alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
3 Tips Simpel Melawan Hoax
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e9bf1349d0f456b23e460/3-tips-simpel-melawan-hoax

3 Tips Simpel Melawan Hoax

3 Tips Simpel Melawan Hoax

3 Tips Simpel Melawan Hoax


Mengutip riset dailysocial.id, 44% masyarakat indo belum bisa mendeteksi berita hoax. Dengan distribusinya terbanyak dari FB (81%), WA (56%), dan IG (30%). 31% koresponden menyatakan sulit untuk memverifikasi berita hoax dan 44% tidak yakin.


lalu bagaimana cara kita membentengi diri dari berita hoax. oke, ane punya beberapa tips yang selalu ane terapin untuk pribadi.

1. Skeptis

“The Great Intelect are skeptical”  Nietzche

Nietzche pernah mengatakan bahwa, intelektual sejati adalah mereka yang skeptis atau tidak mudah percaya terhadap sesuatu.

Orang yang fanatik atau terlalu membenci sesuatu, biasanya tidak bisa bersikap skeptis sehingga sangat mudah menerima berita hoax. Padahal, sesuatu bisa benar juga bisa salah. Maka, penting untuk kita selalu bersikap netral dan obyektif. Kecuali jika berhadapan dengan Wanita...

Hal lain dimana kita wajib bersikap skeptis yaitu pada saat menemui judul berita bombastis, yang isinya "nyerempet" sara, dan berita viral. Judul bombastis biasanya biasanya menjurus ke clickbait yang akhirnya memperkaya orang lain. Berita yang "nyerempet" sara itu biasanya hanya bertujuan politis. Dan berita viral biasanya unfaedah karena hanya berisi hal-hal konyol.

2. Verifikasi


Sikap skeptis akan memunculkan rasa penasaran yang berujung dengan keinginan mencari kebenaran (verifikasi). Bila tidak bersikap skeptis di awal, maka, verifikasi hanya akan berujung pada pembenaran semata.

Pertama yg biasa TS lakukan adalah cek judul beritanya, sensasional atau gak? kedua, cek sumber beritanya. Pastikan jangan bersumber dari medsos atau hanya dari satu website saja. Ketiga, cek referensi beritanya. Berita hoax biasanya mengutip dari sumber yang tidak jelas.

3. Voice

Faktanya, masih bersumber dari riset yang sama bahwa lebih dari 51% koresponden tidak melakukan apapun ketika mengetahui bahwa berita yang di bacanya adalah hoax!

Apa yang seharusnya kita lakukan jika mengetahui berita yang kita terima ternyata hoax? Pertama, bersuara! kalo kita diam dan apatis pasti pelaku penyebar hoax yang menang dan masyarakat terkena pembodohan. Kedua, report/laporkan! di beberapa platform sudah tersedia tombol report atau bisa juga di laporkan kepada pihak berwenang. Yang jelas kita harus bertindak jangan hanya diam.

Sekian aja dari ane, kalo agan/sista punya tips lainnya untuk menangkal hoax, bolehlah sharing di kolom komentar. Terakhir, lebih baik punya sedikit informasi tapi shahih daripada punya banyak informasi tapi terindikasi hoax



Spoiler for Quotes SH:



3 Tips Simpel Melawan Hoax

Diubah oleh blackf3ather
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Rsvd.
berarti saya gak boleh begitu saja percaya dengan thread abang dong?


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di