alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Beberapa Keluhan Ane Soal Kurtilas Berdasarkan Pengalaman Pribadi Ane Gan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52514c09b5ca1a3a647aac/beberapa-keluhan-ane-soal-kurtilas-berdasarkan-pengalaman-pribadi-ane-gan

Beberapa Keluhan Ane Soal Kurtilas Berdasarkan Pengalaman Pribadi Ane Gan



Hai everyone,gue balik lagi nih.Kali ini gue akan beropini lagi.Kali ini gue akan beropini soal KURTILAS.Iya udah banyak juga blog yang beropini soal ini dan kurtilas juga udah didebatin sama banyak orang juga.Kali ini gue akan berpendapat menurut pengalaman pribadi gue sendiri sebagai pelajar.Banyak blogger yang mengeluhkan kurtilas dan banyak orang yang dengan enteng nya berkata “Ah gitu aja kok ngeluh.” “Belajar doang protes.” Dll.Gue mohon kali ini kalau mau komentar yang SOPAN DAN BERETIKA YA.Gue mulai aja deh.

Gue sekarang bersekolah di salah satu SMA negeri di Kota Bandung.Gue mengambil jurusan IPA.Gue belajar di SMA gue dengan kurtilas dan system full day.Semua sekolah juga menerapkan hal seperti itu.Gue yang tadinya saat SMP belajar dengan KTSP kali ini gue belajar dengan Kurtilas.Kurtilas menuntut para peserta didik untuk lebih mandiri,aktif,dan kreatif berbeda dengan KTSP.

Tetapi hal ini menurut saya tidak lah efektif.Mengapa,karena pelaksanaan kurtilas itu lebih buruk dari KTSP.Murid dituntut untuk menjadi aktif dan mandiri?Itu bagus,tetapi yang terjadi adalah murid di intruksikan oleh guru secara minim dan disuruh untuk mencari informasi tentang pelajaran itu dari internet dan buku sendiri atau berkelompok,mencatatnya,dan mempresentasikannya.Atau tidak guru menyuruh murid membuat powerpoint sebelum dijelaskan oleh guru dan mempresentasikannya.Itu lah yang saya rasakan dan pengalaman pribadi saya.

Murid yang mencari informasi sendiri dan mempresentasikan hasilnya sendiri.Itu seperti kita mengajar diri sendiri.Lalu fungsi guru untuk apa kalau murid mempelajarinya sendiri?Guru hanya memberikan sedikit informasi dan memerintah muridnya,Itu saja.Itu tidaklah efektif karena murid seperti berusaha sendiri,memberatkan murid dan guru tinggal menilai.Bukannya malas tapi mengajar dengan jelas itu adalah fungsi guru.

Banyak guru di sekolah saya yang mengajar dengan benar benar menerapkan kurtilas.Ada yang hanya memberikan beberapa soal dan memerintahkan para murid untuk mengerjakannya lalu di nilai dan dia tidak menerangkan apa apa sama sekali.Ada yang hanya menerangkan secara singkat dan langsung menyuruh murid mencari Informasi dan mempresentasikannya.Meskipun begitu,tidak semua guru saya yang membiarkan murid seperti itu,masih ada guru yang benar benar menjelaskan dan menerangkan pelajaran dengan sangat baik dan membuat muridnya mengerti.

Saya sendiri cukup puas terhadap KTSP karena mur benar benar diterangkan oleh guru dengan jelas dan lengkap,hasilnya para murid yang memperhatikan pelajaran dapat mengerti pelajaran yang diberikan oleh gurunya,tidak seperti kurtilas.Jadi yang gue harapkan karena adanya kurtilas ini guru tidak hanya menyuruh murid mencari informasi sendiri dan tidak menerangkan dengan baik dan jelas karena itu sama saja murid yang mengajar diri mereka sendiri.

Kedua masalah jam belajar dan pemberian PR.Saat gue masih belajar dengan KTSP,gue masuk jam 7 dan pulang jam 2 siang.Sementara saat  gue belajar dengan kurtilas,gue masuk jam setengah 7 dan pulang jam setengah 4.Jam belajar bertambah satu jam,tapi menurut saya itu terasa karena kita sudah cukup letih jika pulang sampai jam segitu.Belum lagi kalau ada guru yang masih memberikan pr.Kami sudah pulang sore dan masuk lebih pagi tetapi mereka memberi kami beban tambahan berupa PR.Bukannya malas tapi pelajar juga punya batas tenaga.Padahal ada yang berkata bahwa kalau KURTILAS tidak memperbolehkan adanya PR  tetapi tetap saja ada guru yang memberikan PR.

Gue kira itu saja opini yang mau gue sampaikan.Jadi ada tiga hal yang saya keluhkan yaitu Cara mengajar guru,PR,dan jam belajar.Karena jam belajar yang banyak bukannya menambah pengetahuan siswa tetapi jam belajar yang terlalu banyak membuat murid malah tidak mengerti yang diajarkan dan pelajaran tidak masuk ke otak karena sudah letih.Menurut saya jam belajar yang cukup dan cara mengajar yang baik baru dapat membuat murid benar benar mengerti pelajaran yang disampaikan.

Sumber : Google Images + Opini Dan Pengalaman Pribadi

Sekian  tulisan dari gue,maaf kalau da kata kata yang kurang baik.Terimakasih untuk yang sudah membaca,semoga bermanfaat dan have a nice day.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di