alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Peluang Bisnis Budidaya Patin, Untung Puluhan Juta Sekali Panen
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e1e90c0cad732531f5880/peluang-bisnis-budidaya-patin-untung-puluhan-juta-sekali-panen

Peluang Bisnis Budidaya Patin, Untung Puluhan Juta Sekali Panen

Peluang Bisnis Budidaya Patin, Untung Puluhan Juta Sekali Panen

Selain budidaya ikan gurame, nila, bawal, dan lele, ternyata budidaya patin pun merupakan peluan bisnis yang menguntungkan, dikarenakan prospek bisnis nya cukup besar. Saat ini ikan patin merupakan salah satu komoditas unggul di perikanan.

Konsumen
Sangat di sukai banyak orang karena selain daging ikan patin yang lembut juga rasanya yang khas digemari masyarakat luas. Biasanya di konsumsi segar maupun diproduksi menjadi ikan fillet.

Info Bisnis
Budidaya ikan patin dipilih biasanya karena masa pemeliharaannya lebih cepat dibandingkan dengan budidaya ikan lainnya, sehingga biaya produksinya tidak terlalu tinggi.
Pakan yang dibutuhkan juga mudah, dan proses budidaya ikan patin juga dapat dilakukan dengan reproduksi buatan, yaitu dengan mencampur telur dari patin betina dan indukan jantan.

Kelebihan Bisnis
Perawatan budidaya ikan patin terbilang lebih mudah dibandingkan lele, bahkan pakan ikan patih dapat memanfaatkan limbah rumah tangga yang tidak mengandung minyak. Ikan patin lokal  juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan ikan patin import. Umumnya ikan patin lokal kandungan airnya lebih rendah yaitu sekitar 10%, sedangkan patin import mengandung air hingga 40%. Sehingga saat diolah, bobot ikan import akan mengalami penyusutan.

Pemasaran
Membedakan target pasar merupakan strategi pemasaran yang bisa dilakukan untuk para pembudidaya ikan patin. Pemasaran bisa dilakukan dengan menjual ikan patin berdasarkan umur. Misal keperluan untuk pemasok benih, ikan patin bisa dijual ketika berusia 20 hingga 50 hari.
Untuk kebutuhan konsumsi, ikan patin di jual saat berusia 7 bulan.
Sedangkan untuk permintaan indukan, ikan patin bisa dijual setelah berusia 2 tahun. Dengan membedakan target pasar masing-masing, strategi pemasaran tersebut cukup efektif karena dapat menjangkau 3 jenis konsumen sekaligus.

Kunci Sukses
Untuk para disarankan lebih memilih usaha penjualan ikan patin untuk kebutuhan benih. Sebab, resiko kegagalan lebih kecil, dan biaya produksi bisa lebih di minimalisir.
Semoga peluang bisnis budidaya ikan patin bisa menjadi ide bagi bisnis Anda.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di