alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Tips Merawat Tumbler
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4cfd3a2f568d1dbd71addf/tips-merawat-tumbler

Tips Merawat Tumbler

Tips Merawat Tumbler
ilustrasi tumbler (unsplash/houstonmax)


Membawa botol minum atau tumbler saat bepergian sudah menjadi gaya hidup masyarakat jaman sekarang. 

Ada banyak manfaat yang didapat dari membawa tumbler, yang utama adalah untuk kesehatan. Membawa minum sendiri dari rumah lebih higienis dan sehat, apalagi saat ini banyak kabar tentang beredarnya air mineral palsu yang dijual di jalanan. Tak hanya baik bagi kesehatan diri sendiri, membawa tumbler juga memberi manfaat bagi lingkungan. Dengan membawa minum sendiri, kita tak perlu membeli minuman kemasan plastik yang sampahnya dapat mencemari bumi. Kita juga bisa menghemat biaya dengan membawa tumbler. Harga air minum memang tak seberapa. Namun jika dikalikan dalam seminggu atau sebulan, jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli air minum juga lumayan besar.

Selain itu, desain tumbler yang lucu dan kekinian juga membuat orang senang untuk membawa tumbler dalam aktivitasnya. Namun jika tak dirawat dengan baik, tumbler juga bisa rusak dan masa pakainya menjadi terbatas. Maka dari itu, kita harus merawat tumbler dengan baik, caranya adalah sebagai berikut:

1. Cuci setiap hari
Semakin lama tumbler tak dicuci, maka semakin banyak pula kotoran dan bakteri yang menempel di dalamnya. Untuk mencegah tumbuhnya bakteri, cuci tumbler setiap hari dan jangan gunakan tumbler lebih dari satu hari tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Bakteri dari tumbler yang tidak dicuci dapat berpindah dengan mudah ke dalam tubuh, karena bibir kita kerap menempel di mulut tumbler untuk meminumnya.

Dilansir dari Huffington Post, direktur produk pembersih di Good Housekeeping Institute Carolyn E Forte menyatakan bahwa kuman dapat berkembang di lingkungan yang lembab, dan menyebar dengan mudah ketika kita memasukannya ke mulut.

2. Gunakan spons bersih
Pastikan mencuci tumbler dengan bahan yang halus seperti spons, dan hindari membersihkan tumbler menggunakan pembersih kawat. Jika dicuci dengan sembrangan, bagian tumbler bisa terkikis sehingga mengurangi kualitas tumbler.

Spons yang digunakan juga sebaiknya khusus untuk mencuci tumbler. Saat ini, rata-rata orang mencuci tumbler dengan spons bekas mencuci piring agar praktis. Padahal spons yang kotor bukannya membersihkan, tapi malah dapat semakin memperbanyak bakteri yang ada pada tumbler.

Charles Gerba, seorang profesor di Universitas Arizona, bahkan menyarankan tumbler untuk dicuci di mesin pencuci piring karena spons dianggap lebih berbahaya.

3. Gunakan detergen
Mencuci tumbler dengan air saja tidak cukup, maka dari itu pastikan mencuci tumbler dengan bersih menggunakan sabun cuci. Mencuci dengan sabun cuci juga bisa menghilangkan bau pada tumbler.

Jika sudah dicuci dengan detergen dan tumbler masih bau, cara efektif lainnya adalah dengan membiarkan tumbler dalam keadaan terbuka setelah dicuci.

4. Cuci seluruh bagian tumbler
Mencuci seluruh bagian tumbler tanpa terkecuali adalah hal yang wajib dilakukan. Banyak orang yang tidak membersihkan bagian dalam tumbler dengan maksimal, alasannya karena bagian tersebut sulit untuk dijangkau. Padahal, ini dapat menjadi peluang bagi bakteri untuk berkembang biak.

Cucilah semua bagian tumbler tanpa terkecuali, termasuk bagian tutup dan sedotannya jika ada.



Sumber: Cara Mencuci Tumbler yang Tepat
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di