alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Beberapa Cara Menstimulus Anak Agar Cerdas
4.67 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50937282d4957fdb1349e8/beberapa-cara-menstimulus-anak-agar-cerdas

Beberapa Cara Menstimulus Anak Agar Cerdas

Beberapa Cara Menstimulus Anak Agar Cerdas



ilustrasi dari feed merdeka.com

Quote:


Kecerdasan itu anugerah dari Tuhan, yang ini tidak bisa diganggu gugat.


Beberapa Cara Menstimulus Anak Agar Cerdas

Selain itu Tuhan juga memberikan jalan untuk mengasah kecerdasan.
Asal tahu bagimana caranya untuk menstimulasi atau mendorong atau merangsang dengan kegiatan yang cocok untuk kecerdasaan mana yang ingin dikuasai.

Beberapa kemampuan ini dapat dikuasai dengan latihan, belajar terus menerus atau melakukan kegiatan tepat yang bisa merangsang peningkatan kecerdasan.




Woke, beberapa aktivitas yang mampu merangsang timbulnya kecerdasan yaitu :


1. Kemampuan Menguasai Kata

Kemampuan ini akan mendorong mereka mempunyai kebiasaan positif. Seperti suka membaca, suka menulis, suka berbicara bahkan menyukai aneka dongeng dan cerita. Semua kegiatan ini akan membuatnya memiliki kemampuan menguasai kata dan pembendaharaan kata yang sangat kaya.

Aktivitas yang bisa mendorong untuk menguasai kemampuan itu antara lain adalah mempelajari kartu berisi alfabet, kata, atau kalimat. Melakukan kegiatan membaca bersama, menyuburkan kegiatan dongeng mendongeng, bahkan melakukan latihan drama, di mana saling berdialog dengan berlatih peran yang sederhana.


2. Kemampuan Menguasai Angka

Ketertarikan kepada angka akan mendorong untuk menguasai kemampuan berhitung, matematika, ilmu pasti atau sains. Kemampuan berpikir analisis, dan berlogika.

Aktivitas yang bisa dilakukan dengan melakukan permainan sederhana, seperti bermain ular tangga, bermain teka-teki, bermain puzzle. Bermain dengan menggunakan timbangan. Yang lebih lengkap bermain monopoli. Bermain komputer, bermain kalkukator. Jangan lupa diajak mengunjungi museum ilmu pengetahuan. Mendorong mereka untuk menyukai ilmu fisika. Ilmu kimia dan lain-lain.


3. Kemampuan Menguasai Diri Sendiri dan Percaya Diri

Mempunyai rasa percayaan diri yang kuat yang dibangun sedini mungkin. Sehingga cita-cita masa depan sudah dipupuknya dari awal. Kecenderungan bermain sendiri, untuk mengeksplor bakat dan dan mampu mengungkapkan perasaan dengan baik.

Aktivitas yang cocok untuk mendorong penguasaan ini, antara lain bermain boneka, bermain mobil-mobilan. Latih untuk belajar mengungkapkan perasaannya, berolah raga ringan, belajar rileksasi. Melakukan permainan tunggal, seperti bermain gasing, yoyo, layang-layang, sehingga anak terlatih untuk menguasai dan memahami kemampuan dirinya.

4. Kemampuan Menguasai Lingkungan Sekitar

Belajar beradaptasi dengan alam. Berinteraksi dengan binatang, tumbuh-tumbuhan serta lingkungan atau alam sekitar.

Aktivitas yang mampu mendorong kemampuan ini antara lain, diajarkan memelihara hewan, bercocok tanam, berkebun, bermain di alam bebas. Diajarkan untuk mengetahui perbedaan musim. Belajar mempergunakan alat pengindera jarak jauh seperti teropong yang berguna untuk mempelajari benda-benda langit. Berwisata ke Boscha, ke planetarium, wisata ke gunung, ke pantai.
Sehingga sedini mungkin anak sudah memahami semua bagian lingkungan tempat ia tinggal.

5. Kemampuan Mengelola Manusia

Kemampuan ini penting dikuasai karena anak adalah bagian dari lingkungannya. Hubungan antara manusia sebagi makhluk sosial. Bermain dengan teman-temannya. Berinteraksi sehingga akan tumbuh perasaan empati, simpati, menjaga ego diri, dan memahami perasaan orang lain.

Aktivitas yang dapat dilakukan adalah bermain di luar bersama, bermain games bersama, bermain peran dalam permainan boneka atau permainan peran polisi vs penjahat. Bermain perang-perangan.


6. Kemampuan Mempergunakan Tubuhnya


Menguasai dan mempergunakan semua bagian tubuhnya, untuk melakukan aneka kegiatan, berolah raga, menciptakan mainan, dengan cara menggunting, memotong, menari.

Aktivitas yang cocok untuk membangkitan kemampuan ini, antara lain bermain lompat tali, berlatih dance atau menari, membuat mainan sederhana, berolah raga bersama, membuat prakarya, menonton sirkus, menonton pertandingan olah raga. Menonton pertunjukan seni, balet, pertunjukan hip hop, menonton pertandingan olahbraga beladiri.

7. Kemampuan Menguasai Gambar

Ketertarikan untuk menyukai seni. Melukis, Menggambar, mampu menvgunakan imajinasi dengan baik.

Aktivitas untuk mendorong kemampuan ini antara lain adalah belajar melukis, belajar mewarnai, belajar menggunakan kamera. Menonton pameran lukisan dan foto. Menonton film, menonton pertunjukan seni, mengecat pagar, bermain lilin warna.



8. Kemampuan Menguasai Musik


Mempunyai ketertarikan kepada musik. Belajar memainkan musik, menyanyi, mendengarkan musik, mengingat lagu.

Aktivitas yang cocok untuk menstimulus kemampuan musik ini antara lain bernyanyi bersama seperti karaoke keluarga, bermain musik bersama, menonton konser musik.

Dari semua aktivitas ini. Akan mudah diketahui bakat atau passion anak. Mana saja yang menjadi perhatian dan minatnya. Orang tua tinggal mengarahkan dan memberi ruang luas untuk pengembangan bakat dan kecerdasaanya.

Baik melalui latihan khusus, mengikuti kursus, atau mendorong untuk mengikuti berbagai lomba bakat.


Kecerdasan itu bakat alami sebagai anugerah terbaik dari Tuhan, namun kecerdasan itu juga bisa diciptakan dengan latihan dan pengembangan diri sedini mungkin.
Tidak menutup kemungkinan generasi-generasi cerdas akan lahir di masa datang.


Selamat pagi.

Jagat Alit.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
alifrian. dan 17 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
di sini ya, biar cerdas
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
Semoga bisa Pak De
Quote:


Yang mau jadi ibu, yang punya anak balita, para guru, para pendidik, yuk dikepoin dan kalau cocok dipraktekin. Semoga dan insaAllah. Amin
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan erina79purba memberi reputasi
Quote:


Iya Pak De, semoga bisa aku praktikin
Wah keren Pak Dhe, intinya tidak memaksa anak
Iyah masih belajar ni pak dhe
Quote:


Quote:


Jangan memaksa. Sip.
Quote:


Semoga lancar. Amin
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Pas istri hamil, kasih makan ikan salmon tapi jangan banyak2 ganemoticon-Cool
Orang jepang pintar2 tuh makanin ikan tapi ikan disini ga fresh, pake formalin dllemoticon-Cape d...
profile-picture
priamuda69 memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Quote:


Intinya kudu diasah ya pakde
Asiik, ada yang ngisi di forum edu. Sundulin aah biar HT, info penting gini kudu di-upemoticon-Ultah
profile-picture
priamuda69 memberi reputasi
Diubah oleh evywahyuni
mantap gan, bisa d coba nihemoticon-2 Jempol
Quote:


Kurang fresh. Nggak joss
Quote:


Monggo jika cocok
Lihat 1 balasan
Quote:


Emang jarang to, Bunda?
Aku ada draf yang lain juga neh
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
Balasan post ndutsetiawan
Quote:


kayanya sih cocok semua buat garis besarnya, cuma tinggal detail"nya aja ane modif dengan cara ane sendiriemoticon-Leh Uga
Bermanfaat... 👍👍👍
Quote:

Jarang yang ngisi soal gini. Aku tunggu trit di edu selanjutnya ya, Pakdeemoticon-Shakehand2
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Monggo silahkan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di