alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Bocor Halus, Kebiasaan Kecil Penyebab Kacaunya Keuangan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e9fc9018e0d04dd4e291c/mengenal-bocor-halus-kebiasaan-kecil-penyebab-kacaunya-keuangan

Mengenal Bocor Halus, Kebiasaan Kecil Penyebab Kacaunya Keuangan

Mengenal Bocor Halus, Kebiasaan Kecil Penyebab Kacaunya Keuangan
Mengenal Bocor Halus, Kebiasaan Kecil Penyebab Kacaunya Keuangan

Pernah ga sih kalian ngerasa kalau uang kalian tiba-tiba abis atau ngerasa kalau gaji kalian ga tau ilang kemana? Kalau kalian pernah ngerasain hal tersebut maka kemungkinan kalian mengalami yang namanya bocor halus.

Simpelnya bocor halus ya kaya namanya. Keuangan kalian bocor tapi kalian ga sadar karena bocornya ga gede jadi ga terasa sama kalian. Tapi, walaupun ga terasa ternyata bocor halus bisa bikin keuangan kalian berantakan dan jadinya malah ga bisa nabung sama sekali.

Nah, pada thread kali ini ane bakalan ngasi informasi ke kalian kenapa kalian bisa kena bocor halus dan bagaimana cara mengatasi atau minimal mengurangi bocor halus ini.

Penyebab
Mengenal Bocor Halus, Kebiasaan Kecil Penyebab Kacaunya Keuangan

Penyebab bocor halus cuma satu, yaitu diri kalian sendiri. Kalau kalian bisa mengontrol diri kalian sendiri maka ga bakalan ada yang namanya bocor halus di keuangan kalian. Contohnya, kalau kalian lagi jalan ke mall dan ngeliat barang yang lucu atau diskon dan kalian beli padahal ga butuh-butuh amat itu yang namanya bocor halus. Rencana keuangan kalian berantakan untuk barang yang ga kalian butuhkan.

Ada lagi contohnya, kalian kalau jalan-jalan sama temen-temen kalian dan ngeliat ada makanan yang unik dan beli makanan itu padahal kalian ga laper maka udah terjadi lagi yang namanya bocor halus.

Nah, dari dua contoh diatas udah bisa nyimpulin kan apa penyebab bocor alus? Ya nafsu kalian sendiri. Kalau kalian bisa kontrol nafsu kalian terhadap sesuatu yang ga kalian butuhin maka yakin deh bocor halus ga bakalan terjadi.

Karena kebanyakan orang yang bocor halus keuangannya suka ngomong begini "ah cuma 10 ribu", "ah cobain mumpung murah", "eh diskon nih, kapan lagi ada diskon (padahal barangnya ga butuh-butuh amat)" dan begitu seterusnya sampai mereka sadar kalau uang mereka habis ke hal-hal yang ga penting.

Cara Mengatasi
Mengenal Bocor Halus, Kebiasaan Kecil Penyebab Kacaunya Keuangan

Nah kalau kalian udah ngerti gambaran besar bocor halus itu bagaimana terus gimana sih solusinya biar kita ga mengalami hal tersebut?

1. Jangan Laper Mata

Kurang-kurangin deh yang namanya laper mata gara-gara ngeliat suatu barang. Pastiin sebelum kalian beli suatu barang kalian pikirin dulu apakah barang itu emang perlu di beli dan apakah barang itu berguna buat kita. Tujuannya biar kita ga beli barang-barang yang emang ga kita perluin.

2. Hitung Keuangan Kalian Perharinya

Ada satu hal penting yang jarang banget dilakuin sama orang-orang. Yaitu menghitung pengeluaran mereka setiap hari. Hal ini penting banget biar kalian tau uang kalian kemana aja dan bikin kalian sadar kalau misalnya ada yang bocor halus. Jadi kalian ga ngulangin kesalahan yang sama.

3. Hargai Uang Kecil

"Ah cuma 5 ribu", "10 ribu doang yaelah" pola pikir yang kaya gitu merupakan pola pikir yang salah dan sebaiknya kalian musnahkan pola pikir kaya gitu. Karena penyebab bocor halus ya uang-uang yang nilainya ga terlalu besar itu. Jadi kalau kalian ga bisa menjaga uang kecil kalian maka jangan harap bisa lepas dari yang namanya bocor halus.

Itulah penyebab dan beberapa cara biar kita semua terbebas dari yang namanya bocor halus. Semoga dengan adanya thread ini kita jadi sadar sama pengeluaran kita dan bisa lebih bijak lagi dalam mengeluarkan uang.

Sekian thread dari ane, kalau kalian suka dengan thread ini jangan lupa kasi ane cendol emoticon-Toastdan rate5emoticon-Rate 5 Star.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Spoiler for Thread Menarik Ane Lainnya:
profile-picture
iwakbandeng55 memberi reputasi
Diubah oleh red1302
Keuangan ane msh sering "bocor halus".
Biasanya itu yg bikin ane bingung saat ngitung uang di akhir hari. Lg ngitung & selisih lalu mulai mikir "koq selisih 10rb ya..td gw beli apa yg 10rb"
Pengeluaran besar mudah diingat tp yg kecil2 itu yg agak sulit dilacak. emoticon-Ngakak
Quote:


Kalo ane setiap ngeluarin duit ane catet gan diaplikasi HP. Emang awalnya ribet dan males, tapi lama lama juga jadi biasa
ane kira ini ngomongin soal ban loh awalnya emoticon-Ngakak pas baca sampe akhir ane bener bener kesindir sekaligus menyadarkan banget nih, yang goceng sama sepuluh ribuan itu emang ngga berasa banget pas dikeluarin, eh pas nengok isi dompet sama atm baru deh melongo
Quote:


Wah ada yang salah paham ama judulnya ternyata. Semoga bermanfaat ya gan artikelnya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di