alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Hal yang Sebaiknya Jangan Agan Lakuin Pas Ngobrol Sama Orang Lain
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d492996a2d19524563454a1/5-hal-yang-sebaiknya-jangan-agan-lakuin-pas-ngobrol-sama-orang-lain

Hindari 5 Hal ini Biar Ngobrol Agan Lebih Berkualitas

5 Hal yang Sebaiknya Jangan Agan Lakuin Pas Ngobrol Sama Orang Lain

Ngobrol adalah bentuk komunikasi yang hampir setiap hari kita lakuin. Bahkan orang yang anti sosial pun pasti pernah ngobrol entah sekali atau dua kali. Nah, meskipun ngobrol itu udah kayak makanan sehari-hari, nyatanya nggak semua orang enak buat dijadiin temen ngobrol, sekalipun itu temen deket kita. Terus orang yang enak dijadiin temen ngobrol tuh yang gimana sih? Nah dibawah ini ane akan kasih lima hal yang sebaiknya agan sekalian jangan lakuin agar kualitas ngobrol agan lebih efektif. Langsung aja ke poin-poinnyaemoticon-Ngacir

1.  Jangan Sibuk Main Ponsel
5 Hal yang Sebaiknya Jangan Agan Lakuin Pas Ngobrol Sama Orang Lain
 
Emang bener adanya kalau hape itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Sekarang kita fokus ke kalimat ke-dua aja “menjauhkan yang dekat.” Misalnya agan lagi nongkrong nih. Trus ngobrol seru gitu. Tapi temen agan malah sibuk maen hape. Otomatis fokus dia bakal terbagi kalo dia bukan orang yang pinter multitasking. Dan sudah pasti, cerita agan yang seru tadi menguap begitu saja, karna temen agan fokus banget ke hapenya. Kalo misal emang ada hal penting sih nggak masalah. Tapi kalo sekedar scrolling instagram ngestalk orang, mending ditahan dulu aja. Fokus dulu sama temen dunia nyatanya, daripada dunia maya muluemoticon-shakehand



2.  Jangan Mengabaikan
5 Hal yang Sebaiknya Jangan Agan Lakuin Pas Ngobrol Sama Orang Lain
Masih ada sebab akibat sama point diatas. Mengabaikan atau nyuekin juga jangan dilakuin gan. Itu nggak sama sekali nggak etis menurut ane. Bayangin gimana kalo agan pas cerita panjang lebar, tapi respon lawan bicara cuek aja dan terkesan nggak peduli. Pasti ada sedikit rasa geregetan juga kan. Kalo nggak bisa kasih tanggapan, seenggaknya jangan mengabaikan. Toh nggak setiap orang butuh tanggapan juga. Kadang ada yang cuma pengen di dengerin, tanpa berharap dikasih advice apapun. Cukup perhatiin aja dan fokus ke lawan bicara sebagai bentuk menghargai dan bersimpatiemoticon-Big Grin


3.  Jangan Menyela
5 Hal yang Sebaiknya Jangan Agan Lakuin Pas Ngobrol Sama Orang Lain
Lagi semangat-semangatnya cerita, tau-tau temen ente nyela atau motong omongan. Trus jadi dia yang menguasai pembicaraaan dengan topik yang sama sekali berbeda. Sesabar-sabarnya orang, kalo diginiin pasti gondok juga dalem hati. Tapi yaudah, ngelus dada aja deh bisanya. Nggak sekali dua kali ane nemuin orang tipe gini. Entah cerita ane yang menurut mereka nggak menarik sama sekali, atau mereka bosen dengerin ane. Terlepas dari alasan apapun, menyela omongan juga masuk dalam salah satu hal yang lebih baik dihindarin. Karna ngobrol tuh, bukan cuma perkara sama diri sendiri gan. Tapi kita melibatkan orang lain juga disituemoticon-Smilie


4.  Jangan Mencela
5 Hal yang Sebaiknya Jangan Agan Lakuin Pas Ngobrol Sama Orang Lain
Pertama, ane mau agan bayangin aja dulu. Misalnya agan cerita ke temen tentang masalah yang lagi agan hadepin. Trus respon yang mereka kasih ternyata malah nyalahin agan atas masalah yang agan hadepin tanpa menimbang gimana kondisi agan. Disini yang ane tekankan bukan masalah gampang baper atau gimana. Tapi menurut ane ada cara lain kok dalam kasih tanggepan yang baik selain mencela dan terkesan menyalahkan. Orang yang cerita soal masalahnya ke kita itu berarti dia percaya sama kita. Dan kita nggak pernah tau sensitifitas masing-masing orang. Temen sedeket apapun, menurut ane tetep nggak berhak kalo kita asal kasih penilaian pake sudut pandang kita sendiri tanpa mikirin perasaan dia. Apalagi orang yang lagi ketimpa masalah, perasaanya pasti malah lebih sensitif lagi gan. Jadi lebih baik kita bener-bener hindarin poin ini. Makannya sampe ada istilah lidah lebih tajam daripada pedang. Karna nggak jarang pertemanan bahkan persaudaraan rusak gara-gara tajemnya lidah ganemoticon-Takut (S)


5.  Jangan Membandingkan
5 Hal yang Sebaiknya Jangan Agan Lakuin Pas Ngobrol Sama Orang Lain
  “lu mah mending, lha gue bablabla...” Udah nggak keitung lagi deh, ada berapa orang tipe kayak gini. Mungkin sebagian dari agan agan juga punya satu, dua, atau bahkan banyak temen model gini. Ini biasanya terjadi pas kita lagi curhat, trus karna merasa pernah mengalami masalah yang sama tapi dengan tingkat yang lebih tingi. Akhirnya keluarlah kata-kata pusakanya. Alhasil, jadi kita yang dengerin dia curhat, padahal boro-boro punya kita ditanggepin, belom kelar ngomong aja kadang udah kepotong. Biarpun terkesan sepele, tapi baiknya kalo ada yang lagi curhat ke kita, fokus aja dulu ke dia. Tunggu sampai dia selesai ngomong, baru deh kita masuk sesuai konteks dan arah obrolan yang ada. Daripada bandingin masalah dia sama masalah kita lebih parahan yang mana. Karna tujuan dia cerita pastinya bukan untuk ituemoticon-Cape d... (S)




Itu dia lima hal yang menurut ane sebaiknya jangan dilakuin pas lagi ngobrol. Tanpa bermaksud menggurui, ane sendiripun juga masih berusaha buat nggak melakukan hal-hal diatas. Karna kata orang, jaman sekarang ini, orang cenderung maunya didengarkan tanpa mau mendengarkan. Ane juga mohon maaf kalo ada kata-kata dari tulisan ane yang kurang berkenan. Silahkan komentar kalo agan mau nambahin unek-unek agan jugaemoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Angkat Beeremoticon-Shakehand2emoticon-Angkat Beer

Sumber gambar: Google
profile-picture
azid12353 memberi reputasi
Diubah oleh kurkurakura
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tengkyu Gan atas tritnya. Setelah membaca trit ini gw jadi punya keberanian buat ngobrol sama orang lain. Gw takut melakukan hal yang semestinya tidak dilakukan saat ngobrol dengan orang lain. Selama ini ngobrol sama tembok aja ane minder. Mungkin karena gw ada sedikit trauma pernah kalah debat sama tembok.

emoticon-Ultah
6. Curi-curi pandang
Quote:


7. Kontak dada
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Genit ane mencium nikmat dunia
Balasan post megaut
Quote:


boleh emoticon-Stick Out Tongue
kalo lawan bicaranya dokter ya ada kontak dadanya emoticon-EEK!
Bener banget gan, secara ane pribadi itu kalo lagi ngobrol sama orang, ya ga pernah ga ngehargai dia gitu. Karena kalo kita mau dihargai sama orang, kita harus melakukan itu terlebih dahulu ke orang lain. Dan ane ngerasain dampaknya kok.

Nice thread nihh, cendol dan rate meluncurrr emoticon-2 Jempol emoticon-Toast emoticon-Toast
Quote:

sama2 gan. kuncinya sih saling menghargai aja gan. itu tembok ente keren juga sampe menang debatemoticon-Ngakak
Quote:

nah itu dia gan, yang penting kita mulai aja dari diri kita dulu ya kan. btw makasih cendolnya ganemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
trollolo dan azid12353 memberi reputasi
Cilam olang pake ail
emoticon-Baby Boy
Ngupil..
Ngobrol sambil ngupil itu tidak disarankan walaupun kenal dekat.
emoticon-DP


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di