alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Ini Dia 14 Nama Wilayah Baru di Permukaan Pluto
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4fbaef88b3cb159a5aa46b/ini-dia-14-nama-wilayah-baru-di-permukaan-pluto

Ini Dia 14 Nama Wilayah Baru di Permukaan Pluto

Ini Dia 14 Nama Wilayah Baru di Permukaan Pluto

Nama fitur baru di permukaan Pluto ditunjukan dengan huruf berwarna kuning

International Astronomical Union


International Astronomical Union (IAU), sebuah organisasi yang berperan sebagai otoritas yang diakui secara internasional untuk penamaan benda dan fitur permukaan benda langit, secara resmi telah menyetujui 14 nama fitur baru di permukaan Pluto. 14 nama fitur baru ini adalah Alcyonia Lacus, Elcano Montes, Hunahpu Valles, Khare, Kiladze, Lowell Regio, Mwindo Fossae, Piccard Mons, Pigafetta Montes, Piri Rupes, Simonelli, Wright Mons, Vega Terra, dan Venera Terra. Nama-nama baru ini diusulkan oleh tim New Horizons NASA, yang telah berhasil mengirim wahana luar angkasa pertama yang sampai ke Pluto pada tahun 2015.

14 nama fitur terbaru Pluto ini berasal dari nama perintis misi luar angkasa, ilmuwan, penjelajah, misi luar angkasa dan berdasarkan mitologi. Berikut adalah penjelasan dari nama-nama fitur terbaru Pluto:

- Alcyonia Lacus (danau Alcyonia) diambil dari nama danau di Yunani. Nama ini juga diambil dari Alcyonian, sebuah pintu masuk ke dunia bawah di mitologi Yunani.

- Elcano Montes (pegunungan Elcano) diambil dari nama Juan Sebastián Elcano, penjelajah asal Spanyol yang berhasil keliling dunia pada tahun 1522.

- Hunahpu Valles (ngarai Hunahpu) diambil dari nama pahlawan dimitologi Maya yang berhasil mengalahkan para penguasa dunia bawah.

- Kawah Khare diambil dari nama Bishun Khare (1933-2013). Bishun Khare sendiri adalah seorang ahli kimia yang meneliti unsur-unsur di atmosfer planet.

- Kawah Kiladze diambil dari nama Rolan Kiladze (1931-2010). Rolan Kiladze adalah seorang astronom asal Georgia, sekaligus perintis dibidang astrometri dan fotometri.

- Lowell Regio diambil dari nama  Percival Lowell (1855-1916), seorang astronom Amerika yang mendirikan Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona, dan memimpin sebuah usaha yang berpuncak pada ditemukannya Pluto.

- Mwindo Fossae diambil dari nama pahlawan disebuah kisah lisan yang biasa diceritakan oleh Nyanga, orang-orang dari Kongo. Dikisah ini, Mwindo adalah seorang raja bijaksana dan kuat yang pergi ke dunia bawah.

- Piccard Mons (gunung Piccard) diambil dari nama Auguste Piccard (1884-1962), seorang penjelajah dan ahli fisika yang terkenal karena penerbangannya menggunakan balon ke lapisan stratosfer.

- Pigafetta Montes (pegunungan Pigafetta) diambil dari nama Antonio Pigafetta (1491-1534), seorang penjelajah asal Italia.

- Piri Rupes (tebing Piri) diambil dari nama Ahmed Muhiddin Piri (1470-1553), seorang navigator dan kartografer Ottoman yang dikenal karena peta dunianya.

- Kawah Simonelli diambil dari nama Damon Simonelli (1959-2004), seorang astronom yang melakukan penelitian tentang proses terbentuknya Pluto.

- Wright Mons (gunung Wright) diambil dari nama Wright Bersaudara. Wright Bersaudara adalah dua orang kakak beradik, yang terdiri dari Orville Wright dan Wilbur Wright, yang berhasil merancang dan menerbangkan pesawat terbang pertama di dunia.

- Vega Terra (daratan Vega) yang diambil dari nama wahana luar angkasa Vega 1 dan 2 milik Uni Soviet. Wahana ini menjadi wahana pertama yang mengorbit Venus dan komet Halley.

- Venera Terra (daratan Venera) diambil dari nama misi Venera Uni Soviet pada tahun 1961. Wahana Venera digunakan untuk meneliti dan memotret permukaan Venus. Wahana ini adalah perangkat buatan manusia pertama yang berhasil memasuki atmosfer planet lain, mendarat di planet lain, dan mengambil gambar permukaan di planet lain.

New Horizons adalah wahana luar angkasa yang dibangun dan dioperasikan di Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins di Laurel, Maryland. Wahana ini telah berada di jarak sekitar 6,6 miliar kilometer dari Bumi. Sampai saat ini wahana ini masih mentransmisikan data emoticon-Smilie

Sumber:
International Astronomical Union (IAU) - https://www.iau.org/news/announcemen...tail/ann19052/

Physics On The Sky

Line: @ROT9595H
Instagram: physicsonthesky
Kaskus: physicsonthesky
Facebook: Physics On The Sky


emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Jempol emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.croovooc dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh physicsonthesky
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
udah ada pak rtnya belum? daftar kuy...
Quote:


Kalau buat web masih dipikir-pikir dulu oleh admin ya😊
profile-picture
Werewolfvez memberi reputasi
Kavling2 in dulu ajah bre ,terutama buat sobat gurun pemilik kavling surga ,kuy emoticon-Takut

bata only
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vasbungaku1985 dan 6 lainnya memberi reputasi
jawabnya ada di ujung langit.
ternyata ini maksud son go ku
jauh ya akhiemoticon-Maaf Agan
Wah, udh d kapling
terus planet lain wilayahnya sudah diberi nama belum gan? misalnya wilayah planet namec emoticon-Wakaka
mungkin bisa dijaddiin tempat tinggal 🐨
Ane berharap suatu saat nanti olimpiade musim panas bisak diadain di Pluto... Tar Ane ikutang cabang olahraga Pou atau Ludo King...
emoticon-Cool
Wkwkwk dunia hayal dengan nama2 orang barat
anjrit manipulatif sekali kawan kuhhh emoticon-Hammer2
org luar udah sampe pluto, org lokalan masi sibuk ama tapir2in org emoticon-Cape d...
lagi dilirik bgt nih pluto, saturnus ape kabar oyy? emoticon-EEK!
aje gile bumi ke mars aja waktu tempuhnya 2 tahun apalagi bumi ke pluto ya bray emoticon-Takut
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
Quote:


Saturnus masih tetap diamati dengan menggunakan wahana Juno emoticon-Smilie

Physics On The Sky
profile-picture
Cekukuku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah ternyata pluto masih terus dipantau ya... Sampai dikasih nama wilayahnya lho... Tapi ada yang main main kesana emang? Hehehe
emoticon-Matabelo
Pluto...
Kecil emoticon-Angkat Beer

Spoiler for Jakartanya Di Rumah:
Diubah oleh vertuil
Nice shere gan
udh ke ujung aja, tetangga udh beres semua emang?emoticon-Bingung
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di