alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Pentingnya Memisahkan Tempat Sampah Organik Dan NonOrganik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53b0cec8393a6e087d2eff/pentingnya-memisahkan-tempat-sampah-organik-dan-nonorganik

Pentingnya Memisahkan Tempat Sampah Organik Dan NonOrganik

Jika berada dibeberapa kawasan mungkin Anda sering menemui tempat sampah yang dipisah-pisahkan. Keduanya adalah tempat sampah organik dan non organik. Perlu diketahui bahwa pemisahan ini ternyata sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya berkaitan dengan sampahnya saja, tetapi juga dengan kesehatan sekelilingnya. Nah, untuk informasih lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini 

Mengenal Sampah Organik Dan Non Organik

Pentingnya Memisahkan Tempat Sampah Organik Dan NonOrganik
Sampah organik dan sampah non organik adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Sampah organik merupakan jenis sampah yang lebih mudahnya bisa disebut dengan sampah alami. Di antara contoh sampah organik yang sering ditemui adalah dedaun, sisa makanan, plastik organik dan sebagainya.
Sedangkan sampah non organik adalah sampah yang bisa dikatakan paling banyak dijumpai. Pengertiannya merupakan kebalikan dari sampah organik, yakni sampah yang sudah mengandung bahan tidak alami lagi. Di antaranya seperti plastik, botol minuman dan lain sejenisnya. Sampah ini biasanya akan terurai dalam waktu yang lebih lama, atau bahkan tidak bisa terurai sama sekali.

Pemisahan Bertujuan Memudahkan Pembuangan
Dengan alasan penguraian kedua jenis sampah ini berbeda, maka biasanya pembuangannya pun akan dipisahkan. Karena itulah, tempat sampah yang digunakan untuk menampung kedua jenis sampah ini juga berbeda. Dengan demikian, proses pembuangan sampah akan semakin mudah dilakukan.
Jika tempat sampahnya tidak dipisah, maka akan lebih sulit mengkondisikan penggolongan sampah tersebut pada tahap selanjutnya. Mereka yang bertugas mengurus masalah sampah, selanjutnya perlu memilah lagi mana yang organik dan mana yang non organik. Padahal, ketika sampah sudah menumpuk banyak, hal ini akan cukup rumit dilakukan sekaligus memakan waktu yang lama.

Pengolahan Sampah Bisa Lebih Cepat Dan Mudah Jika Dipisahkan
Kembali lagi berbicara mengenai kelanjutan sampah setelah dibuang, ketika tempat sampah organik dan non organik dipisahkan, maka akan lebih mudah pengolahannya. Biasanya, untuk menghindari penumpukan sampah, beberapa kategori yang masih bisa didaur ulang akan diolah kembali. Pengolahan masing-masing sampah organik dan non organik dalam hal ini pastinya juga dipisahkan.
Dengan tempat sampah yang berbeda, maka proses pengolahan bisa lebih cepat dilakukan. Pengolah sampah tidak perlu lagi menghabiskan waktu memisahkannya satu persatu. Dengan pengolahan yang cepat, maka penumpukan sampah bisa lebih diminimalisir. Karena itulah, ketersediaan tempat sampah yang terpisah antara yang organik dan yang organik semakin penting.

Menerapkan Pola Hidup Lebih Sehat Dengan Memisahkan Sampah
Sampah dalam hal ini juga sangat berpengaruh dalam dunia kesehatan. Pemisahan tempat sampah ini memang kian penting dalam rangka menghindari penumpukan sampah. Apalagi mengingat penumpukan sampah bisa mendatangkan penyakit. Sampah yang tercampur dan di dalamnya mengandung berbagai zat tentu akan lebih mudah menimbulkan bakteri.

Bakteri inilah yang nantinya bisa membahayakan kesehatan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, dalam rangka menjaga kesehatan lingkungan dan masyarakat di sekitarnya, pemisahan tempat sampah ini memang harus diupayakan. Jika Anda salah satu yang berhubungan dengan penyediaannya, pastikan mendapatkan tempat sampah terpisah yang berkualitas dan bisa diandalkan dalam berbagai aspek.

Sumber : gogreenfiberstainless.com
 


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di