alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Sederet Makanan Penurun Kolesterol untuk Ibu Hamil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d523433c8208475440aac12/sederet-makanan-penurun-kolesterol-untuk-ibu-hamil

Sederet Makanan Penurun Kolesterol untuk Ibu Hamil

Sederet Makanan Penurun Kolesterol untuk Ibu Hamil
Bukan hanya pada pria maupun wanita saja yang memerlukan makanan penurun kolesterol, karena masalah kolesterol sendiri juga bisa dirasakan pada ibu hamil sekalipun lho. Dan bagi ibu hamil cenderung mengalami kenaikan pada tingkat kolesterolnya, sebab biasanya ibu hamil akan makan banyak agar mencukupi kebutuhan nutrisi untuk sang buah hati.

Meski begitu, pada faktanya hal itulah yang membuat terjadinya peningkatan kolesterol dan berat badan tubuh. Akibatnya, banyak bunda yang cenderung sulit kembali ke berat badan semulanya setelah melahirkan.

Apakah Kolesterol itu Berdampak Negatif pada tubuh ?

Mungkin tidak sedikit yang beranggapan bahwa kolesterol itu berdampak negatif pada tubuh. Dan pernyataan tersebut mungkin benar adanya, mengingat banyak gangguan kesehatan yang berawal dari kolesterol. Tapi perlu ditekankan sekali lagi bahwa hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab kolesterol juga diperlukan lho oleh tubuh.

Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon serta membantu tubuh dalam mencerna lemak pada makanan yang dikonsumsi. Yang membuat kolesterol menjadi berdampak buruk karena terjadinya peningkatan kolesterol dalam tubuh.

Terdapat 2 jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu HDL dan LDL.

HDL merupakan kolesterol baik yang memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan melindungi organ jantung secara utuh. HDL bertugas membawa kolesterol dari berbagai bagian tubuh untuk kembali ke organ hati untuk dicerna kembali dan dihancurkan dari tubuh. Tingkat HDL yang tinggi dapat mencegah terjadinya penyakit kronis seperti penyakit jantung.

LDL merupakan kolesterol buruk yang dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak atau plak pada dinding pembuluh darah. Inilah yang mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan, jika terjadi penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah arteri dapat menyebabkan terjadinya arterosklerosis yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner, selain itu penumpukan plak juga dapat menyebabkan terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Makanan yang sebaiknya dibatasi untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil penting untuk menghindari makanan berkolesterol tinggi agar tidak terjadinya lonjakan kolesterol selama masa kehamilan. Makanan tinggi kolesterol bisa ditemukan pada jeroan, daging merah, beberapa makanan laut, juga kuning telur. Batasan asupan kolesterol yang dianjurkan setiap harinya ialah tidak lebih dari 200 mg per harinya.

Pada 100 gram telur saja terdapat 373 mg kolesterol, dan terdapat 211 mg kolesterol pada setiap 100 gram udang laut. Maka sebaiknya bagi bunda yang sedang hamil tidak konsumsi telur lebih dari satu butir per harinya atau konsumsi telur bagian putihnya saja.

Makanan Penurun Kolesterol untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, penting juga untuk memperhatikan jenis konsumsi asam lemak yang dikonsumsi. Berbeda dengan asupan kolesterol yang perlu dibatasi, konsumsi asam lemak tak jenuh ganda ditingkatkan, contohnya seperti konsumsi buah alpukat hingga 2-3 buah per harinya. Selain itu, ini dia makanan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil :


- Buah zaitun.

- Roti gandum.

- nasi merah.

- oatmeal, dan

- kacang kacangan. 



Untuk tips sehat lainnya, bisa klik disini. Thanks
🙏🙏🙏
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
makasiih infonyaaa emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Balasan post ilmirashanum
Sama sama kak, semoga bermanfaat emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di