alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Ini Cara Menyimpan ASI yang Benar, Agar Terjaga Gizinya untuk Debay
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50f95b337f93421f7574b0/ini-cara-menyimpan-asi-yang-benar-agar-terjaga-gizinya-untuk-debay

Ini Cara Menyimpan ASI yang Benar, Agar Terjaga Gizinya untuk Debay

Ini Cara Menyimpan ASI yang Benar, Agar Terjaga Gizinya untuk Debay


Haloo moms!
Tahu nggak 1 - 7 Agustus kemarin itu Pekan ASI loh!
dan disini aku mau sharing cara menyimpan ASI biar gizi yang sampai ke debay tetap terjaga.

Sebagai orangtua, Moms perlu tahu bahwa kandungan gizi yang terdapat dalam ASI cukup sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Bila salah menyimpan ASI perah, kandungan gizinya dapat berkurang. Akibatnya, bayi tidak mendapatkan manfaat maksimal dari ASI. Untuk menjaga ASI awet, ketahui terlebih dahulu cara tepat untuk menyimpannya. 


Menjaga kebersihan

Sehari-hari, Moms menggunakan tangan untuk melakukan berbagai hal, mulai dari makan, bekerja, hingga membersihkan rumah. Karenanya, tangan Moms dapat menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang berasal dari benda yang Moms sentuh. Untuk itu, sebelum memerah ASI, pastikan tangan Moms bersih dan sudah mencuci tangan hingga sela-sela kuku dengan sabun pencuci tangan. Pastikan juga sabun yang Moms gunakan terbilas hingga bersih di bawah air yang mengalir.

Selain kebersihan tangan, Moms juga perlu menjaga agar botol tempat menyimpan ASI dan pompa ASI selalu steril dari kuman. Untuk melakukan sterilisasi, cucilah botol dan pompa ASI dengan sabun pencuci piring. Kemudian, rebus botol dan pompa dalam air mendidih selama 5-10 menit. Sebagai alternatif, Moms juga bisa menggunakan alat sterilisasi elektrik yang banyak dijual di pasaran. 

Memilih botol untuk ASI perah

Untuk menyimpan ASI perah, botol plastik atau kantung ASI plastik justru lebih baik dibandingkan dengan botol kaca. Alasannya, botol kaca mudah retak sehingga membuat ASI terpapar dengan udara dari luar wadah penyimpanan.

Jangan sembarang memilih botol plastik. Pilihlah botol plastik yang mencantumkan logo BPA free. BPA merupakan zat kimia yang umum digunakan untuk membuat wadah bahan makanan. Namun, wadah makanan dengan BPA yang dipanaskan juga dapat saja menyebabkan terlepasnya sejumlah zat kimia ke dalam makanan yang disimpan di dalamnya. Agar ASI tidak terkontaminasi zat kimia berbahaya, telitilah sebelum membeli botol untuk wadah ASI perah.

Untuk memberikan perlindungan ganda, masukkan botol ke dalam kotak kemasan lain sebelum memasukannya ke dalam kulkas. Cara ini dapat mencegah kebocoran ASI yang membuatnya terkontaminasi oleh udara.

Prinsip waktu penyimpanan ASI

ASI yang sudah dimasukkan ke dalam wadah steril dapat disimpan untuk beberapa jam hingga beberapa bulan. Durasi penyimpanannya sendiri tergantung pada suhunya. Dalam suhu ruangan atau sekitar 25 derajat Celcius, ASI perah tahan disimpan hingga 6 jam sebelum kandungan gizinya berubah. Lebih dari jangka waktu tersebut, ASI sudah tidak baik untuk dikonsumsi oleh bayi. Saat disimpan dalam kotak pendingin dengan tambahan kantung es, ASI perahtahan hingga 24 jam. Jika Moms menyimpan ASI perah di kulkas dengan suhu setidaknya 4 derajat Celsius, ASI tahan disimpan sampai 5 hari. Bila Moms menempatkannya di freezer dengan suhu -18 derajat Celsius atau lebih rendah, ASI dapat bertahan sampai 6 bulan. Baca selengkapnya disini


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di