CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Getuk Serundeng, Mengapa Hargamu Nggak Mentereng?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d41a5d22f568d01db00e52f/getuk-serundeng-mengapa-hargamu-nggak-mentereng

Getuk Serundeng, Mengapa Hargamu Nggak Mentereng?

Getuk Serundeng, Mengapa Hargamu Nggak Mentereng?


Apa kabar Agan Sista di seluruh Nusantara, semoga tetap dalam keadaan sehat walafiat, bahagia selamanya.
Bertemu kembali dengan Ane penulis yang ingin tetap istiqamah menulis.

Malam ini Ane ingin menulis tentang makanan berbahan dasar singkong. Yaitu Getuk Serundeng. Agan Sista semuanya, Ane ingin sedikit bercerita tentang makanan yang terbuat dari singkong ini.

Pagi tadi selepas Ane mengantar anak Ane sekolah, Ane mampir di penjual getuk serundeng dan singkong rebus. Melihat singkong mentega kok jadi kepingin beli. Singkongnya mempur pasti rasanya enak


Getuk Serundeng, Mengapa Hargamu Nggak Mentereng?


Ternyata beneran enak Gan Sist, singkongnya sudah dikasih garam jadi rasanya gurih-gurih gimana gitu. Sambil makan singkong Ane merenung, tiga potong gingkong ini seharga
Rp 1500, dalam hati Ane bilang murah sekali singkong rebus ini, padahal nanamnya lama, ngambilnya dari kebun susah, musti dikupas, dicuci bersih, baru dikukus, udah gitu dimasukan ke plastik, harganya kok bisa semurah itu,


Getuk Serundeng, Mengapa Hargamu Nggak Mentereng?


Mending singkong rebus itu harganya Rp 1500, lha yang satu ini, getuk serundeng. Parah lagi, harganya nggak mentereng sama sekali, kalah banget dengan penampilannya. Getuk serundeng ini harganya cuma Rp 1000, bayangkan, makanan yang pembuatannya serumit itu, dihargai dengan Seribu rupiah, itu sudah di tempat penjual, lantas dari pembuatnya kira-kira berapa ya, oaling tidak Rp 800, MasyaAllah delapan ratus rupiah, luar biasa.

Padahal pembuatan getuk serundeng itu luar biasa njlimetnya. Mulai dari membeli singkong mentah, mengupasnya, mencucinya, setelah singkong dikukus sampai empuk kemudian ditumbuk sampai halus, istilahnya cemetut, mengeluarkan tenaga luar biasa kuat. Setelah itu di taruh di tampah diratakan diiris tipis-tipis. Itu baru getuknya. Lha serundengnya? Untuk membuat serundeng saja bisa memakan waktu berjam-jam, dari mulai awal memarut kelapa, menyangrai, menambahkan gula merah dan gula pasir, itu memakan waktu yang tidak sebentar. Tapi begitu jadi getuk lha kok sepincuk cuma seribu,
Sungguh luar biasa murah. Ane sempet berfikir, kok murah banget. Apa dapat untung? Kalau nggak dapat untung pasti udah nggak jualan. Mungkin keberkahan yang didapat, biar harganya murah kalau laku banyak Alhamdulillah. Ane menikmati getuk sambil merenung, kuat sekali penjual getuk itu. Setiap hari menumbuk singkong, apa nggak capek terlebih bosan. Akh tentunya tidak, demi dapur mengepul.
Wahai kau Bapak penjual getuk serundeng yang harganya sama sekali nggak mentereng, semoga rejekimu lancar, biar untung sedikit lama-lama menjadi bukit.

Nah itulah sekilas tentang getuk. Kalau Agan Sista melewati pedagang yang seperti itu, tolong belilah. Pedagang yang luar biasa.


sumber Opini pribadi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botakbin dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
getuk serungdeng
singkong rebus
ane pernah makan ginian cuma ada di cilacap sis. ini daeran mana ya?
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:


Pekalongan mbake
Quote:


Owhhh, ada juga yo? Di Purwokerto belum nemu. Ato ane maine kurang adoh yo 😆
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:


Biar jauh sini ke Pekalongan ntar tak suguh getukemoticon-Wakaka
Quote:


Ane ada ponakan sepu2 dapet org pekalongan. Kpn2 kesana, ane mampir ya sis emoticon-Shakehand2
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:


Oke-oke tak tunggu, bisa kabar-kabar. Cuma Pekalongannya mana nih?
Quote:


Lupa, ane taunya dapet gamis batiknya doank, wkwkwk
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:


Kalau dah inget kabarin yaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
wokeyyy sistaa, kalau ketemu ane tanyain emoticon-Kiss
Quote:


Di tempatku kalo getuk paling cuma dikasi parutan kelapa aja
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:


Ada yang pake parutan kelapa. Lha ini pake serundeng. Buat serundeng itu butuh waktu lumayan lama lho
Padahal pembuatan getuk serundeng itu luar biasa njlimetnya. Mulai dari membeli singkong mentah, mengupasnya, mencucinya, setelah singkong dikukus sampai empuk kemudian ditumbuk sampai halus, istilahnya cemetut, mengeluarkan tenaga luar biasa kuat.

bener banget nih gan ane juga pernah liat emak bikin getuk lama banget, suka heran kalo dijual dengan harga yang murah banget.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:


Betul banget Gan, produksinya luar biasa kalau dijual biasa aja. Kalau di tetangga Desa Ane katanya srhari bisa jual 1 kwintal singkong ya mungkin untungnya lumayan juga
wah ane belom pernah coba nih gethuk serundeng... liat harganya kadang kasian juga sama yang bikin, murah banget emoticon-Frown
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:


oooh ya kalo produksinya emang dalam skala besar gini sih lumayan yaaaa...
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Belum coba yang ini, kalo yang pake kelapa biasa sering bikin.
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
getuk adsale soko telo mas :monggo
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
snack kesukaan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di