alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Ini nih Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi yang Perlu Dihindari
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d51469868cc9570491492ef/ini-nih-makanan-yang-mengandung-kolesterol-tinggi-yang-perlu-dihindari

Ini nih Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi yang Perlu Dihindari

Ini nih Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi yang Perlu Dihindari


Selama ini mungkin kita sudah terbiasa dengan pola makan yang seperti apapun asalkan perut kenyang dan masalah lapar teratasi, namun perlu anda ketahui bahwa penyakit dapat datang berawal dari pola makan yang tidak sehat, contohnya masalah kolesterol. Anda tentunya sudah mengetahui bahaya dari masalah kolesterol yang tidak terjaga bukan ? Tepat, penyakit jantung dan stroke.

Selain mengenyangkan perut, makanan yang harus dikonsumsi haruslah sehat dan tidak mengganggu kesehatan tubuh, contohnya saja masalah kolesterol ini, jika anda makan seenaknya tanpa memerhatikan jumlah kolesterol yang telah dikonsumsi dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit karena adanya plak kolesterol di dinding pembuluh darah, dan jika terjadi pada pembuluh darah arteri bisa menyebabkan terjadinya aterosklerosis yang memicu terjadinya 

penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Bukan berarti makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi, hanya saja anda yang perlu sadar dan membatasi konsumsi makanan tersebut, boleh bukan berarti bebas seenaknya mengkonsumsinya ya.


Menjaga kesehatan dengan mengurangi atau menghindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi merupakan langkah awal sebagai tindakan pencegahan. Merujuk pada American Heart Association, kadar kolesterol harian seseorang hanya boleh sekitar 300 mg saja. Kolesterol dapat anda kontrol dengan pola makan yang baik, seperti mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Nah, berikut ini daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi :

Hamburger

Salah satu makanan cepat saji ini memang cukup banyak peminatnya, memang telepas dari rasanya yang lezat memang membuat siapapun menginginkannya. Namun perlu diingat bahwa makanan yang satu ini memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi dan berpotensi meningkatkan kolesterol anda, jika anda menginginkan makanan cepat saji yang sehat bisa konsumsi salad atau sandwich.

French Fries

Kentang goreng yang turut menemani hamburger ini memang salah satu cemilan yang sering dikonsumsi. Namun berdasarkan riset yang dipublikasikan oleh Harvard School of Public Health, tingkat kolesterol yang dimiliki kentang goreng cukup tinggi akibat minyak nabati yang mengalami hidrogenisasi. Dan diketahui memang makanan yang mengalami hal ini (hidrogenisasi) akan cenderung memiliki kadar lemak trans yang tinggi.

Es krim

Kolesterol pada es krim sekitar 47 mg per 100 gramnya. Dan pada satu sendok es krim saja, jumlah kolesterol yang dimiliki sudah melebihi jumlah kolesterol pada donat ataupun hamburger ! Daripada es krim, ada alternatif lainnya yaitu jus buah atau yoghurt dingin.

Tiram

Kalau makanan laut yang satu ini pasti anda tau bukan ? Ya, tiram. Tiram memang diketahui bergizi salah satunya karena zat bergizi yang ada pada tiram seperti zinc yang bermanfaat sehat bagi tubuh. Namun tiram juga tidak terlepas pada kadar kolesterolnya, sebagai salah satu makanan laut, tiram memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yaitu 206 mg.

Kue kering

Salah satu cemilan yang banyak disukai, yaitu kue. Kue kering cukup digemari karena memang rasanya yang manis dan berbeda-beda di tiap kue kering. Tetapi sayangnya anda harus membatasi konsumsi kue kering dan tidak kalap memakannya, karena kue kering termasuk dalam kategori makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang mencapai sekitar 300 mg. Jadi harus dikurangi ya.

Kuning telur

Telur memang bermanfaat bagi tubuh lantaran kandungan proteinnya yang baik, namun pada faktanya selain sumber protein yang cukup baik, telur juga menyimpan kolesterol yang tinggi, terutama pada bagian kuning telurnya. Jumlah kolesterol pada 6 butir telur setara dengan 1085 mg, luar biasa tinggi !!

Jika memang anda suka dengan telur rebus, kurangi konsumsinya tidak lebih dari satu butir per harinya atau bisa konsumsi putih telurnya saja. Bagian putih telur tidak mengandung kolesterol sama sekali, berbalik pada bagian kuning telur yang kaya akan kolesterolnya.

Untuk tips sehat lainnya, bisa klik disini. Thanks
🙏🙏🙏


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di