alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Sudah Tahu Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d526115af7e9316c13c5d42/sudah-tahu-makanan-yang-mengandung-kolesterol-baik

Sudah Tahu Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik ?

Sudah Tahu Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik ?


Jika sebelum-sebelumnya membahas mengenai kolesterol jahat dan akibat kolesterol tinggi, kini saya ingin membahas sedikit mengenai kolesterol baik (HDL) salah satunya adalah makanan yang mengandung kolesterol baik. Kembali menginformasikan bahwa masalah kolesterol bukanlah hal serius namun akan menjadi serius jika anda menyepelekannya.

Jika anda menerapkan pola hidup sehat, baik dari konsumsi makanan hingga adanya olahraga fisik mungkin dapat mencegah terjadinya lonjakan kolesterol di tubuh anda, namun pada kenyataannya memang tidak banyak yang menjaga pola makannya, apalagi meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga. Apakah anda salah satunya ? Jika iya, mungkin bisa merenungkan sedikit waktu untuk mulai berpikir dan berubah mulai dari sekarang.

Anda pasti tidak asing dengan kata yang satu ini, "you are what you eat" ya kan ?

Jika anda tidak menjaga pola makan, terlebih jika malas untuk berolahraga, tidak heran jika tingkat kolesterol anda bisa melonjak naik, begitu pula dengan gula darah dan masalah lain yang mungkin akan mengintai anda. Namun saat ini saya memang ingin membahas mengenai kolesterol saja, bukan hal lain.

Kolesterol itu diibaratkan seperti pisau bermata dua, di satu sisi memang dibutuhkan dan bermanfaat bagi tubuh, namun di lain sisi bisa membahayakan kesehatan tubuh. Kolesterol terbagi dua, yaitu HDL yang akan dibahas dan LDL yang sudah pernah dibahas di thread saya yang lalu-lalu.

HDL atau kolesterol baik sangat diperlukan oleh tubuh karena memiliki tugas dalam menjaga kesehatan organ jantung secara menyeluruh dan mencegah terjadinya arterosklerosis akibat menumpuknya tumpukan lemak kolesterol, HDL ini akan membawa kolesterol dari seluruh organ tubuh untuk dibawa lagi ke hati untuk dipecah dan dihancurkan dari tubuh. Hanya saja, kadar HDL ini memang dapat berubah-ubah dan cenderung menurun, salah satu pemicunya ialah pola makan yang tidak sehat !

Kadar HDL secara keseluruhan pada tubuh berkisar antara 20-30% kolesterol total saja, sedangkan kadar LDL mencakup 70-80% dari kolesterol total. Terjadinya peningkatan kadar kolesterol total pada umumnya karena terjadinya peningkatan kolesterol jahat dan menurunnya kolesterol baik, sehingga densitas kolesterol tubuh menjadi lebih rendah.

Kadar kolesterol baik pada pria dan wanita pun berbeda, wanita lebih banyak memiliki kadar kolesterol baik daripada pria. Pada pria, kadar HDL yang berisiko ialah jika berada di bawah 40 mg/dL, sedangkan pada wanita kadar HDL yang berisiko ialah jika berada di bawah 50 mg/dL. Semakin tinggi angka kolesterol baik maka semakin mengecil juga risiko terjadinya kerusakan pada pembuluh darah di tubuh.

Sumber Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik (HDL)

- Biji bijian dan polong, contohnya kacang hitam, kacang merah, kacang navy.

- Biji Chia dan Flax seed.

- Gandum utuh, contohnya pada roti gandum.

- Ikan berlemak, contohnya seperti ikan tuna, sardin, makarel, salmon.

- Buah kaya serat, contohnya buah apel, pear, dan prune.

- Makanan sumber antioksidan, contohnya buah alpukat, buah berry, buah jeruk, cokelat hitam.

- Minyak zaitun, dan

- Kedelai.

Untuk tips sehat lainnya, bisa klikΒ disini. Thanks
πŸ™πŸ™πŸ™


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di