CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Beauty /
Yuk Kenali Berbagai Macam Tradisi Kecantikan Para Puteri Keraton!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d495069337f93657227705f/yuk-kenali-berbagai-macam-tradisi-kecantikan-para-puteri-keraton

Yuk Kenali Berbagai Macam Tradisi Kecantikan Para Puteri Keraton!

Sis!

Kalian pasti selalu ingin tampil cantik kan? Apa sih biasanya yang akan kalian lakukan biar bisa tampil cantik? Kalau sekarang kayaknya gausah bingung lagi deh untuk tampil cantik. Kenapa? Karena di zaman sekarang ini udah banyak banget salon-salon kecantikan yang bisa membantu Sista-sista untuk bisa tampil kece. Berbeda sama zaman dulu yang masih belum banyak salon kecantikan kayak sekarang. Hmm, lalu orang-orang dulu gimana merawat tubuhnya ya kalau belum ada salon kecantikan?

Walaupun salon kecantikan belum ada, tapi bahan-bahan yang bisa dijadikan ramuan kecantikan tersedia sangat banyak kok. Yap, ramuan kecantikan tersebut berasal dari rempah-rempah dari sumber daya alam yang ada di Indonesia. Bahkan penggunaan rempah-rempah sebagai ramuan kecantikan ini sudah menjadi tradisi kecantikan yang sudah lama mengakar pada budaya Indonesia.

Salah satu conntohnya bisa Sista lihat pada serat Centhini, salah satu karya sastra Jawa yang berasal dari tahun 1814. Pada serat Centhini tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia ternyata sudah mengenal ramuan-ramuan kecantikan secara turun temurun dari zaman dahulu. Bahkan beberapa diantaranya masih tetap lestari hingga saat ini, loh.

Buat Sista-sista yang penasaran mengenai perawatan yang dilakukan pada zaman dulu, khususnya yang dilakukan oleh para puteri keraton, langsung simak ramuan-ramuan di bawah ini aja, Sis!



Boreh

Yuk Kenali Berbagai Macam Tradisi Kecantikan Para Puteri Keraton!

Sista pasti sudah familiar dengan lulur bengkoang kan? Tapi kalau kata-kata boreh, Sista tau ga? Pasti pada ga tau kan? Nih ane kasih tau ya. Jadi, boreh adalah ramuan yang cukup terkenal di daerah Jawa dan Bali berkat persebaran budaya pada masa Majapahit dahulu. Ramuan boreh terdiri dari berbagai campuran rempah seperti serai, cendana, kayu manis, jahe, pala, lengkuas, cengkeh, minyak kelapa, beras hitam, dan bunga lawang.

Manfaat yang didapat dari boreh ga kalah sama lulur biasa loh. Dengan menggunakan boreh Sista dapat mengangkat sel kulit mati, mendetoksifikasi kulit, menghangatkan tubuh serta menghilangkan masuk angin. Pokoknya dengan boreh, Sista bisa mendapatkan kulit yang bersinar serta badan yang bugar.


Pilis dan Tapel

Yuk Kenali Berbagai Macam Tradisi Kecantikan Para Puteri Keraton!

Sista yang sudah pernah bersalin pasti udah tau kan letihnya proses bersalin? Nah, untuk meredakan letih tersebut ada satu ramuan turun-temurun yang bisa Sista gunakan, nih. Ramuan tersebut aadlah pilis. Pilis memiliki kandungan ganthi, kencur, kunyit, peppermint, dan kenanga. Ramuan ini dipercaya dapat menyegarkan tubuh serta meredakan rasa pening yang dirasakan ibu setelah bersalin. Cara menggunakannya pun juga mudah kok Sis, Sista hanya tinggal oleskan ramuan pada dahi dan tubuhmu adar terasa segar kembali.

Selain rasa lelah, proses setelah melahirkan akan membuat perutmu tampak lebih besar dari sebelum hamil. Nah, untuk mengecilkan perut setelah bersalin, Sista bisa menggunakan tapel. Tapel mengandung sirih, jahe, klabet, jeruk nipis, dan juga minyak kayu putih. Ramuan tapel ini akan tapel menghangatkan tubuhmu sehingga gas di dalam perut mudah keluar. Selain itu rasa hangat dari tapel juga dipercaya dapat membakar lemak yang ada di bagian bawah perut. Penggunaan tapel bisa diaplikasikan sebelum Sista melilitkan gurita atau bengkung untuk membantu mengecilkan dan membentuk kembali perut ibu setelah menjalani persalinan normal.


Lulur Kepompong Emas

Yuk Kenali Berbagai Macam Tradisi Kecantikan Para Puteri Keraton!

Selain boreh, pilis dan tapel, masih ada ramuan lain yang biasaa digunakan oleh wanita-wanita zaman dulu untuk kecantikan loh. Puteri-puteri raja Hamengkubuwono X mengatakan bahwa rahasia kecantikan kulit mereka berasal dari kegemaran mereka menggunakan masker berbahan dasar kepompong emas. Makser berbahan dasar unik ini dipercayai dapat membuat kulit bersinar, elastis, serta lembab dengan kandungan zat aktif asam amino sericin yang ada pada kepompong emas.



Itulah beberapa ritual kecantikan unik yang telah turun temurun dilakukan oleh puteri-puteri Keraton sejak dahulu kala. Sista familiar dengan ritual ini? Atau mungkin ada ritual ini adalah ritual yang Sista terapkan saat ini?



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoryqory dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
mantul pak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Berasa lembali ke jaman dulu.
wiiih putri-putri jaman dulu perawatannya mantep juga yaaa masih pake bahan alami pula jadi baik buat kesehatan kulit dan ga bahaya yah, bisa nih kalo mau dicoba wkwkw. btw klabet yang ada di tapel tu apaan ya baru denger ane...
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
wah trnyata ribet yaaahhh
ditunggu thread informatif lainnya gann...
wih emang bahan bahan alami paling top ya buat perawatan, selain murah lebih aman juga kan emoticon-Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ramuan tradisional emang top emoticon-thumbsup tapi sayang jaman sekarang jarang ibu melahirkan menggunakan pilis dan tapel sist, ane dua kali melahirkan nggak memakai ramuan tradisional tersebut padahal kalau ada ane suka juga memakainya cuma mungkin ibu ane lupa kali ya jadi nggak membelikan atau menyarankan ane untuk menggunakan pilis dan tapel.
Kalau untuk lulur dan masker kebanyakan pada memakai lulur yang dijual di pasaran, lebih praktis dan mudah didapat mungkin ya.
profile-picture
profile-picture
cazorla19 dan mamantic memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makanya kulit" org jaman dulu bagus". Awet muda. Mulus. Eksotis emoticon-Malu buyut ane pas meninggal kulitnya masih bagus bgt. Kata nenek ane dl beliau suka pakek masker" alami gt.
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Skin care alami dan ga mahal. Gaperlu jastip jastip ke korea atau jepang. Efek sampingnya juga hampir ga ada wkwkwkk
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
bening banget gan emoticon-Matabelo
Kira kira mau kaga sama orang miskin dan hina seperti ane ?
Ane jadi pengen luluran nih...
emoticon-Traveller

Quote:


Aiiih... Gan Pab nemu aja yg bijituan...
emoticon-Leh Uga
hmmmmm....
putri keratonnya mana?
waaaahhhh mantep neeee
boleh dicobaaa biar berasa putri keraton ehehehehehe
pasti banyak manfaatnya juga sih yakkkk tradisi tradisi iniii
Mau dong PUTRI KERATON
kakek juga pengen cuuu
wah ane baru tau kalo ada masker kepompong emas namanya. ada yang jual nggak ya masker begituan jaman sekarang, kayanya kalo ada bakalan laris nih biar cantik cantik alami ala putri kerajaan jaman dahulu. jadi kepo ane emoticon-Big Grin
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Nyimak aah, sapatau kebagian resep lulur putri keratonemoticon-Request
pengen juga tampil cantik emoticon-Malu (S)
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di