CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Duh Bikin Terharu, Bapak Ini Membuat Lapangan Pekerjaan Untuk Orang Autisme
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d40d910c9518b5a7917336f/duh-bikin-terharu-bapak-ini-membuat-lapangan-pekerjaan-untuk-orang-autisme

Duh Bikin Terharu, Bapak Ini Membuat Lapangan Pekerjaan Untuk Orang Autisme

Duh Bikin Terharu, Bapak Ini Membuat Lapangan Pekerjaan Untuk Orang Autisme

Tingginya tingkat penolakan orang-orang autis di lingkungan kerja membuat mereka yang sebenarnya punya skill dan bakat harus sirna hanya karena berwujud autis. Di dunia ini menurut penelitian yang dilakukan Harkin Institute, 80% kaum autis saat ini menganggur. Hal ini membuat seorang bapak yang merupakan mantan CTO di perusahaan IT ternama rela meninggalkan jabatannya dilatarbelakangi melihat banyaknya prospek yang didapat dari Kaum autis. “Mereka tidak bodoh, mereka tidak malas. Hanya saja lingkungan membuat perspektif seperti ini” ujar bapak ini.


Spoiler for tom harkin:

Usaha yang dilakukan bapak Harkin ini dimulai sejak 15 tahun yang lalu dimana beliau memahami lebih dalam mengenai bakat dan skill orang-orang autis ketika mereka sudah dewasa. Menurut Harkin mereka para autis ketika telah masuk masa dewasa sama saja pikirannya seperti orang normal lainnya yaitu “Aku harus mencari kerja”. Hanya saja pikiran tersebut tidak sesuai realitanya yang mana setiap usaha yang dilakukan para autisme untuk mendaftar kerja pasti di tolak dengan alasan rata-rata perusahaan menolak wujud rupa autisme karena dipandang kurang kompeten. Hal ini menyebabkan banyak autis menjadi putus asa duluan dan menyebabkan mereka terpaksa menganggur.

Duh Bikin Terharu, Bapak Ini Membuat Lapangan Pekerjaan Untuk Orang Autisme

Tom Harkin akhirnya membangun Harkin Institute yang bertujuan ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa orang autisme juga memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mengisi setiap kekosongan di lapangan kerja. Dia mengembangkan Institut ini untuk memaksimalkan potensi orang-orang autis dengan memberinya pelatihan kerja secara gratis kemudian bekerja sama dengan berbagai macam perusahaan besar seperti IBM, Microsoft, SAP, EY, PwC, JP Morgan Chase, dan PMX untuk menyediakan kuota pekerjaan bagi kaum disabilitas dan autis ini. Hingga 15 Tahun ini ia sudah berhasil mempekerjakan 10,000 orang autis dan disabilitas.


Quote:


Duh Bikin Terharu, Bapak Ini Membuat Lapangan Pekerjaan Untuk Orang Autisme

Akhirnya Tom Harkin meninggalkan pekerjaannya lalu menjadi social entrepreneur dan meluncurkan program “Specialisterne” atau Spesialis dengan tujuan ingin memperbaiki sistem perekrutan yang telah dilakukan berbagai macam perusahaan dimana terlalu mengeneralisir sehingga orang autis akan tereliminasi. Dalam lembaga tersebut juga dilakukan pelatihan untuk kaum disabilitas sebagai sarana mempersiapkannya untuk masuk dunia kerja

Spoiler for speclialisterne pelatihan kerja bagi kaum disabilitas:


Spoiler for pelatihan kerja 2:


Spoiler for pelatihan kerja 3:


Spoiler for pelatihan kerja 4:


Ternyata usaha tersebut sukses, dan akhirnya Tom mendirikan Specialisterne Foundation nirlaba dan menetapkan tujuan menghasilkan sejuta pekerjaan untuk orang autis dan mereka yang memiliki tantangan serupa. Foundation tersebut semakin sukses dan berkembang menjadi Harkin Institute. Dengan adanya harkin institute. Pada tahun 2018 tercatat bahwa semakin berkurang kaum disabilitas yang menganggur

Spoiler for data pengangguran disabilitas yang menurun:


Sekarang para kaum disabilitas dan autis di Amerika yang sudah ikut program Harkin Institut ini sudah memiliki pekerjaan dan menunjukan bahwa mereka sebenarnya mampu, mereka punya keterampilan, mereka punya skill. Tetapi sistem perekrutanlah yang menghambat mereka. Berikut ini potret-potret keseharian mereka ketika dikunjungi Tom Harkin saat bekerja

Spoiler for disabilitas bekerja di perusahaan PMX:


Spoiler for disabilitas bekerja di perusahaan PMX 2:


Spoiler for disabilitas yang menjadi inspirator pada harkin summit:


Spoiler for disabilitas yang sukses menjadi host tv:


Wah ajegile, di Amerika sana orang-orang disabilitas sudah diperhatikan dan diberikan lapangan pekerjaan. Di Indonesia katanya juga sih tapi baru sebatas pekerjaan non-formal. Beda sekali sama di Amerika sana, mereka sudah bisa bergaul layaknya orang normal dengan bekerja secara formal di macam-macam perusahaan ternama. Jujur ane kagum gimana cara mendidiknya, gimana cara menjadikan orang-orang tersebut punya daya saing. Oke bangetlah bapak harkin ini!. Gimana gan komentarnya? Tulis aja dibawah!


Sumber : Disini
Sumber gambar : bing.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Halaman 1 dari 5
Kunjungi Thread-thread dompet-jadi-peci lainnya : emoticon-Baby Boy 1 (klik tombol show)

Spoiler for :
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Mulia sekali tuh tom harkin walaupun pemahamannya sangat peka terhadap autisme karna anaknya menderita autis, semua ada hikmahnya mungkin tuhan memberikannya cobaan lewat penderitaan ankanya untuk akhir yg menginspirasi seperti ini menjadikan dia tokoh sosial dan pahlawan bagi orang2 disabilitas yg terlupakan dan di lupakan oleh masyarakat sosial karna status nya.....
Gak seperti berita baru2 ini bupati di solok selatan yg menolak calon pns karna disabilitas katanya dia menolak karna menilai calon pns itu gak sehat jasmani dan rohani padahal tuh calon pns pinter 😠
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
salken gan, nice info ,, like and share ya gan
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anti diskriminasi nih mantap dan salut emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Nah, begini nih yang patut dicontoh..
Mereka memang memiliki kekurangan.. tapi gak menutup kemungkinan mereka juga memiliki bakat yang terpendam..
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
luar biasa pak
profile-picture
profile-picture
vizum78 dan dompetjadipeci memberi reputasi
Quote:


Yoi gan
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
setau ane sih disini udah beberapa perusahaan nerima pegawai disabilitas dan diperlakukan sama seperti pegawai yang lainnya. contohnya kayak di sritex di Solo, ane waktu kesana liat langsung ada pekerja disabilitas atau difabel yang kerja selayaknya kita kita yang lengkap semuanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kayaknya hanya berlaku pada autis yg berjenis "Motoric high function" macem Sindrom Asperger...

Menurut ane selain jenis autis tersebut, kayaknya kontra-produktif gan...

emoticon-Toast
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ooo gitu toh, baru tau ane gan...

Salut dah kalo bijitu...
emoticon-2 Jempol
profile-picture
vizum78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ana terharu ya akhiemoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
dompetjadipeci dan vizum78 memberi reputasi
Sabar banget hati nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Kayak cowok yang ane suka di real life, walau dia autis tapi bisa keterima kerja jadi graphic designer. Dan lagi pula emang skill & bakat dia dibidang tersebut... jadi makin kagum aja ane sama dia emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau ngeliat foto beliau dengan salah satu anak kecil itu menurut ane ciri2nya down syndrome. bagus juga ide beliau jadi anak disabilitas, autis ataupun yang lainnya yang sebelumnya tidak punya pekerjaan bisa menghidupi dirinya juga secara mandiri. salut pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Trit yang bikin... emoticon-Mewek

Oh my... Ane masih... emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
itu autis lo?. gimana kita yg normal ini masak kalah sama yg autis?. bner bner menginspirasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
salut sama bapak itu, gan
kita yg normal harus lebih semangat.
jangan putus asa, di depan sana masih ada harapan yg lebih baik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 3 lainnya memberi reputasi
keren nih bapak satu iniemoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Ko ane liatnya kayak agen K di film MIB yah emoticon-Leh Uga

Salut bangat sama bapak itu emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
subhanallah, mantep banget! para difabel nggak perlu lagi khawatir nggak bisa dapat pekerjaan untuk menghidupi kehidupannya dan mengalami diskriminasi dari orang-orang, udah bisa berdiri sendiri dengan dibukakan lapangan pekerjaan. semoga diindonesia makin banyak deh yg ramah difabel.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di