bedue333Avatar border
TS
bedue333
Kurikulum Pendidikan Agama Islam New Era

Kegiatan Belajar 4

Implementasi PAI Dalam Kurikulum

 

Rasional Pengembangan PAI

                Tantangan yang terjadi pada Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan bagi umat Islam, agar dapat memahami secara benar ajaran Islam sebagai agama yang sempurna (kwmil), kesempurnaan ajaran Islam yang dipelajari secara integral (kwffah) diharapkan dapat meningkatkan kualitas umat Islam dalam keseluruhan aspek kehidupanya. Agar ajaran Islam dapat dipelajari secara efektif dan efisien, maka perlu dikembangkan kurikulum pendidikan agama islam sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Rekonseptualisasi ide kurikulum merupakan penataan ulang pemikiran teoritik kurikulum berbasis kompetensi. Teori mengenai kompetensi dan kurikulum berbasis kompetensi diarahkan kepada pikiran pokok bahwa konten kurikulum adalah kompetensi, dan kompetensi diartikan sebagai kemampuan melakukan sesuatu (ability to perform)berdasarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Hal tersebut terumus kandalam KompetensiInti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Kerangka Dasar

                Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum menentukan kualitas peserta didik yang akan dicapai kurikulum, sumber dan isi dari kurikulum, proses pembelajaran, posisi peserta didik, penilaian hasil belajar, hubungan peserta didik dengan masyarakat dan lingkungan alam di sekitarnya. Kurikulum PAI 2013 dikembangkan dengan landasan filosofis yang memberikan dasar bagi pengembangan seluruh potensi peserta didik menjadi manusia Indonesia berkualitas yang tercantum dalam tujuan pendidikan nasional. Pada dasarnya tidak ada satupun filosofi pendidikan yang dapat digunakan secara spesifik untuk pengembangan kurikulum yang dapat menghasilkan manusia yang berkualitas. Berdasarkan hal tersebut, Kurikulum PAI 2013 dikembangkan menggunakan filosofi sebagai berikut.

1.      Pendidikan berakar pada budaya bangsa untuk membangun kehidupan bangsa masa kini dan masa mendatang.

2.      Peserta didik adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif.

3.      Pendidikan ditujukan untuk mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecemerlangan akademik melalui pendidikan disiplin ilmu.

4.      Pendidikan untuk membangun kehidupan masa kini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik (experimentalism and social reconstructivism).

Landasan Teoritis

                Kurikulum PAI 2013 menganut:

(1)   pembelajaan yang dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan

(2)   pengalaman belajar langsung peserta didik (learnedcurriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta didik.

Landasan Yuridis

Landasan yuridis Kurikulum PAI 2013 adalah :

1.      Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,

2.      Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional,

3.      Undang-undang Nomor 17 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional, beserta segala ketentuan yang dituangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional;

4.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Aspek – aspek Mata Pelajaran PAI

1.      -Qur’an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti keduanya merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut.

2.      Fikih (syari’ah) merupakan sistem atau seperangkat aturan yang mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT. (hablum-Minallāh), sesama manusia (hablum-Minannās).

3.      Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam beribada, bermuamalah dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupan atau menyebarkan ajaran Islam yang dilandasi oleh akidah.

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki karakteristik sebagai berikut:

1.      Al-Qur’an Hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Akidah Akhlak menekankan pada kemampuan memahami keimanan dan keyakinan Islam sehingga memiliki keyakinan yang kokoh dan mampu mempertahankan keyakinan/ keimanannya.

3.      Fikih menekankan pada pemahaman yang benar mengenai ketentuan hukum dalam Islam serta kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik dalam kehidupan sehari-hari.

4.      Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menekankan pada kemampuan mengambil ibrah/ hikmah (pelajaran) dari sejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain, untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam pada masa kini dan masa yang akan datang.

Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Inti (KI)

                Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945Pasal 31 ayat(3) mengamanatkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskankehidupan bangsa, yang diaturdengan undang- undang. Atasdasaramanat tersebuttelah diterbitkanUndang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional.

Makna Standar Kompetensi Lulusan

                Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standarisi standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Kompetensi lulusan

1.      Kompetensi lulusan SD/MI/SDLB/Paket A

Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

2.      Kompetensi lulusan SMP/Mts/SMPLB/Paket B

Lulusan SMP/MTs/SMPLB/Paket B memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai berikut.

3.      Kompetensi lulusan SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/PaketC

Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/Paket C memiliki  sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kompetensi Inti

Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnyausia peserta didik pada kelas tertentu.Melaluikompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga. Rumusan kompetensiinti menggunakan notasi sebagai berikut:

1.      Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;

2.      Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;

3.      Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan;

4.      Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Mata Pelajaran PAI

Berdasarkan kompetensi inti disusun mata pelajaran dan alokasi waktu yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Susunan mata pelajaran dan alokasi waktu untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

[table][tr][td]
Mata Pelajaran

[/td]
[td]
Alokasi Waktu Per Minggu

[/td]
[/tr]
[tr][td]
1

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
6

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Kelompok A

[/td]
[td] [/td]
[/tr]
[tr][td]
1.

[/td]
[td]
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[/tr]
[tr][td]
2.

[/td]
[td]
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
6

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
5

[/td]
[/tr]
[tr][td]
3.

[/td]
[td]
Bahasa Indonesia

[/td]
[td]
8

[/td]
[td]
9

[/td]
[td]
10

[/td]
[td]
7

[/td]
[td]
7

[/td]
[td]
7

[/td]
[/tr]
[tr][td]
4.

[/td]
[td]
Matematika

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
6

[/td]
[td]
6

[/td]
[td]
6

[/td]
[td]
6

[/td]
[td]
6

[/td]
[/tr]
[tr][td]
5.

[/td]
[td]
Ilmu Pengetahuan Alam

[/td]
[td]
-

[/td]
[td]
-

[/td]
[td]
-

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[/tr]
[tr][td]
6.

[/td]
[td]
Ilmu Pengetahuan Sosial

[/td]
[td]
-

[/td]
[td]
-

[/td]
[td]
-

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Kelompok B

[/td]
[td] [/td]
[/tr]
[tr][td]
1.

[/td]
[td]
Seni Budaya dan Prakarya

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[/tr]
[tr][td]
2.

[/td]
[td]
Pendidikan Jasmani, olahraga, dan kesehatan

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu

[/td]
[td]
30

[/td]
[td]
32

[/td]
[td]
34

[/td]
[td]
36

[/td]
[td]
36

[/td]
[td]
36

[/td]
[/tr]
[/table]
 

Ket: Khusus PAI di Madrasah Ibtidaiyah dikembangkan menurut ketetapan Kementrian Agama.

Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah

[table][tr][td]
Mata Pelajaran

[/td]
[td]
Alokasi Waktu Per Minggu

[/td]
[/tr]
[tr][td]
7

[/td]
[td]
8

[/td]
[td]
9

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Kelompok A

[/td]
[/tr]
[tr][td]
1.

[/td]
[td]
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[/tr]
[tr][td]
2.

[/td]
[td]
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[/tr]
[tr][td]
3.

[/td]
[td]
Bahasa Indonesia

[/td]
[td]
6

[/td]
[td]
6

[/td]
[td]
6

[/td]
[/tr]
[tr][td]
4.

[/td]
[td]
Matematika

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
5

[/td]
[/tr]
[tr][td]
5.

[/td]
[td]
Ilmu Pengetahuan Alam

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
5

[/td]
[td]
5

[/td]
[/tr]
[tr][td]
6.

[/td]
[td]
Ilmu Pengetahuan Sosial

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[/tr]
[tr][td]
7.

[/td]
[td]
Bahasa Inggris

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Kelompok B

[/td]
[td]
 

[/td]
[td]
 

[/td]
[td]
 

[/td]
[/tr]
[tr][td]
1.

[/td]
[td]
Seni Budaya

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[/tr]
[tr][td]
2.

[/td]
[td]
Pendidikan Jasmani,Olah Raga,Kesehatan

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[/tr]
[tr][td]
3.

[/td]
[td]
Prakarya

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu

[/td]
[td]
38

[/td]
[td]
38

[/td]
[td]
38

[/td]
[/tr]
[/table]
 

Ket: Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama di Madrasah Tsanawiyah dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SMA/MA

[table][tr][td]
Mata Pelajaran

[/td]
[td]
Alokasi Waktu Per Minggu

[/td]
[/tr]
[tr][td]
10

[/td]
[td]
11

[/td]
[td]
12

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Kelompok (Umum)

[/td]
[/tr]
[tr][td]
1.

[/td]
[td]
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[/tr]
[tr][td]
2.

[/td]
[td]
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[/tr]
[tr][td]
3.

[/td]
[td]
Bahasa Indonesia

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[/tr]
[tr][td]
4.

[/td]
[td]
Matematika

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[td]
4

[/td]
[/tr]
[tr][td]
5.

[/td]
[td]
Sejarah Indonesia

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[/tr]
[tr][td]
6.

[/td]
[td]
Bahasa Inggris

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Kelompok C(Peminatan)

[/td]
[/tr]
[tr][td]
7.

[/td]
[td]
Seni Budaya

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[/tr]
[tr][td]
8.

[/td]
[td]
Pendidikan Jasmani,Olahraga,dan Kesehatan

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[td]
3

[/td]
[/tr]
[tr][td]
9.

[/td]
[td]
Prakarya dan Kewirausahaan

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[td]
2

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Jmlh Jam Pelajaran Kelompok A dan B Perminggu

[/td]
[td]
24

[/td]
[td]
24

[/td]
[td]
24

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Kelompok C(Peminatan)

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Mata Pelajaran Peminatan Akademik

[/td]
[td]
9 atau 12

[/td]
[td]
12 atau 16

[/td]
[td]
12 atau 16

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Mata Pelajaran pilihan

[/td]
[td]
6 atau 9

[/td]
[td]
4 atau 8

[/td]
[td]
4 atau 8

[/td]
[/tr]
[tr][td]
Jumlah jam pelajaran Kelompok A,B,C

[/td]
[td]
42

[/td]
[td]
44

[/td]
[td]
44

[/td]
[/tr]
[/table]
 

Khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama di Madrasah Aliyah dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.
0
265
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan