alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa konten edukasi kurang populer?
4.89 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50f512337f932e9b51e170/kenapa-konten-edukasi-kurang-populer

Kenapa konten edukasi kurang populer?


Kenapa konten edukasi kurang populer?

Pendidikan adalah sesuatu yang penting. Pendidikan anak sejak usia dini akan membantu sang anak dalam kehidupannya kelak. Bukan hanya pada anak tapi pendidikan itu penting bagi seluruh manusia.

Namun nyatanya, berpacu pada konten konten populer di internet, konten yang berbau edukasi kurang diminati atau peminatnya sedikit dibandingkan konten konten yang (jujur saja) tidak penting.

Coba saja lihat youtube, coba bandingkan video yang isinya seorang bayi makan bakso dengan video yang mengandung info info penting. Mayoritas video pendidikan memiliki jumlah view yang lebih sedikit dibandingkan video video unfaedah tersebut.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENDIDIKAN MASIH TERGOLONG RENDAH

Alasan ini bisa dibilang hal paling penting. Bagaimana bisa seseorang memiliki minat untuk mencari tahu lebih jauh jika dia menganggap hal hal seperti itu tidak penting.

Jika seseorang merasa pengetahuan itu tidak penting maka untuk apa menghabiskan waktu dan kuota untuk itu? Lebih baik menghabiskannya untuk konten 18+ yang dapat memberikan kepuasan sesaat.

MERASA MAHATAU

Ini adalah sebuah penyakit yang mematikan, merasa bahwa kita mengetahui segalanya sehingga enggan untuk menghabiskan waktu pada sesuatu yang dapat merusak harga diri kita.

Orang orang seperti ini biasanya akan memikirkan segala sesuatu yang tidak mereka ketahui sendirian dan menganggap pemikiran mereka benar tanpa perlu melihat kebenarannya.

MEMANG SUDAH TAU

Kalo yang ini memang tipe orang yang cerdas beneran. Yang namanya sebuah pengetahuan itu jika sudah lengket maka tidak perlu di lihat lagi. Berbeda dengan hiburan yang bisa dilihat kapanpun jika merasa bosan.

Cobalah ambil contoh seperti video video lucu atau video musik. Wajar saja jika menontonnya berulang kali. Tapi wajarkah jika menonton video edukasi berulang kali jika kita sudah hafal isinya?

KONTEN EDUKASI TIDAK BEGITU BANYAK DAN CUKUP SULIT DIBUAT

Lihatlah kenyataan, penyedia konten edukasi membutuhkan dana. Untuk apa susah payah membuat konten edukasi tapi tidak ada yang melihat?

Karna tidak adanya income yang memadai maka para kreator mulai beralih haluan dengan membuat konten konten yang digemari masyarakat dan jadilah seperti sekarang.

KENYATAANNYA KONTEN EDUKASI MEMANG TIDAK MENARIK

Sad but truth.

Ngaku ayo, siapa yang sering ngantuk pas di sekolah?

Konten pendidikan di indonesia memang masih belum bisa menarik masyarakat agar tertarik dalam menontonnya karna cara penyampaiannya yang rumit dan yang namanya pengetahuan butuh dasar pengetahuan yang cukup.

Akibatnya masyarakat cenderung memilih tontonan yang sesuai dengan level mereka yakni tontonan tontonan *****

***

Pada akhirnya yang paling penting adalah edukasi sejak dini. Ajarkanlah anak anda (kalau punya) untuk rajin membaca dan jauhkan dia dari segala kebusukan yang ada di dunia maya dan mari kita support kreator konten edukasi untuk terus berkarya.

Sekian dari saya mari bertemu di thrad saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonwongndeso dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8


Quote:


bner gan, kita itu cari konten buat menghibur diri, bukan untuk belajar wkwk. ya mungkin benar klo saat tertentu aja baru buka konten edukasi
emoticon-Toast
karan gimicknya dikit dan gak ada ahsyapp dan saya pamit
Karna masyarakat Indonesia lebih suka konten yg pamer pamer kekayaan, baku hantam, prank gk jelas
profile-picture
baraxas memberi reputasi
Konten edukasi emg kurang laku gan

Untuk cewek2 konten yg paling dicari di youtube adalah konten2 drama2, kehidupan artis2 atau musik2 aja


Sedangkan untuk yg cowok2 paling2 konten toutube yg dicari ga jauh2 dari olahraga yg diputer berulang kali


Dan juga rasa keingintahuan akan ilmu pengetahuan masih sangat rendah untuk org indonesia
Mungkin pembuat kontennya harus lebih kreatif lg dlm
Membuat konten pendidikan
Balasan post ih.sul
Quote:


klo dipikir mesin overheat klo ga melamban pasti ada yg system down atau ga berfungsi, nah karena otak ngebul jadi kebiasaan lupa nafas, makanya kan pas mau nguap klo dilawan ya pake narik nafas dalam-dalam emoticon-Big Grin
konten kurang menarik penyajiannya
Mantap gab
Konten yang ramai itu biasanya yang guyon-guyon, prank, dan lainnya. Jadi bisa disimak dengan baik untuk para penghobi edukasi. Nantinya bisa manfaat dan menambah wawasan.
Hp sudah kena stigma "Buat main-main aja" padahal banyak sekali yang kita dapat dari hp
Quote:


Yg terbaik saja gan emoticon-Traveller
bener nih gan. kontek yang mendidik emang sulit dibikin, udah dibikin juga peminatnya ga sebanyak konten konten yang kurang mendidik huhu jd terkesan sia sia ya
kyk gak tau warga +62 aja gan wkwkwkw
Quote:


Wkwkwk kalo formula kan pasti ya gan, cuma ya pengemasan dan penyampaiannya ngga sih yang susah? Hehe. Ini masih pandangan pribadi sih, cmiiw
Quote:


orang orang juga rata rata ketika main di dunia maya maunya nyari hiburan ya gan... bukan pendidikan... karena dirasanya kalo pendidikan ya lewat sekolah... bukan dunia maya....begitu kah gan


Quote:

Mungkin sih gan... Karena merasa metodenya itu itu lagi, dan mungkin juga udah mindset kalau edukasi tuh pasti butuh berpikir keras gitu, kan pasti juga banyak yang mager kalau gitu hehe
profile-picture
anwarabdulrojak memberi reputasi


Quote:

Sesuai dengan kata kata TS "sad but true" kalau nyantai mikirnya belajar kan udah di sekolah, padahal waktu di sekolah juga setengah setengah menyerap pelajarannya
Quote:


Bukan karna kurang oksigen tah?
Lihat 1 balasan
gan mengantuk itu karena kurang tidur tetapi klo menguap itu karena otaknya panas gan makanya kan orang yg nguap biasanya itu buang atau tarik nafasnya lebih banyak dari biasanya untuk pendinginan kepala emoticon-I Love Kaskus
ente jelasin lah
hehe ...emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di