alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Waspada Inilah Gejala Penyakit Scabies Yang Sering Di Abaikan!!!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d510ac8f4d695426f221094/waspada-inilah-gejala-penyakit-scabies-yang-sering-di-abaikan

Waspada Inilah Gejala Penyakit Scabies Yang Sering Di Abaikan!!!

Penyakit scabies atau biasa yang dikenal dengan nama kudis ini merupakan suatu penyakit kulit yaitu akibat dari tungau yang bernama Sarcoptes scabiei. Serangga yang memiliki kaki delapan ini yang berukuran sangat kecil sehingga Anda tidak bisa melihatnya dengan mata yang telanjang. Dari permukaan kulit, tungau ini akan masuk ke lapisan dalam kulit untuk bertelur, hidup, dan makan. Sehingga kondisi ini juga bisa menyebabkan kulit terasa sangat gatal di area yang terinfeksi sebagai reaksi alergi. Pada saat malam hari, rasa gatal ini biasanya akan meningkat. 

Selain itu tungau yang sangat kecil juga bahkan bisa berada di dalam kulit sampai 2bulan. Sehingga penyakit scabies ini dianggap sebagai penyakit yang akan menular yang dapat menyebar dengan secara cepat melalui kontak fisik yang dekat dalam keluarga, play group anak, kelas sekolah, panti jompo, atau di penjara. Sehingga penyakit kulit yang satu ini terdiri atas dua jenis yaitu scabies biasa dan Norwegian scabies atau scabies berkrusta. 

Tubuh baru akan menunjukkan gejala penyakit selama 4-6 minggu setelah paparan awal terhadap tunggau scabies. Namun, jika Anda pernah terkena penyakit ini sebelumnya, gejala yang bisa muncul saja akan lebih cepat, yaitu sekitar 1 hingga 4 hari setelah paparan. 

Berikut ini ada beberapa gejala dari penyakit scabies yang biasa muncul, diantaranya :

1. Gatal 

Gatal ini akan menjadi salah satu gejala yang paling umum yang akan dirasakan jika Anda terkena penyakit scabies. Rasa gatal ini biasanya sangat kuat dan akan semakin parah pada saat malam tiba. Oleh sebab itu, orang dengan kondisi kulit ini biasanya akan mengalami susah tidur karena rasa gatal yang sangat terganggu. 

2. Ruam 

Ruam pada penyakit scabies ini biasanya berupa benjolan yang sering kali membentuk garis seperti terowongan. Sehingga benjolan ini bisa terlihat seperti bekas gigitan kecil yang berwarna merah atau bahkan seperti jerawat. Sebagian orang bahkan akan mengalami ruam dengan bercak bersisik seperti eksim. 

3. Luka 

Orang yang mempunyai penyakit scabies akan terkena luka pada umumnya akan memiliki luka di beberapa bagian tubuhnya. Luka ini biasanya akan terbentuk akibat menggaruk kulit terlalu keras. Sehingga luka ini akan kerap muncul di pagi hari karena tanpa sadar mereka menggaruk kulitnya dengan keras pada saat sedang tidur. Sehingga luka yang dibiarkan tanpa diobati bisa berkembang menjadi infeksi. Sepsis atau infeksi yang akan masuk ke aliran darah yaitu kondisi gawat medis yang akan mengancam jiwa.

4. Kerak Tebal Pada Kulit 

Kerak ini biasanya akan muncul ketika Anda memiliki scabies berkrusta atau Norwegian scabies. Oleh karena itu jumlah tungau yang bisa mencapai ribuan di kulit, rasa gatalnya pun jauh lebih dahsyat dibandingkan dengan jenis biasa. Untuk itu , salah satu tanda umum dari Norwegian scabies. ini yaitu kerak tebal yang tersebar luas di kulit.


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di