alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Tips Menghentikan Diare
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d523b22e83c7215693393af/tips-menghentikan-diare

Tips Menghentikan Diare

Penyakit pencernaan termasuk penyakit yang tergolong familiar. Hampir semua orang pernah terkena penyakit yang menyangkut masalah pencernaan. Diare terbilang yang cukup banyak menyerang.

Diare bisa terjadi karena usus diserang oleh virus, bakteri, dan macam-macam organisme yang menjadi musuh dari sistem pencernaan. Adapun virus dan bakteri itu berasal dari kebiasaan hidup yang tak sehat. Virus bisa berasal dari makanan atau hal lain di sekitar yang tak terjaga kebersihannya.

Penyakit yang ditandai dengan buang-buang air besar terlalu sering ini tak bisa dianggap sepele. Jika penanganannya terlambat atau kurang tepat bisa terjadi dehidrasi yang membahayakan nyawa. Tahukah Anda bahwa pengobatan diare yang sudah tergolong parah bisa menghabiskan dana hingga belasan juta rupiah?

Agar Anda tak harus menghabiskan uang terlalu banyak untuk pengobatan penyakit pencernaan yang satu ini, Anda harus tahu cara menghentikan diare. Cara ini akan sangat berguna jika Anda atau orang-orang terdekat Anda terkena penyakit ini. Pelajari caranya di bawah ini:

- Meminum Oralit
Oralit memang selalu jadi pilihan terbaik untuk pertolongan pertama pada diare. Oralit adalah campuran dari air hangat, gula, dan garam. Larutan ini berguna untuk menggantikan cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.

Pemberian oralit harus dilakukan secepatnya ketika gejala buang-buang air besar mulai muncul. Setelah itu pemberiannya bisa dilakukan berulang agar jumlah cairan dalam tubuh lekas kembali normal.

- Mengkonsumsi Makanan Rendah Serat
Ketika kondisi perut sedang tak stabil makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan yang rendah serat. Hal itu dikarenakan makanan rendah serat tak memancing reaksi buang air besar di sistem pencernaan.

Contoh makanan rendah serat adalah roti. Meskipun tak nafsu makan karena pencernaan sedang bermasalah Anda atau siapapun yang terkena diare harus tetap memaksakan diri untuk makan agar tubuh lekas kembali fit.

Setelah mendapat pertolongan pertama seperti di atas berikan tubuh waktu untuk beristirahat. Upayakan untuk tidur selama beberapa jam agar tenaga cepat pulih seperti sedia kala.
Terserang sakit pencernaan jelas akan sangat menganggu aktifitas. Maka sebaiknya Anda melakukan pencegahan dengan menjamin semua yang dikonsumsi terjaga kebersihannya. Lalu jangan lupa untuk selalu cuci tangan sebelum makan dan sesudah dari toilet.

Penggunaan antiseptic saat mencuci tangan dan membersihkan ruangan di rumah akan sangat membantu mencegah virus, bakteri, kuman, dan lain-lain berkembang biak. Jaga selalu kesehatan Anda dan keluarga karena tak ada harga yang setimpal untuk mengganti kesehatan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di