CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d477ff0a2d195607c0f7964/bagi-warisan-jangan-sampai-bunuh-bunuhan-ingat-orang-tua-gan

Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!

Jangan Gara-gara Warisan, Terjadi Bunuh-bunuhan
Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!


Orang tua meninggal, anak rebutan warisan?
Apakah tidak malu?


Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!


Selamat pagi GanSis, jumpa lagi sama Masnukho penulis kece!
Kali ini kita akan membahas bab warisan!
Kenapa warisan selalu menjadi rebutan?
Apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi perkelahian saat bagi waris?
Simak di bawah ini!


Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!


Warisan adalah sesuatu yang diberi atau ditinggalkan oleh sang pewaris untuk orang yang terdekat atau orang jauh (ahli waris) dengan tanda atau surat warisan.

Dalam pembagian warisan sendiri sering terjadi percek cokan karena saling berebut hak oleh ahli waris.
Hal ini lah yang menyebabkan keretakan dalam hubungan keluarga, bahkan bisa mengakibatkan pembunuhan.

Di Indonesia banyak sekali kasus pembunuhan yang disebabkan karena berebut warisan!
Apakah hal ini dibenarkan?
Jawabannya sangat tidak dibenarkan!

Mengutip ayat Al-Quran di bawah ini!
Quote:


Sungguh jelas di kutipan di atas bahwa yang halal dan haram itu terdapat sekat yang harus dipatuhi.
Jika hak saudara ikut diambil maka haram hukumnya.


Pembagian warisan ini sering menjadi dilema bagi ahli waris, takut nanti menjadi beban orang tua yang telah tiada.

Memang sebaiknya untuk anak atau ahli waris tidak terlalu ngotot atau pasang urat tentang hal bagi waris, karena ini sangat tidak baik untuk orang tua yang telah tiada.

Memang warisan itu hak ahli waris, tidak ada yang boleh menghalangi si ahli waris untuk meminta hak nya, dan warisan itu dianjurkan untuk segera dibagi setelah orang tua telah tiada, karena jika ditunda-tunda, ditakutkan akan terjadi keributan jika salah satu ahli waris juga sudah tidak ada atau meninggal, dan yang berhak adalah anak si ahli waris.


Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!


Untuk pembagian harta warisan pun dalam agama ada aturan yang tidak bisa diterobos atau dicederai, harus sesuai dengan aturan-aturan yang ada.
Jadi saat pembagian ahli waris, usahakan ada orang yang pandai dan adil dalam hal bagi waris.
Jika keluarga dari kedua orang tua masih ada, mereka juga bisa ikut andil dalam membagikan hak waris kepada ahli waris agar tidak terjadi perselisihan.

Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!


لِلرجَالِ نَصِيبٌ مِما تَرَكَ الْوَالِدَانِ وَالْأَقْرَبُونَ وَلِلنسَاءِ نَصِيبٌ مِما تَرَكَ الْوَالِدَانِ وَالْأَقْرَبُونَ مِما قَل مِنْهُ أَوْ كَثُرَ نَصِيبًا مَفْرُوضًا

“Bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bagian yang telah ditetapkan.” (QS. An-Nisa’ [4]: 7)
Sumber: disini

Di atas adalah salah satu dasar bagi waris, bahwa setiap anak ada hak atas harta yang ditinggalkan, jadi untuk hal warisan tidak bisa semena-mena saat pembagian.

Untuk bagian terperinci, di bawah ayatnya!

يُوصِيكُمُ اللهُ فِي أَوْلَادِكُمْ لِلذكَرِ مِثْلُ حَظ الْأُنْثَيَيْنِ

“Allah mensyariatkan bagimu tentang (pembagian waris untuk) anak-anakmu, yaitu bagian seorang anak lelaki sama dengan bagian dua orang anak perempuan.” (QS. An-Nisa’ [4]: 11)
Sumber: disini

Sekali lagi Ane tegaskan GanSis, jangan sampai karena warisan terpecah belah kekeluargaan, karena harta yang tidak akan habis dan berkurang itu adalah keluarga.

Jika kita sudah mampu, untuk apa memperebutkan harta warisan, jika dapat ya Alhamdulillah kalau pun dapat tapi kita gak membutuhkan bisa saja Agan atau Sista mendermakan harta bagian Agan and Sista untuk anak yatim piatu, yang pastinya ada balasan yang baik untuk Agan and Sista dan kedua orang tua yang telah tiada.

Gimana GanSis Kaskuser, bermanfaatkah bahasan kita kali ini?
Semoga bermanfaat dan ada faedahnya!

Buat yang sudah mampir, jangan lupa tinggalkan jejak Cendol, Rating and Follow me. Terima kasih!


Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!


Penulis: Masnukho
Ilustrasi Gambar: 1,2,3,4,5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
keluarga lebih penting dari warisan!
profile-picture
profile-picture
alfiaunsah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jangan sampai menyesal jika sudah ditinggalkan keluarga karena terlalu egois!
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Ah elah, kerja aja yang bener. Jangan ngandelin warisan. Iya kalo ortunya kaya, nah kalo kere bijimane? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
mat.piere dan masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


emoticon-Matabelo kalau kere ya gak dapat warisan
mungkin tergantung iman anak anaknya juga gan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Iya Gan, ada yang kelihatan berharap ada yang ngalah diem aja😁
Judulnya bikin salah tangkep maksud. Kirain "jangan bunuh2an, ingat orang tua" = bunuh orang tuanya saja.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-2 Jempol bener banget tu

Quote:

emoticon-Bingung etdah masak iya
justru klo sampe bunuh2an malah lebih susah bagi warisnya. blm sempet dimintain ttd persetujuan tpi orangnya udah modar duluan emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
orang tua yang mana dulu nih emoticon-Kemana TSnya?
Bagi Warisan Jangan Sampai Bunuh-bunuhan, Ingat Orang Tua Gan!
profile-picture
profile-picture
youkyemazestha dan masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo emang orang tuanya dah meninggal kan

Quote:


emoticon-Bingung
Quote:


Iya ahli waris harus tanda tangan yang sudah dapat bagian, yang belum ttd ya berarti masih belum diambil😁
Kalo ada salah satu ahli waris ada yang menguasai warisan, kira" karmanya bagaimana ya?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Karmanya sangat nyata Gan, bisa saja di dunia dapat di akhirat lebih parah.
Karena memakan yang hukan hak nya itu sama dengan memakan bangkai keluarga sendiri
profile-picture
h_8 memberi reputasi
Betul gan emoticon-Toast

Dan perlu diingat, warisan tidak hanya berupa harta dan piutang. Tapi bisa juga berupa hutang, dan akan menjadi tanggung jawab para ahli waris juga nantinya
profile-picture
profile-picture
blunar dan masnukho memberi reputasi
Banyak orang tak menjalankan syariat Islam...

Tapi ketika bagi-bagi warisan ngotot pake hukum waris Islam..

profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

Nahh itu, jangan cuma mau hartanya tapi gak mau utangnya ya😁

Quote:


Karena lebih menguntungkan😁
haduh kalo udah urusan warisan tuh emang ngeri deh... orang tua baru meninggal kapan, anak-anaknya udah berantemin masalah warisan bahkan sampe perang dingin gitu... hamdalah ga sampe bunuh-bunuhan sih amit2, tapi tetep aje sedih
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


emoticon-Mewek kasian orang tua
udah ngomongin warisan aja nih gan 😁
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di