alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Sudah Merdekakah Pendidikan Di Negeri Kita? Bagaimana Menurutmu?
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d516738b84088402046826a/sudah-merdekakah-pendidikan-di-negeri-kita-bagaimana-menurutmu

Sudah Merdekakah Pendidikan Di Negeri Kita? Bagaimana Menurutmu?

Potret Pendidikan Di Indonesia
Sudah Merdekakah Pendidikan Di Negeri Kita? Bagaimana Menurutmu?

Pendidikan adalah sesuatu yang penting bagi kehidupan manusia. Di negeri kita tercinta, anak-anak diwajibkan bersekolah sekurang-kurangnya selama 9 tahun, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama. Namun, itu belum cukup untuk bekal menggapai cita-cita. Bersaing di era globalisasi, tentu akan sangat tertinggak jika hanya memiliki ijazah SMP.
Sudah Merdekakah Pendidikan Di Negeri Kita? Bagaimana Menurutmu?

Menurut ane, pendidikan di Indonesia tertinggal jauh dari negara-negara maju ataupun negara berkembang lainnya. Masih banyak anak usia sekolah yang tidak bersekolah atau putus sekolah dengan berbagai alasan.

Beberapa masalah yang dihadapi berkaitan dengan pendidikan.

Biaya sekolah relatif mahal
Alasan utama, biasanya kendala biaya. Harapan sekolah geratis hingga jenjang SMU masih menjadi angan bagi warga Indonesia. Kadang, ane suka iri kalau mendengar di negara-negara lain pendidikan geratis bahkan hingga sarjana untuk warganya.

Banyak anak yang sebenarnya pintar harus membuang mimpinya karena kendala biaya pendidikan yang mahal. Untuk beasiswa pun tidak semua anak pintar beruntung mendapatkannya.

Pendidikan warga suatu negara akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di negara tersebut. Jadi, jangan heran jika negara-negara maju selalu mengutamakan pendidikan warganya, karena itu akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan negaranya.
Sudah Merdekakah Pendidikan Di Negeri Kita? Bagaimana Menurutmu?

Tidak meratanya fasilitas pendidikan
Mirisnya, Indonesia yang sejatinya adalah negara yang besar, masih tertinggal dalam bidang pendidikan, bahkan untuk daerah-daerah terpencil di pedalaman sana. Pendidikan adalah sesuatu yang mahal.
Sudah Merdekakah Pendidikan Di Negeri Kita? Bagaimana Menurutmu?

Tenaga pengajar yang kurang kompeten
Hal lain, yang membuat pendidikan di Indonesia kurang baik adalah tenaga pengajar yang kurang kompeten. Jaman dulu, para pengajar benar-benar pahlawan tanpa tanda jasa yang sebenarnya, mereka mengabdi dengan tulus untuk membagikan ilmunya kepada murid.

Namun, semakin tahun, seiring bergesernya waktu. Membagikan ilmu kepada murid bukan lagi prioritas utama para pengajar. Mereka lebih fokus mengejar kenaikan level jabatan. Tujuan utamanya sudah bergeser menjadi sumber penghasilan. Mengajar untuk gaji. Bukan lagi mengajar untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Pernah beberapa kali melihat cara mengajar guru zaman now. Mereka lebih banyak berinteraksi dengan ponselnya dibanding dengan muridnya.

Harapan ane, pemerintah lebih selektif dalam memilih tenaga pengajar yang berkompeten atau diadakan pelatihan untuk calon pengajar untuk memenuhi kualitas guru yang diinginkan.

Akses jalan sebagai penghambat di daerah
Masalah pendidikan lainnya adalah kurangnya sarana dan prasarana pendidikan di daerah. Salah satunya, akses jalan menuju sekolah yang tidak memadai. Jarak tempuh berkilometer, jembatan yang rusak hingga mempertaruhkan nyawa mereka harus dihadapi anak bangsa di daerah.
Sudah Merdekakah Pendidikan Di Negeri Kita? Bagaimana Menurutmu?

Semoga untuk kedepannya, tidak ada lagi anak bangsa yang tidak bersekolah ataupun putus sekolah karena kendala biaya ataupun akses jalan. Semoga pemerintah lebih fokus dan memperhatikan masalah pendidikan di Indonesia.

Ane juga berharap, pemerintah menggeratiskan biaya di semua jenjang sekolah hingga universitas, agar semua warna negara bisa merasakan kebebasan dalam hal pendidikan. Yang kaya maupun yang miskin mendapatkan kesempatan yang sama dalam meraih pendidikan setinggi-tingginya.

Sekian ulasan dan pendapat dari ane. Setiap orang memiliki pendapat dan argumen masing-masing. Mari sama-sama mendukung pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Jangan lupa rate, komen dan cendolnya.

Terimakasih.

Sumber : opini pribadi

Pic bylink gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ymulyanig3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
pekwan
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Mari bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia tercinta ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Saking merdekanya malah makin liberal
Dijadikan industri pulak emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Mari kita bantu meratakan pendidikan entah bagaimana pun caranyaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sepertinya belum. Masi banyak kekurangan di sana sini, dan ini menjadi PR serius pemerintah
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
Quote:


Setuju sis, semoga pendidikan di indonesia makin maju dan bisa gratis sampai s1
Quote:


Dijadikan ladang bisnis, jualan lks sama fotokopianemoticon-Ngakak
Quote:


Dimulai dari pemerintah daerah yang lebih peka dan perhatian dg masalah pendidikan
Quote:


PR yang tidak ada habisnya. Butuh tekad, fokus dan jonsisten pemerintah untuk menyelsaikannya
Karena sekolah gratis itu sebetulnya gak gratis full emoticon-Frown
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
Quote:


Ad yg digratisin bagi orang2 yg mempunyai keahlian di atas rata2 sis
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
setelah reformasi pendidikan kita makin nyungsep emoticon-Angkat Beer

negara dah gagal mencerdaskan kehidupan bangsa emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
Belum si menurut ane gan. Soalnya banyak yanb belum merasakan pemerataan pendidikan gan. Malah sekarang pendidikan di ekploitasi untuk bisnis
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
menurut gue pendidikan di indonesia udah sangat merdeka tdk berpatokan ama sistem milik bangsa asing maupun standar global manapun. buktinya saat ada calon mahasiswa indonesia mau belajar di (satu contoh aja ya) australia maka ia diwajibkan masuk foundation dulu. kagak bisa langsung masuk seperti murid dari amerika, eropa maupun negara-negara persemakmuran maupun jepang (jepang cuman di suruh masuk kelas bahasa inggris doang )
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
Quote:


Setidaknya walau nggak gratis full, harapan ane bisa geratis minimal smp jenjang SMA
Quote:


Iya sis, hanya untuk anak2 tertentu yang pintar saja. Apakah anak2 yang biasa saja dan anak lainnya tidak berhak dpt pendidikan layak.
Quote:


Setuju gan, moral generasi muda juga semakin terpuruk. Anak sekolah jaman sekarang sudah kurang sopan santunnya terhadap yg lebih tua.
Quote:


Betul gan, dijadikan lahan bisnis untuk keuntungan diri sendiri.
Diubah oleh ymulyanig3
Quote:


Enih bikin aku mewek...semoga tidak ada lagi yg kesulitan bersekolah
Sbg seorang guru, ane bilang setuju, memang seperti itu adanya, adanya peraturan yang setiap saat ganti peraturan, mulai dsri peraturan yg masuk akal sampai yg gak masuk akal (kurikulum e sport yg terbaru ini santer berhembus, kemudian rotasi guru setiap 6 tahun, perpanjang usia pensiun guru, pemerataan/zonasi versi guru, dll), kita sbg guru ngos2an kalau dituntut mengikuti standar yg ada, klo kita dikasih semacam panduan ini ini ini untuk ngajar, pelajari, kemudian ngajar masih ok, lha ini setiap tahun ganti, materi ganti, peraturan ganti, kita ini secara sporadis cari sendiri materi2, kadang kesepakatan bersama guru2 mata pelajaran, jadi kalo setiap srkolah dengan mata pelajaran sama belum tentu isinya sama karena itu tadi, itu baru masalah sistem pendidikan, sekarang kita bahas pendidikan gratis, ane tinggal di provinsi yg sekolahnya digratiskan, memang benar gratis, tapi efeknya? Operasional sekolah sekarang harus kencangkan sabuk agar pintar2 memilih kegiatan apa yg penting, belum lagi di SMK, bahan2 dan alat praktek mahal, sertifikat2 kerja itu dibawah BNSP, dan itu diluar dinas terkait, kalo masalah duit, sebenernya diem aja mengikuti aturan itu sudah auto naik sendiri setiap 4 tahun, dan diprovinsi ane itu termasuk yg pelit untuk urusan gaji, pegawai provinsi, diprovinsi sebelah dapet berlipat2, libur semester ikut libur, di tempat ane libur, tetep masuk walau gak ngapa2in disekolah, oh iya untuk tambahan yg sistem pendidikan tadi, karena sekarang gak boleh merekrut guru gtt, maka selain mencari perangkat sendiri juga mengajar 40an jam 1 minggu, kurang tersiksa apalagi gan, itu pegawai rendahan macam ane, yg udah tinggi, memang dikurangi jam mengajarnya, tapi mencari perangkat mengajar itu bisa dari ujung provinsi ke ujung lainnya lagi, dan lagi duitnya sekarang modal sendiri, baru nanti di kwitansikan, transport dihitung 100rb, lha iya kalo jaraknya dekat, sekali jalan dapet, klo yg didesa2? Ojek keterminal, bis/kereta, ojek lagi, dst lah, hehe itu tadi curcolan ane

Ane tambahin lagi, untuk baju2 seragam, ini kan sudah masuk sekolah sekian minggu, untuk baju gratis, tender saja belum, kita ini cinta indonesia, ikut membantu mencerdaskan indonesia, tapi selama politik masih jadi nmr 1 dinegeri ini, kita ikut busuk bersamanya, sepintar apapun, secerdas apapun, akan kalah sama politik
profile-picture
profile-picture
goal481 dan ymulyanig3 memberi reputasi
Diubah oleh oryzaym
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di