alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Cara Mengatur Uang Jajan Tanpa Mengganggu Nominal Tabungan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52cd22af7e93234a14fd6d/cara-mengatur-uang-jajan-tanpa-mengganggu-nominal-tabungan

Cara Mengatur Uang Jajan Tanpa Mengganggu Nominal Tabungan

Menabung adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kestabilan finansial. Sayangnya tak semua orang sanggup menysihkan uang untuk menabung. Masalahnya bukan pada besarnya gaji yang diperoleh, tapi pada kemampuan manejemen keuangan.

Keinginan untuk jajan adalah salah satu yang paling menyulitkan cara mengatur keuangan. Tak banyak orang yang menyediakan anggaran khusus untuk jajan. Padahal jajan memang bisa menjadi salah satu cara meredakan stress.

Jika Anda adalah pekerja kantoran, pastilah Anda pernah mengalami kejenuhan atas rutinitas yang itu-itu saja. Kondisi itu tidak baik karena bisa mengganggu produktifitas di kantor dan sangat mungkin membuat Anda tertekan.

Anda mungkin akan butuh tips bagaimana cara mengatur keuangan agar tetap bisa jajan tapi tabungan tak terganggu. Berikut tips yang bisa Anda coba:

- Sisihkan Uang Tabungan Terlebih Dahulu
Ketika  menerima gaji sisihkan dulu minimal 30% untuk ditabung. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar uang sudah terlanjur habis untuk jajan sehingga tabungan tak terisi. Uang tabungan itu baiknya dibuat rekening terpisah.

Jika memungkinkan selain menabung sisihkan juga uang untuk investasi. Hasil dari investasi itu bisa untuk menambah tabungan dan jatah jajan Anda.

- Buat Daftar Prioritas
Anda tentu tak mau kesukaan jajan Anda membuat pemenuhan kebutuhan yang lainnya terganggung. Jika sudah begitu biasanya uang tabungan kembali terganggu. Akibatnya usaha menabungpun gagal lagi.

Buatlah daftar barang yang harus dibeli atau dibayar mulai dari yang paling penting hingga yang kurang penting. Anda akan bisa jajan dengan tenang jika sudah bisa memastikan semua kebutuhan pokok terpenuhi.

- Manfaatkan Promo
Ingin jajan dengan hemat? Memanfaatkan promo adalah jawabannya. Ketika waktu gajian tiba biasanya banyak toko atau restoran memberikan promo berupa cashback atau diskon. Anda bisa jajan dengan memanfaatkan promo itu agar jadi lebih hemat.

Kalau jajan yang Anda senangi adalah jajan buku atau pakaian, jangan khawatir karena biasanya ada juga promo diskon dan cashback. Ingatlah selalu untuk jadi smart buyer.

Cara mengatur keuangan di atas akan membantu keinginan jajan Anda tetap tersalurkan dan uang tabungan tetap aman. Anda harus tegas pada diri sendiri dan menahan nafsu untuk mengotak-atik uang tabungan untuk hal-hal yang masih bisa ditunda. Meredakan stress dengan jajan memang penting tapi merencanakan keuangan jangka panjang jauh lebih penting.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di