alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Trik Pendidikan di Jepang, bisa diterapin di Indonesia gak ya??
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d513a4a65b24d7a6f5a273c/trik-pendidikan-di-jepang-bisa-diterapin-di-indonesia-gak-ya

Trik Pendidikan di Jepang, bisa diterapin di Indonesia gak ya??

Hai gan, threat ini ane bikin berdasarkan pengalaman ane menonton "Hanataka", salah satu acara di channel waku waku japan. Acara ini menampilkan trik-trik yang gak biasa yang bisa digunakan untuk memudahkan kita dalam mengerjakan berbagai aktivitas. Di episode yang ane tonton kemarin, ada satu segmen mengenai hanataka dalam pendidikan yang diterapkan di salah satu district penghasil lulusan terbaik di negara matahari terbit ini (nama district nya ane lupa), hal-hal yang mungkin sepele namun ternyata efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di district tersebut. Berikut ini hanataka -nya,

1. Setiap anak didorong untuk mengetahui cita-citanya di masa mendatang secara spesifik

Spoiler for cita-cita:

Kalo di indonesia, mungkin sebagian besar anak tidak begitu yakin dengan apa yang ingin dilakukannya saat dewasa, tapi anak-anak di district di jepang ini sudah mengetahui secara spesifik apa yang ingin mereka kerjakan pada saat dewasa nanti. Acara tersebut menampilkan wawancara terhadap salah satu anak usia sekolah dasar di sana dan pada saat ditanya ingin melakukan apa ketika dewasa nanti, anak tersebut dengan mantap menjawab ingin bekerja di bidang akustik. Luar biasa kan gan, ane waktu SD dulu aja mungkin gak ngerti akustik itu apa, sementara anak usia SD di sana sudah mengerti dewasa nanti ia ingin bekerja di bidang akustik.
Mengajarkan anak untuk mengerti secara spesifik cita-citanya dinilai efektif untuk mendorong anak untuk belajar dengan kemauannya sendiri, karena mereka mengetahui tujuan spesifik mereka maka mereka mengerti alasan kenapa mereka harus belajar. Analoginya mungkin gini, kalo kita ingin mencapai ke suatu tempat, kita akan mencari tau alat transportasi apa saja yang kita perlukan untuk mencapai tempat tersebut jika kita sudah mengetahui alamat spesifik dari tempat yang kita tuju. Namun sebaliknya kalo kita hanya tau bahwa kita menuju ke suatu tempat tanpa tau alamat spesifik dari tempat tersebut, maka perjalanan kita akan tidak tentu arah.

2. Anak-anak diberikan sarapan dengan gizi yang cukup setiap pagi

Spoiler for japanese breakfast:

Anak-anak di sana selalu diberikan sarapan dengan gizi yang cukup oleh orang tua mereka di pagi hari. Orang tua di district jepang ini membiasakan anak-anak mereka selalu makan sarapan dengan gizi lengkap sebelum berangkat ke sekolah. Mereka tidur lebih awal, kemudian bangun lebih awal lalu menyantap sarapan sebelum berangkat sekolah. Menu sarapan mereka seperti makanan jepang pada umumnya terdiri dari nasi, sayur, protein dan buah. Anak yang diberi sarapan dengan gizi yang cukup di pagi harinya memiliki kemampuan belajar yang lebih baik karena lebih mudah berkonsentrasi. Tapi yang harus di garis bawahi di sini adalah kata "cukup" nya ya gan.

3. Anak-anak diberikan PR sesuai dengan kesukaan mereka

Spoiler for Homework:

Kalo di Indonesia PR diberikan sama untuk seluruh siswa, berbeda dengan anak-anak di district di jepang ini. Para siswa di sana diberikan kebebasan untuk memilih pekerjaan rumah apa yang mereka sukai dan ingin mereka kerjakan. Misalkan anaknya suka menggambar komik, maka PR nya menggambar komik. Kalo anaknya suka matematika, maka PR nya tentang hitung-hitungan. Metode ini dinilai efektif untuk meningkatkan kemauan siswa untuk belajar sendiri di rumah karena mereka mengerjakan apa yang mereka sukai dan mereka inginkan. Menyenangkan sekali ya gan jadi siswa di sana.

4. Guru yang  mengajar di kelas tidak hanya satu

Spoiler for japanese classroom:

Kalo di indonesia, setiap kelas diajar oleh masing-masing satu guru di satu waktu, kalo di sana beda gan, satu kelas di sana bisa diajar oleh 2-3 guru di waktu sama, 1 guru bertugas untuk menjelaskan pelajaran di depan kelas, sementara sisa guru lainnya menyebar untuk memastikan masing-masing anak dapat mengikuti pelajaran yang diberikan di depan kelas. Sehingga setiap anak mendapatkan cukup perhatian dari masing-masing guru dan dapat menanyakan lebih banyak hal yang belum dimengerti.

5. Peran pemerintah daerah

Spoiler for study tour:

Pemerintah daerah di district ini sangat berperan penting dalam menjaga kualitas pendidikan, salah satunya dengan memberikan fasilitas kepada para siswa yang ingin memiliki pengalaman studi banding di negara-negara lain dengan menggunakan dana pemerintah daerah.

Ya itu dia hasil rangkuman ane gan. Untuk agan-agan yang pernah baca fakta lain tentang pendidikan jepang atau bahkan pernah tinggal di jepang dan mengalami sendiri sistem pendidikan di sana, mungkin bisa comment di threat ane ini untuk menambah pengetahuan kita semua. Siapa tau bisa dibaca oleh pemangku kebijakan sehingga kualitas pendidikan di negeri tercinta ini dapat ditingkatkan setara dengan jepang atau melampaui jepang di masa mendatang, karena kesuksesan dan kehancuran sebuah bangsa di masa depan ditentukan dari pendidikan.
Diubah oleh omega3multion
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di