alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bisakah menulis tanpa pengetahuan dalam teori maupun cara penulisan ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4be3d7f0bdb279d0610c00/bisakah-menulis-tanpa-pengetahuan-dalam-teori-maupun-cara-penulisan

Bisakah menulis tanpa pengetahuan dalam teori maupun cara penulisan ?

Bisakah menulis tanpa pengetahuan dalam teori maupun cara penulisan ?

Tulislah apa saja.
Ciptakan hal-hal baru melalui tulisan.
Jangan biarkan letupan pikiran dan perasaan kita
dipasung dalam sebuah tema tulisan.
Biarkan pembaca yang menilai dan mengoreksi
tulisan tersebut.
(Gusti Rikarno, 2016)


Itu adalah kalimat yang TS pernah baca dan catat di salah satu buku kecil 3 tahun lalu tapi (maaf) lupa dari mana sumber tulisan itu berasal.

Kalo ditanya apa profesi atau gelar yang sudah ane peroleh sehingga ane berani membuat suatu tulisan, ane akan diam.

Mengapa ?
Karena ane tidak mempunyai sedikitpun kriteria yang menjadi syarat sebagai penulis.

Bisakah menulis tanpa pengetahuan dalam teori maupun cara penulisan ?

Ane juga tidak mempunyai pengetahuan dalam teori maupun cara penulisan yang baik dan benar. Jadi ane cuma menulis berdasarkan letupan yang ada di pikiran dan perasaan tanpa terbelenggu akan kaidah-kaidah atau tema tulisan.

Bukankah menulis
adalah sebuah kreativitas
yang lahir dan berakhir dalam proses ?

Lalu pertanyaannya, apa yang dapat dijadikan bahan tulisan bila kita hanya bermain dari letupan pikiran dan perasaan saja ?

Bisakah menulis tanpa pengetahuan dalam teori maupun cara penulisan ?


Kuncinya adalah dari apa yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari melalui apa yang kita pikirkan dan yang kita rasakan. Kelihatannya mudah, tapi justru itu tantangan selama kita mengikuti apa yang ingin kita sampaikan melalui tulisan itu. Dan jangan lupa tulisan itu harus mengandung maksud dan tujuan.

Ane ingin mengambil contoh dari kata "maksud dan tujuan" berdasarkan pengalaman yang dialami anak ane. Ketika anak ane mendapat tugas sekolah mengenai "Kecamatan". Si guru dalam hal ini si pemberi tugas bermaksud agar para siswa mencari tahu dengan bertanya atau mencari definisi terinci mengenai apa arti dan syarat-syarat dari suatu kecamatan.

Tapi bagaimana bila para siswa salah mengartikan maksud dan tujuan dari tulisan mengenai kecamatan, seperti anak ane ?
Ane melihat sendiri kesedihan anak ane yang mendapatkan nilai sangat rendah karena dia salah menafsirkan maksud dan tujuan tulisan.

Secara judul, anak ane sudah sesuai yakni "Yang saya ketahui mengenai kecamatan".
Sesuaikan ?

Tapi kisah yang disajikan anak ane justru bertolak belakang dengan konten yang diharapkan oleh si pemberi tugas. Dengan imaginasi anak-anaknya, dia menceritakan kecamatan yang angker dan setiap orang takut untuk datang ke kecamatan itu.

Bisakah menulis tanpa pengetahuan dalam teori maupun cara penulisan ?
Jadi intinya, mari ciptakan hal-hal baru melalui tulisan.

Yang penting, tulisan kita bukan untuk menyinggung pihak-pihak tertentu atau merubah sesuatu yang benar menjadi salah, atau sebaliknya.

Mari terus berkarya melalui tulisan
sampai kita bernapas dengan kata-kata
dan biarlah kata yang berbicara.
Diubah oleh storm69
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Komen Pertama (dari TS) :

Susah bener bikin tulisan yang serius
Dah, kapok !!!
emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape d...
Diubah oleh storm69
kalau ada narasumber itu bisa jadi referensi tulisan
profile-picture
storm69 memberi reputasi
Komen dari Kaskus :
Selamat!
Thread Agan berjudul:
Bisakah menulis tanpa pengetahuan
dalam teori maupun cara penulisan ?
telah lolos review KASKUS Kreator


Terima kasih KASKUS Kreator untuk motivasinya.


Note :
TS udah berani mencoba bikin tulisan serius....
walau susah benerrrrr


Bagaimana dengan Agan dan Sis sekalian
Berani coba ?

emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape d...
Diubah oleh storm69


Quote:


Susah banget, Gan..
biarpun ada narasumber sebagai referensi
Sangat sulit memilih kata-kata yang bersifat baku.

emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape d...
Lihat 1 balasan
Balasan post storm69
bahasa baku bisa di bantu kamus bahasa Indonesia dan mbah google,

semangat bro emoticon-Jempol
profile-picture
storm69 memberi reputasi


Quote:


Yoi, Bro.
Tapi emang susah sih, Bro kalo bikin tulisan serius kayak buntu aja dalam pembuatan setiap kalimat.

Thanks, Bro for your support

emoticon-Toast emoticon-Shakehand2 emoticon-Toast
Diubah oleh storm69
Yang penting, tulisan kita bukan untuk menyinggung pihak-pihak tertentu atau merubah sesuatu yang benar menjadi salah, atau sebaliknya.

setuju banget gan, asal ngga dipake buat hal hal yang aneh aneh dan bermanfaat, sudah pasti tulisan akan memberikan manfaat yang luar biasa
profile-picture
storm69 memberi reputasi


Quote:


Terima kasih, Gan
Semoga bermanfaat
emoticon-Toast


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di