alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mendaki Gunung, berikut makanan sehat untuk perbekalannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5223f2e83c723843450e4c/mendaki-gunung-berikut-makanan-sehat-untuk-perbekalannya

Mendaki Gunung, berikut makanan sehat untuk perbekalannya

Mendaki Gunung, berikut makanan sehat untuk perbekalannya



Spoiler for social media:



Akhir-akhir ini mendaki gunung sedang digemari oleh anak muda di Indonesia, khususnya mereka yang berada di pulau Jawa, karena di pulau ini lah banyak terdapat gunung-gunung yang indah dan bagus serta menatang untuk di daki. Namun kegiatan ini bukan kegiatan yang bisa dilakukan dengan asal-asalan, sebelum mendaki banyak hal yang harus di perhatikan salah satunya adalah bekal makanan yang akan kita bawa saat mendaki.


Hal ini penting karena saat mendaki gunung kita membutuhkan banyak tenaga untuk bisa berjalan dan mendaki, untuk itu tubuh kita membutuhkan banyak energi dan nutrisi dan kita harus memilih asupan makanan yang tepat saat pendakian agar kebutuhan energy kita tercukupi saat mendaki.


Berikut adalah beberapa jenis makanan yang di sarankan di bawa ketika pendakian antara lain:



Spoiler for naik gunung:



1.Sereal
Saat mendaki memang agak sulit bagi kita untuk memasak, nah sereal bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk mengisi perut di perjalanan agar kalian tetap punya tenaga untuk melangkah. Tidak perlu di campur apa-apa jika memang tidak memungkinkan, jadi kalian bisa langsung memakannya. Sereal mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga asupan kalori yang kamu butuhkan bisa tercukupi selama perjalanan.


2.Roti/Biskuit
Roti dan biskuit  juga bisa kalian sisipkan di dalam carrier kalian loh, pilihlah biskuit gandum yang banyak mengandung kalori, selain renyah kalian bisa langsung melahapnya tanpa perlu ribet. Makan di sela sela istirahat untuk menambah tenaga agar tetap semangat melanjutkan perjalanan.




3.Madu dan Coklat atau Gula merah

Medan yang sulit akan kita jumpai saat mendaki hal itu tentu butuh tenaga yang cukup untuk mendaki. Setiap perjalanan jangan lupa membawa sedikit coklat dan madu selain untuk meningkatkan mood coklat dan madu bisa menambah energy dan menjaga suhu tubuh agar tetap fit dalam segala cuaca di gunung. Madu juga dapat di oleskan pada bibir yang kering loh, tidak di sarankan untuk membawa snack karena akan makan tempat dan tidak berisi kalori yang kalian butuhkan. jadi isi lah carrier kalian dengan perbekalan yang memadai saat mendaki. Terutama buat pendaki perempuan yang mood nya gampang sekali berubah, coklat dan madu adalah perpaduan sempurna.


Untuk yang tidak suka keduanya atau dengan budget pas-pasan kalian bisa menukarnya dengan gula merah atau gula jawa. Saat awal mendaki dahulu saya sering membawa dan makan gula merah karena kaya akan nutrisi dan membuat tenagakita tetap pool.





4.Kentang dan Sosis

Nah ini solusi buat yang engga memungkinkan  bawa beras pas nanjak, kalian bisa ganti dengan kentang. mudah di bawah dan gampang di olah kalian tinggal bakar di api unggun dan bisa langsung di lahap. karena membawa beras akan sulit dalam mengolah karena membutuhkan banyak air, begitu pula dengan telur kalian bisa menggantinya dengan sosis, gampang di bawa dan di olah dan itu akan memenuhi kebutuhan protein kalian kok, bisa juga di tambahkan abon.


Kalau bisa di ganti dengan makanan lain kalian tidak perlu membawa sarden atau mie instan susah bawa turun kaleng nya dan banyak sampah plastiknya. Selain itu terlalu sering mengkonsumsi mie instan juga tidak baik bagi kesehatan.



5.Minuman
Air putih tentu sangat penting untuk bekal di perjalanan jangan sampai dehidrasi di perjalanan, bawa juga air gula untuk menambah energy. Air gula merah juga sangat bagus untuk di konsumsi. Pastikan kebutuhan air tercukupi yaa, selalu perhitungan kebutuhan air kalian selama perjalanan dan selalu Tanya sumber air ada di pos mana saja.



Itu tadi adalah beberapa rekomendasi tentang makanan yang bisa di bawa pada saat pendakian. Kita harus memilih makanan yang gampang di bawa tapi juga bisa memberi nutrisi dan menambah energy bagi tubuh, pasalnya ada banyak orang yang membawa bekal asal asalan dan berujung terjadi hal hal yang tidak di ingikan. Utamakan keselamatan saat pendakian kelaparan dan kelelahan saat pendakian bisa menyebabkan kehilangan nyawa. Bisa naik gunung juga harus bisa turun dengan selamat, bukan begitu?

share pengalaman agan dan aganwati yaa selama mendaki gunung.

makasih !!



Spoiler for sumber:



Spoiler for baca tulisan aku yang lain yuuk:




Spoiler for bonus:


profile-picture
aapuu memberi reputasi
Diubah oleh upe.shinoda
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ubi rebus gula merah
Lihat 1 balasan
Balasan post sagutumbuk
Quote:


oke gan, makasih sharingnya
Bagi yang hobi mendaki silahkan bisa mengkondisikan diri, sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal. Di sini sangat penting untuk memperhatikan keunikan yang ada di pegunungan. Jadi sudah siap dan tidak kedinginan atau kelaparan.
Lihat 1 balasan
Mie instant masuk jajaran pavorit sebenernya nih emoticon-Hammer2 tp emang nggak sehat tp banyak yg makan jg emoticon-Bingung

emoticon-Toast
Lihat 1 balasan
Balasan post vixitev
Quote:


siaapp gan, persiapan yang matang memang diperlukan yaa kan. pahami jalur pemdakian jg.
Balasan post aapuu
Quote:


memang favorite pendaki sih gan, mudah dibawa dan simple, tp yaa minim nutrisi, bikin perut nggak enak heheheh dan gampang haus


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di