alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Program Wajar 12 Tahun, Sudahkah Terlaksana Secara Merata?
4.8 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d523a26e83c725f72161bda/program-wajar-12-tahun-sudahkah-terlaksana-secara-merata

Program Wajar 12 Tahun, Sudahkah Terlaksana Secara Merata?

Program Wajar 12 Tahun, Sudahkah Terlaksana Secara Merata?


Program Wajar 12 Tahun, Sudahkah Terlaksana Secara Merata?
sumber : beritabojonegoro.com


Pendidikan, di jaman sekarang ini menjadi sesuatu yang sangat penting. Tidak heran sejak tahun 2015 pemerintah mencanangkan wajar 12 tahun. Hal ini tentunya wajar karena selain akhlak, maju tidaknya suatu negara di tentukan oleh kualitas pendidikan para warga negaranya. Dengan ilmu yang di dapat saat menempuh pendidikan, sesorang bisa memberikan sumbangsih besar bagi negaranaya.

Namun pertanyaannya, apakah sudah semua WNI benar-benar menjalankan program wajar 12 tahun?

Jawabannya tentu tidak! Karena di daerah tempat tinggal saya saja masih banyak anak-anak yang hanya menempuh pendidikan sampai tingkat SMP saja. Lalu apakah faktor penyebabnya, dan bagaimana solusinya?


Berikut ini saya uraikan beberapa faktor penyebab tidak terlaksananya wajar 12 tahun, yang saya utarakan berdasarkan pengamatan di daerah tempat tinggal saya, dan juga setelah mengamati berita-berita seputar dunia pendidikan yang ada di berita maupun media sosial.


1. Kurangnya Kesadaran Para Generasi Bangsa Akan Pentingnya Pendidikan

Jika jaman dahulu para orangtua lah yang kurang menyadari akan pentingnya pendidikan. Saat ini justru kebanyakan anak-anak lah yang tidak menyadari bahwa pendidikan itu penting, sehingga mereka tidak punya keinginan untuk bersekolah tinggi meski orangtuanya mampu secara finansial untuk menyekolahkan mereka.

Kalaupun ada sebagian anak yang menuruti keinginan orang tua untuk tetap bersekolah, mereka akan melakukannya hanya sebagai formalitas saja. Anak-anak seperti ini biasanya tidak punya semangat tinggi untuk belajar, karena mereka melakukannya secara terpaksa. Sungguh di sayangkan bukan? mampu tapi tidak mau.

2. Tidak Adanya Biaya

Sungguh menyesakkan ketika keinginan untuk meraih pendidikan tinggi berbenturan dengan biaya. Apalagi jika yang mengalaminya adalah anak-anak berprestasi, di mana anak-anak seperti ini biasanya memiliki semangat tinggi untuk belajar. Jika di poin pertama saya menyebutkan mampu tapi tidak mau. Di poin ke dua ini sebaliknya, mau tapi tidak mampu. Mampu yang saya maksud di sini adalah mampu secara materi.

Memang benar sekarang ada bantuan dari pemerintah seperti BOS dan KIP. Namun sayangnya, terkadang bantuan tersebut jatuh pada orang yang tidak tepat (orang-orang yang sebenarnya mampu). Sementara mereka yang membutuhkan, justru tidak mendapatkannya.

3. Tidak Adanya Fasilitas Pendidikan Di Daerah Tertentu

Tidak bisa di pungkiri bahwa masih banyak daerah di Indonesia yang tidak tersentuh oleh pendidikan, contohnya di daerah Papua.

Program Wajar 12 Tahun, Sudahkah Terlaksana Secara Merata?
sumber Republika.co.id

Jarak yang jauh, fasilitas tidak memadai, dan jalur tempuh untuk sampai di sekolah yang sulit membuat anak-anak di beberapa daerah--terutama daerah-daerah pelosok--tidak punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Alhasil jangankan mampu menempuh pendidikan sampai jenjang SMA, bahkan membaca pun mereka tidak bisa.

Quote:



Itu dia beberapa solusi yang bisa saya utarakan agar program wajar 12 tahun bisa berjalan. Saya tahu, tentu itu tidak mudah mengingat Indonesia ini luas dan jumlah penduduknya pun banyak. Semua butuh proses, namun dengan kerja sama pemerintah serta warga negaranya pasti kita bisa melakukannya. Karena tidak di pungkiri juga, sistem pendidikan di Indonesia saat ini sudah lebih baik jika di bandingkan jaman saya kecil dulu. Kalau menurut Agan dan Sista bagaimana?

Sekian trit kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Semua tulisan di atas saya tulis berdasarkan opini pribadi. Jadi jika ada yang tidak berkenan, mari diskusikan di kolom komentar dengan baik dan bijak.


Cilacap, 13 Agustus 2019
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TaraAnggara
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
pejwan
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Tempat Ane banyak anak orang kaya yang gak sekolah😆
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Nah tuh dia, sangat di sayangkan bukan?
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Pendidikan di Indonesia sudah lebih baik
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Iya mba, sangat lebih baik jika di bandingkan jamanku dulu
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan erina79purba memberi reputasi
Quote:


Jaman dulu kita masih bayar SPP dan buku
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan Cahayahalimah memberi reputasi
Sepertinya belum mbak. Apalagi yang di kampung2 emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Quote:


Biasanya anak orkay tu homeschooling gan
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Wah? Kenawhy?
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Dulu aja yg 9 tahun banyak yg sulit sekulah, apalagi skrng 12 tahun
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
masih belum
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
tujuan ngejar ngejar nilai bagus nyontek pun ditempuh habis itu lupa.takut seperti nobita nunpuk nilai ulangan
sekolah buat cari teman yg banyak atau cari cinta monyet
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Diubah oleh cahmlg123456
Nama programnya aja udah salah. Harusnya itu hajar, bukan wajar.
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Quote:


Di tempatku SD masih bayar SPP mba, buat anggaran gaji guru honorer

Quote:


Iya sist, di tempatku juga banyak
Quote:


Benar banget sist

Quote:


Emang, masih banyak yang harus di perbaiki
Quote:


Nah itu dia yang bikin miris

Quote:


Wkwk, kalau hajat tar pada takut
Quote:


Ya gitu deh
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Pendidikan 12 Tahun memang perlu digalakkan, mengingat banyaknya jumlah anak yang tidak terdata dan tidak bersekolah diakibatkan adanya kesenjangan ekonomi dan juga kesenjangan sosial budaya.
Quote:

Tujuan ijasah bagus buat cari kerja keilmuan no 10
Ada lagi ilmunya jago hasil otodidak/hobby susah cari kerja ngga punya ijasah paling banter wirausaha
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
4. menyeleksi guru2 yang kompeten buat murid2
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di