alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kredit pembelian mobil listrik disarankan bunganya nol persen
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e99b88d9b170c8116681e/kredit-pembelian-mobil-listrik-disarankan-bunganya-nol-persen

Kredit pembelian mobil listrik disarankan bunganya nol persen

Jakarta (ANTARA) - Pakar ekonomi Universitas Indonesia (UI) Haryadin Mahardika menilai industri keuangan perlu memberikan keringanan kredit seringan-ringannya atau bunga kredit nol persen bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil listrik agar mobil tersebut lebih kompetitif dibandingkan mobil konvensional.

"Masalah pemasaran dan penjualan mobil listrik perlu diperhatikan mengingat mobil listrik merupakan sarana transportasi masa depan kita," ujar Haryadin Mahardika di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, kalau bisa aturan penjualan mobil listrik tersebut dikaitkan dengan insentif yang tidak hanya insentif bersifat pajak namun juga berkaitan dengan insentif-insentif nonpajak misalnya dengan didukung oleh industri keuangan melalui pemberian bunga kredit nolnol persen kepada keluarga yang ingin membeli mobil listrik, sehingga masyarakat akan lebih cepat dan tertarik untuk membeli mobil listrik.

Baca juga: Perpres mobil listrik perlu diikuti penguatan industri lokal

Ia mengatakan berbagai insentif yang diberikan tersebut harus diarahkan agar harga mobil listrik lebih murah atau di bawah harga mobil konvensional.

Kalau harga mobil listrik terlalu mahal maka mobil listrik kemungkinan akan menghadapi persaingan yang berat dengan mobil-mobil nasional yang dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Nissan pastikan mobil listrik Leaf masuk Indonesia sesuai rencana awal

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan industri kendaraan elektrik memerlukan waktu lebih dari 2 tahun. Hal itu karena sejumlah perusahaan otomotif melihat minat pasar terhadap produk tersebut.

Dia menjelaskan kendaraan bertenaga listrik relatif memiliki harga yang lebih mahal ketimbang kendaraan berbahan bakar minyak. Oleh karena itu, dirinya juga menggandeng Pemprov DKI Jakarta untuk memberi insentif bagi penggunaan kendaraan elektrik.

Baca juga: Mobil ramah lingkungan yang sudah dijual di Indonesia

Ragam insentif yang bisa diberikan antara lain bebas retribusi parkir, subsidi penggunaan kendaraan listrik untuk angkutan umum, dan pembebasan kendaraan dari peraturan ganjil/genap.

Presiden sendiri telah menandatangani peraturan presiden tentang mobil berbasis elektrik pada Senin (5/8) lalu.

Tujuan regulasi tersebut untuk mendorong perusahan-perusahaan otomotif mempersiapkan industri mobil listrik di Tanah Air.


Sumbar: https://m.antaranews.com/berita/1004446/ekonom-sarankan-bunga-nol-persen-kredit-pembelian-mobil-listrik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Yg di untungkan dari proyek mobil listrik ini tentunya pln ya,nge charge batrai mobil tentu makan daya listrik yg ga kecil
kok bukannya menggalakan angkutan umum
mobil hybrid berapa


mo kredit ampe 20 taon ?

mending buat mobil listrik sendiri ga lebih dari 100 juta udah termasuk aki

pakai mobil bekas kampakan aja, tinggal modif penggerak + aki nya
profile-picture
KumanImut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hmmm,

Harga mobil mahal aja, udah macet...., gimana kalo murah?, menggalakkan angkutan umum lebih baik....

emoticon-Traveller
Balasan post pgcililitan
Quote:


Makany ane lebih setuju swap mesin
Ganti mesin subsidi / tukar tambah mesin drpd beli mobil listrik baru lg
profile-picture
pgcililitan memberi reputasi
yang penting mobil listrik itu harus lulus uji emisi

jangan sampai seperti mobil listrik anak bangsa karya dahlan iskan cs

ngga lolos uji emisi, jadi masalah besar.. ngenes denger kisah tragisnya
Dp nya nol persen sekalian dong ?emoticon-Big Grin
Nggak perlu kridit 0%, pajaknya aja yang di turunkan, minimal sama seperti pajak mobil dengan BBM pasti laris manis. emoticon-Big Grin
Saran yang baik
Melihat jarak tempuh warga Indonesia
Ane rasa gk akan seberapa laku melihat daya tahan mobil listrik plus biaya ngecasnya

Kalaupun laku itupun targetnya cuma kalangan atas

Maklum apansa sudah mendarah daging
mobil listrik yg sekarang jelas teknologinya masih mahal . ngak mungkin bisa dibikin murah kecuali sistem subsidi . kesimpulannya biarin aja dulu . yg paling masuk akal untuk sekarang cuma hybrid . pertama yg harus dipikirkan pasokan listriknya blom stabil , harga baterai yg masih sangat mahal , dan daya tahan baterai . makannya bisa disimpulkan kendaraan listrik blom bisa menggantikan kendaraan dengan mesin bakar
benarka mobil listrik ramah lingkungan?
1. kalau listriknya berasal dari pltu berbahan bakar fosil ya percuma
2. industri baterai dan baterai bekas adalah limbah yang sangat berbahaya bagi lingkungan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di