

5. Kualitas para Pengajar

Disini yang kita bahas adalah Guru sebagai para pengajar atau pendidik. Menurut Ane saat ini sudah banyak sistem yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru. Dengan adanya sistem K 13 dan Sertifikasi guru. Hal ini membuat kompetensi guru di Indonesia semakin baik dan berkembang. Ane rasa pemerintah sudah berusaha optimal dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Ane bangga dengan proses kemajuan pendidikan di Indonesia. Semoga Indonesia dapat terus bersaing dengan kemajuan Negara-Negara di Dunia.



Sekian trit Ane kali ini, "Tuntutlah ilmu hingga ke negeri cina", inilah pepatah lama yang menunjukkan bahwa pendidikan tidak akan berhenti untuk kita jalani, meski sejauh dan sesulit apapun.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sampai jumpa kembali emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai


Sumber : Opini pribadi

Sumber


Sumber gambar

Sumber gambar

Sumber gambar
Diubah oleh indradianti
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di