alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terkait Konsep NKRI Bersyariah, Ali Ngabalin Minta FPI Jelaskan Secara Detail
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4905762f568d6270431a38/terkait-konsep-nkri-bersyariah-ali-ngabalin-minta-fpi-jelaskan-secara-detail

Terkait Konsep NKRI Bersyariah, Ali Ngabalin Minta FPI Jelaskan Secara Detail

Terkait Konsep NKRI Bersyariah, Ali Ngabalin Minta FPI Jelaskan Secara Detail

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin meminta Front Pembela Islam (FPI) menjelaskan maksud dari NKRI Bersyariah dan khilafah, ketimbang menantang pemerintah debat terbuka soal ideologi.

"Menjelaskan kepada publik, kepada pemerintah, apa itu NKRI Bersyariah, apa itu khilafah, jelaskan. Masalahnya bukan dengan Presiden Jokowi," kata Ngabalin kepada CNNIndonesia.com, Selasa (6/8).

Ngabalin, yang merupakan politikus Partai Golkar itu, lantas menyinggung Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang juga mengusung khilafah yang sudah dibubarkan oleh pemerintah dua tahun lalu.


"Apa konsep khilafah yang dia maksud? Jelaskan saja itu kepada pemerintah. Hizbut Tahrir itu adalah satu organisasi yang mengusung sistem khilafah dan sudah dibubarkan oleh pemerintah," tuturnya.

Ngabalin menyebut FPI lebih baik melengkapi persyaratan yang diminta oleh Kementerian Dalam Negeri ataupun Kementerian Agama untuk mendapat Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sebagai organisasi kemasyarakatan (Ormas).

"Klarifikasi tentang semua materi yang mungkin ditanyakan oleh instansi terkait itu, itu saja. Enggak usah sok-sok tantang Jokowi berdialog tentang ideologi negara," ujarnya.

Menurutnya, "Kepentingannya (FPI) di situ. Kepentingannya adalah bisa mendapatkan rekomendasi, surat keterangan terdaftar, atau dia diberikan referensi untuk aktif kembali organisasinya".

Lebih lanjut, Ngabalin menyatakan pemerintah memperbolehkan siapa pun untuk berserikat, berkumpul untuk membuat organisasi. Hak tersebut sudah dijamin oleh Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Namun, kata Ngabalin, pemerintah memiliki kewenangan membentuk regulasi dalam mengatur masyarakat berkumpul atau berorganisasi.

"Itu mengatur tentang tata cara orang berorganisasi, bagaimana mendapatkan rekomendasi, bagaimana mendapatkan surat izin terdaftar, dan lain-lain," kata Ngabalin.

Sebelumnya, Juru Bicara FPI Slamet Maarif menantang pemerintah Joko Widodo untuk berdebat mengenai ideologi. Tantangan itu menyusul pernyataan Jokowi yang tak akan memberi perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) bagi FPI jika tak sesuai ideologi Pancasila.

"Kalau pun dengan kami ada yang dianggap tidak sesuai, ajak kami bicara, dialog. Kalau perlu ayo dialog terbuka, ditayangkan oleh stasiun televisi nasional, ayo, supaya umat bisa paham betul," kata Slamet di Hotel Lorin Sentul, Bogor, Senin (5/8).

Slamet menyebut perlakuan pemerintah Jokowi ke FPI mirip kasus HTI beberapa tahun lalu. Kelompok yang dianggap berbeda, menurutnya, disudutkan tanpa diajak duduk bersama. Ia meminta pemerintah Jokowi mengakhiri kebiasaan ini. Sebab demokrasi menjamin orang untuk berbeda pendapat.

Izin SKT FPI di Kemendagri habis pada 20 Juni 2019. FPI sudah mengajukan perpanjangan, tetapi dikembalikan oleh Kemendagri lantaran baru 10 dari 20 syarat yang terpenuhi.

Selain itu, kata Slamet, FPI dipersulit Kementerian Agama (Kemenag) dalam membuat surat rekomendasi perpanjangan SKT di Kemendagri. Slamet mengatakan Kemenag menyoroti kalimat khilafah nubuwah dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) FPI.

Ia menjelaskan khilafah nubuwwah yang dimaksud FPI adalah memperkuat kerja sama umat Islam antarnegara. Misalnya seperti menyatukan mata uang berbagai negara mayoritas Islam menjadi dinar. Baginya, Kemenag kurang memahami soal khilafah sehingga memperlambat proses.


Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasiona...kri-bersyariah
profile-picture
qavir memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Jangan paakkk.. nanti grombolan fentung bisa kram otak kalo disuruh nerangin konsep khilafvck emoticon-Ngakak
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
Diemin aja tar juga diem sendiri...

Maklum...


Terkait Konsep NKRI Bersyariah, Ali Ngabalin Minta FPI Jelaskan Secara Detail
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ahmad.c dan 2 lainnya memberi reputasi
Terkait Konsep NKRI Bersyariah, Ali Ngabalin Minta FPI Jelaskan Secara Detail
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whitepoint dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ngarep dibela umat kalo dibubarin pemerintah..

emoticon-Ngacir
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
Ummat bersatu
Balasan post PinggiranBakwan
Quote:


Terkait Konsep NKRI Bersyariah, Ali Ngabalin Minta FPI Jelaskan Secara Detail
LEKOMSALAM!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whitepoint dan 4 lainnya memberi reputasi
Nggak perlu diancam karungin, cukup pertanyaan to-the-point kayaknya mereka langsung kicep emoticon-Leh Uga
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
udahlah , kita udah sama2 tau kok , NKRI bersyariah cuma permainan kata buat nutupin kalo mereka itu mau ganti dasar negara dengan khilafah emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
qavir dan cabekriting21 memberi reputasi
Biar jelas gitu
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
Nggak perlu debat terbuka, cukup pidato pihak FPI di TV nasional, suruh jelasin konsepnya, diuji sama dosen atau guru besar ketatanegaraan. kalo sesuai pancasila bisa dipertimbangkan mendagri, kalo bertentangan ya dibubarin/ diciduk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
Sebenarnya sistem bhinneka tunggal ika yg diterapkan negara ini sejak dulu sudah lebih dari cukup untuk menyatukan indonesia yg terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama...


Semua berubah sejak fpi menyerang mencari panggung untuk mencari materi dan ambisi pribadi mereka...


Bhinneka sudah bukan tunggal ika lagi...

profile-picture
profile-picture
qavir dan cabekriting21 memberi reputasi
artinya nkri harus bersyariah
cuma kata katnya aja di perhalus
onta goblok mana ngerti arti kilafak syariah...wong ke aceh aja gak betah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Betul gan pancasila+uud 45 itu udah win-win solution / jalan tengah dri semua nya

Unsur demokrasi ada
Unsur agama ada
Unsur sosialis ada

Bahkan unsur sekuler aja benarnya masuk kok

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prince.cerberus dan 2 lainnya memberi reputasi
melengkapi izin saja nggak selesai2 apalagi disuruh menjelaskan secara detail konsep syariah
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
Quote:


Ane sempet liat pernah ada orang yang debat sama curut khilafah di twitter.
Pas ditanya konsepnya gimana, si curut malah njawab nyuruh baca buku-buku islam dulu. Biar ngerti gimana khilafah.
emoticon-Ngakak (S)


Ealah...minta penjelasan malah disuruh baca buku emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
marenan boikot tipi/jgn nongtong tipi....skrg minta ditampilken di seluruh tipi national,trus ntar yg nongtong siapa? pan udah diboikot tipi nyah emoticon-Shutup emoticon-Thinking
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
Quote:


debat sama grombolan kek gini bisa dipaksa sampai turun tingkatan otak kita.
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
udah biarin, macem tampol aja























emoticon-Cool
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
Quote:


Pakai tangan kiri
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tumben gerombolan nasbung konthol bangshat kaga ada yg nongol belain fpi dimari


emoticon-Ngakak
profile-picture
cabekriting21 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di