alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Sejarah Naga Sejak Awal Dikenal di Dunia, Apakah Benar Hanya Mitos?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50f7622f568d22c36de7bf/sejarah-naga-sejak-awal-dikenal-di-dunia-apakah-benar-hanya-mitos

Sejarah Naga Sejak Awal Dikenal di Dunia, Apakah Benar Hanya Mitos?

Sejarah Naga Sejak Awal Dikenal di Dunia, Apakah Benar Hanya Mitos?
Kenapa bisa ada? Kenapa kisah itu bisa tersebar?

Awalnya makhluk ini digambarkan oleh masyarakat Yunani dan Sumeria kuno dalam bentuk ular terbang yang besar. Kata "dragon" yang berasal dari Bahasa Yunani "draconta" yang berarti "untuk mengawasi. Mereka awalnya digambarkan sebagai makhluk yang menjaga sesuatu yang dianggap sangat berharga, seperti tumpukan harta karun, benda pusaka atau bahkan orang penting seperti putri raja. Orang zaman dahulu sangat mendambakan adanya sosok makhluk penjaga seperti ini.

Penampakan ular naga sering kali terjadi diberbagai tempat di bumi, baik didalam maupun dilaur negeri. Biasanya penampakan ini diabadikan lewat gambar dan pada umumnya atau kebanyakan penampakan muncul dilangit diantara awan atau menyerupai awan bersisik atau juga di lautan.

Naga adalah sebutan terhadap seekor reptil (wujud ular raksasa) yang selama ini dikenal secara umum sebagai makhluk mitologi yang muncul dalam berbagai kebudayaan diberbagai negara, seperti China, Indonesia, India atau di beberapa negara lain.

Ular Naga digambarkan sebagai seekor ular raksasa bertanduk, berkaki empat dan di kepalanya terdapat sebuah mahkota. Ia juga mempunyai sayap yang bisa membawa dirinya terbang ke angkasa dan menyusuri seluruh alam, karena itu ular ini bisa menampakkan diri dimanpun diberbagai belahan dunia baik di langit (awan), laut, sungai atau di daratan.

Selain itu naga juga diyakini sebagai raja dari segala ular di bumi, makhluk yang dipercaya memiliki kekuatan superior dan mempunyai kesakstian super dahsyat itu mampu mengeluarkan semburan lidah api mematikan untuk menghabiskan lawan-lawannya.

Siapa yang menciptakan naga masih menjadi perdebatan hingga saat ini
Kenapa sih naga menjaga hal penting? Toh mereka gak butuh harta untuk bertahan hidup. Inilah yang menjadi perdebatan tentang "penciptaan" naga. Ada pihak yang beranggapan bahwa mereka memang diciptakan dewa-dewi agar manusia gak mudah mendapatkan sesuatu yang bernilai, ada yang bilang naga diciptakan dari hasil ilmu hitam seseorang dan ada juga yang beranggapan bahwa naga adalah perwujudan setan/iblis yang merupakan musuh kaum beragama.

Itulah pendapat dari mereka yang menyatakan bahwa naga harus dibasmi. Sedangkan ada juga pihak lain yang mengatakan bahwa naga diciptakan untuk hidup bersama dengan manusia, melengkapi keseharian termasuk menjaga dan mengawasi sesuatu, sebagai balas budi dirawat oleh kelompok manusia tersebut.

Ahli cerita rakyat, Carol Rose, membahas dalam bukunya yang berjudul "Giants, Monsters & Dragons: An Encyclopedia of Folklore, Legend and Myth". Naga di India memiliki kepala menyerupai gajah, di Timur Tengah merupakan gabungan singa dan burung, di Eropa menyerupai ular bersayap dan berkaki, di beberapa daerah digambarkan memiliki banyak kepala.

Ada yang bisa berbicara, ada yang bisa menyemburkan api, ada yang kecil tapi ada yang besarnya sampai beberapa kilometer dan masih banyak lagi. Semua tergantung daerahnya masing-masing, sebagai bentuk perkembangan dari wujud awalnya yang seperti chameleon.

Bagaimana naga bisa berbeda-beda tiap tempat? Ternyata karena itu tergantung persepsi masyarakat daerah tersebut tentang naga.


Mereka yang menganggap naga bisa menyemburkan api, ternyata mereka yang percaya bahwa naga adalah perwujudan iblis, di mana api menggambarkan neraka. Ahli fauna Karl Shuker mendeskripsikan persepsi ini dalam bukunya "Dragons: A Natural History". Wujud naga itu tergantung pada budaya masing-masing daerah dan bagaimana anggapan mereka tentang naga, apakah itu makhluk yang baik ataukah buruk.


Source Fb: Ddhan M
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:



Quote:

emoticon-Big Grin seperti hantu atau makhluk ghaib, tergantung bidaya masing-masing (?) misal di Eropa ada vampir tapi tak ada pocong, di Indonesia ada pocong tapi tak ada vampir dsb

oh ya agan TS mungkin bisa langsung cantumin link sumber tulisannya emoticon-Ngacir2
Perbedaannya, di Eropa (barat) naga adalah sosok jahat karena perwujudan dari iblis dan asia terutama asia timur naga adalah mahkluk agung semacam dewa
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
kalo bau naga artinya apa tuh?
profile-picture
stygiant memberi reputasi
Quote:


Btw bedanya juga naga dari wilayah Asia Timur cenderung berbentuk ular beda dengan naga di Eropa


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di