alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kekayaan Laut Indonesiaku
4.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4f039fc0cad723ea0e8063/kekayaan-laut-indonesiaku

Kekayaan Laut Indonesiaku

Kekayaan Laut Indonesiaku

Mendengar kata "Indonesia", yang terlintas di pikiranku adalah rasa bangga sebab keindahan alamnya yang unik dengan segala biodiversitas di dalamnya, keeksotisan pesona diri warganya yang dipuji oleh bangsa asing hingga rempah - rempahnya yang kaya hingga menyita perhatian dunia. Negeri cantik ini adalah Negeriku, tanah kelahiran yang menghidupiku dengan segenap kekayaan alamnya.

Negara kepulauan yang memiliki perairan luas dan membentang dari Barat ke Timur ini menyimpan kekayaan laut yang luar biasa. Jenis terumbu karang, serta hewan laut yang bervariasi menjadikan Indonesia menjadi lahan subur untuk wisata bawah laut. Tak heran jika banyak turis asing yang rela berkunjung jauh - jauh ke Indonesia untuk menyelami perairan nusantara. Berikut ini adalah jenis biota laut yang ikonik sekaligus dilindungi di perairan Indonesia:

1. Dugong (Dugong dugong)



Dugong dijuluki sebagai sapi laut. Berperawakan mini seukuran tubuh anjing laut dan bentuk kepala yang mirip - mirip dengan ikan paus. Makanan dugong adalah lamun yang merupakan biota laut berukuran kecil.

2. Ikan hiu paus (Rhincodon typus)



Ikan hiu paus memiliki ciri khas berupa motif polkadot di tubuhnya, perawakan persis dengan hiu namun berukuran lebih besar dan mampu mencapai berat hingga 8 ton.

3. Ikan pari manta (Manta sp.)



Pari manta merupakan salah satu jenis ikan yang dilindungi di Indonesia akibat keberadaannya yang kian jarang ditemui. Berbentuk unik seperti memiliki sayap, ikan Manta Rays ini dikaruniai kelebihan berupa sengatan listrik untuk pertahanan dirinya.

4. Ikan pari gergaji (Pristis sp.)



Pari gergaji masih satu genus dengan Pari manta namun yang membedakan keduanya adalah bentuk fisiknya yang amat jelas dimana mulut bagian depan dari biota laut tersebut berbentuk seperti gergaji. Kokoh dan bergerigi di sisi kanan kirinya. Keberadaan Pari gergaji jauh lebih sedikit dibandingkan Manta Rays.

5. Kima (Hippopus sp.)



Kima adalah jenis kerang berukuran raksasa yang dilindungi diseluruh perairan dunia. Spesies ini masuk ke dalam kelas Bivalvia, yaitu hewan yang dilengkapi dengan lapisan keras di luar tubuh aslinya yang lunak. Akibat ukurannya yang besar tersebut, Kima sering diburu oleh seafood lovers namun hati -hati ya untuk para pecinta makanan laut! Kalian bisa terkena hukuman apabila ketahuan menangkap Kima untuk dikonsumsi.

6. Lumba-lumba



Hewan lucu yang sudah tidak asing lagi bagi kita ini ternyata termasuk ke dalam salah satu spesies yang dilindungi di Indonesia. Lumba - lumba mengalami penyusutan jumlah populasi karena binatang ini adalah makanan bagi predator ganas di lautan bebas, belum lagi lumba - lumba kerap diburu oleh segelintir orang tak bertanggungjawab untuk dijadikan peliharaan illegal. Masuk ke dalam jajaran ikan besar di kelas Mammalia menjadikan lumba - lumba spesies yang unik di lautan. Mereka berkembang biak dengan melahirkan dan mampu menyusui.

7. Paus (Cetacean sp.)



Paus merupakan ikan besar di perairan lepas yang biasanya hidup berkelompok layaknya lumba - lumba. Beberapa tahun yang lalu kerap di temui ikan paus yang terdampar di pantai - pantai Indonesia hingga mati. Banyaknya fenomena terdampar paus ini menandakan populasinya yang menurun karena pada umumnya paus yang berenang secara bergerombolan dengan grupnya bisa menghalau ombak samudera menggunakan formasi berenang tertentu sehingga mengurangi terjadinya peristiwa terdampar.

8. Penyu (Testudinata sp).



Biota laut yang mirip dengan kura - kura ini telah banyak dilestarikan di penangkaran - penangkaran buatan manusia. Frekuensi perkimpoian alami yang jarang serta perburuan daging penyu besar - besaran membuat ini menjadi hewan langka yang sudah seharusnya dilindungi. Faktor lain yang membuat spesies tersebut hampir punah adalah angka penetasan dari telur penyu yang rendah karena telur penyu amat sensitif terhadap suhu.

Sumber referensi : kompas.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kebanggaam netijen
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
wah surga bawah laut emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan adnanami memberi reputasi
mantul pak
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Surga yg Basah emoticon-Cool
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Surga yg mana itu bre? emoticon-Ngakak
Quote:


Kepoo nih yee emoticon-Ngakak
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Wew, kekayaan bawah laut emoticon-Betty
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Quote:


Panggil aku nona wahai pablo hahaha, ya terang aja basah kan lautan isinya air emoticon-Big Grin
Quote:


Iyes mbak Yeni emoticon-Recommended Seller
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Oke nona noni emoticon-Hammer2
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Quote:


Itu yang nmr 1 ama nmr 5 ane baru denger emoticon-Bingung
ada ikan kimak
emoticon-Cool
Quote:


Bukan ikan itu gan, tp kerang raksasa
Quote:


Baru tw Dugong itu sapi laut🤗🙈
Quote:


Hehehe ya bun


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di