Kaskus

News

softwareseniAvatar border
TS
softwareseni
Agan Sudah Tahu 5 Trend dan 3 Manfaat Website E-commerce Ini?
Agan Sudah Tahu 5 Trend dan 3 Manfaat Website E-commerce Ini?
Apa yang pertama kali muncul dipikiran kamu ketika mendengar kata e-commerce? Belanja online? Harbolnas? Banyak diskon?

Memang, kebanyakan manfaat dari hadirnya website e-commerce dirasakan oleh konsumen. Untuk perkembangan bisnis? Hmmm website e-commerce memang bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Tetapi, itu juga sekaligus sebagai pintu bagi pemain-pemain baru di pasar untuk ikut berkompetisi. 

Maka terjadilah fenomena Perang harga (Price-war) yang akan menstimulasi sistem diskriminasi harga (price-discrimination). Untuk tahu hubungan fenomena price-war dengan kemunculan website e-commerce, kamu bisa temukan jawaban lengkap di artikel ada apa dengan e-commerce. Untuk sekarang, fokus kamu bukan pada fenomena ini. 

Tetapi, apakah website e-commerce benar-benar bisa membantu bisnis untuk berkembang? Bagaimana agar website e-commerce kamu bisa “stand out from the crowd”?

Untuk bisa memiliki website e-commerce yang menarik. Bukan hanya design yang disesuaikan dengan segments pasar. Tetapi juga harus memiliki fitur yang terkini dan yang paling dibutuhkan konsumen.

Berikut adalah 5 Trend Website E-commerce yang bisa kamu ikuti.

1. Value Chain Management
2. UI/UX
3. Smart Distribution
4. Customer - Centric
5. On-The-Go Shopping

Ayo bahas satu persatu.

1. Value Chain Management

Trend yang sedang ramai dibicarakan adalah mengenai salah satu kelemahan website e-commerce jika dibandingkan degan toko offline. Yaitu delivery-time dari value barang yang dibeli ke tangan konsumen. Rata-rata, konsumen membutuhkan waktu 1-2 hari untuk bisa merasakan nilai dari barang yang mereka beli via online. Alasannya? Alur distribusi yang panjang. Sedangkan, ketika kamu pergi ke toko, dan kamu membeli barang. Tepat setelah kamu beli, nilai / value dari barang bisa langsung kamu rasakan.

Makannya kini mulai trend same-day delivery service yang dipopulerkan oleh Amazon.

Kamu punya solusi dari masalah ini? Buat website e-commerce dan jadilah pahlawan!

2. UI/UX

Ketika kamu membuka website e-commerce, apa yang pertama kali kamu lakukan? Cari diskonan? Cari barang yang mau kamu beli? Atau cuma lihat-lihat saja?

Membuat website dengan User Experience dan Interface yang nyaman. Akan memberikan dampak pada meningkatnya transaksi jual beli di website e-commerce tersebut. Alasannya? Tentu karena pengguna merasakan kemudakan dalam bertransaksi di dalam website. 

Maka dari itu, website e-commerce kini banyak menawarkan jenis-jenis transaki. Mulai dengan e-money, hingga sistem kredit yang bisa kamu cicil tiap bulan. Jadi, kamu punya lebih banyak pilihan. 

Jadi, masih mau punya website e-commerce abal-abal?

3. Smart Distribution

Dengan perkembangan teknologi kecerdasan buatan / Artificial Intelligence, website e-commerce pun bisa lebih pintar. Tanpa harus bersekolah. 

Banyak website e-commerce yang mulai menampung data-data user yang akan diterjemahkan menjadi informasi berharga bagi perusahaan. Misalnya, barang apa yang sering kamu cari, apa kamu punya wishlist di keranjang website e-commerce, dan lainnya. Tujuannya? Tentu untuk menggiring konsumen agar segera melakukan transaksi di website e-commerce tersebut. Dengan hal ini, e-commerce bisa menjadi channel distribusi yang bisa diandalkan. 

4. Customer-Centric

Sekarang, bukan lagi tentang teknologi website e-commerce mana yang lebih canggih. Tapi lebih kepada website e-commerce mana yang lebih memanjakan konsumen. Promosi dan diskon hanyalah 1 dari ratusan strategi untuk memanjakan konsumen. 

Tujuan dari berfokus pada konsumen adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat bertransaksi di website tersebut. Dengan demikian, pengguna akan kembali lagi untuk berbelanja barang lainnya. 

5. On-The-Go Shopping

Kamu memiliki bisnis Coffee-shop, atau retailer? Mungkin trend ini cocok untuk diimplementasikan pada website e-commerce kamu. Ketika calon konsumen terjebak dikemacetan saat mau datang ke tokomu, mereka bisa tetap melakukan transaksi sambil menunggu kemacetan terurai. Sehingga, ketika mereka sampai di toko, mereka tidak perlu berlama-lama menunggu atau memilih barang yang akan mereka beli. 

Sudah ada beberapa retailer besar yang mengikuti trend ini. Kamu kapan?

3 Manfaat E-commerce yang mungkin belum kamu ketahui

1. E-commerce data menemukan titik buta di pasar

Siapakah yang berpikir bahwa pria merupakan pasar yang hangat untuk industri kosmetik. Sejak munculnya website e-commerce, jumlah pembeli produk kosmetik pria meningkat cukup significant. Buktinya, perusahaan makeup asal New York, Milk Makeup mencatat 13% konsumen mereka adalah pria. Tentu bukan jumlah yang sedikit.

Tanpa e-commerce mungkin titik buta ini akan terlewat. Perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari segmen pasar ini.

Jika kamu adalah seorang pengusaha. Cari titik buta dari bisnis kamu. Dan temukan pundi-pundi emas yang tidak terduga. Tentu, untuk bisa memiliki website e-commerce yang memupuni, kamu perlu bekerja sama dengan Software House Profesional. Alasannya? Mengurangi resiko proyek IT gagal.

2. Bisnis dapat terus berjalan 24/7

Kamu ingin bisnismu berjalan 24 jam selama 7 hari? Merekrut terlalu banyak orang akan membuat rekening kamu menipis. Bukan solusi! Website e-commerce memang dipersiapkan untuk ini. Tetapi, kamu harus memastikan website e-commerce tersebut dapat berjalan dengan optimal. Alasannya? Kamu tidak ingin ketinggalan momentum ketika ada orang yang ingin membeli barang / jasa milikmu. Apa jadinya jika website e-commerce kamu banyak bug. Banyak calon pembeli akan lari. 

Catat ini dalam kepala kamu. Low-cost software development buruk bagi bisnis.

3. E-commerce sebagai personal shopper assistance

Memberikan pengalaman lebih kepada pengguna website e-commerce akan berimbas positif bagi bisnis. Dulu, hanya segelintir orang yang bisa merasakan pengalaman layanan personal shopper assistance. Setelah hadirnya website e-commerce kamu bisa memberikan layanan serupa kepada konsumen kamu. Memberikan notifikasi diskon dan promosi. Mengingatkan akan barang-barang yang masih berada dikeranjang belanjaan. Itu semua dapat dilakukan melalui fitur email notifikasi maupun push notification. 

Bantu pengunjung website kamu hingga dapat bertransaksi dengan lancar. Nilai plus untuk website e-commerce kamu.

BONUS
4. GO-Global

Biaya mahal untuk menawarkan produk ke dunia international sudah tidak lagi dirasakan sejak hadirnya website e-commerce. Bayangkan berapa banyak uang yang dapat diselamatkan? Dari mulai menggelar pameran produk di luar negeri hingga proses transaksi yang ribet. 

Website e-commerce membantu mempermudah transaksi. Dengan hadirnya fitur payment gateway, transaksi antar negara menjadi hal yang mudah. 

Jika kamu ingin membuat website e-commerce ada dua hal yang perlu kamu ingat. Pertama, “Low-Cost Software Development” bukan ide yang bagus. Kedua, pilihlah Software House Profesional yang mampu mewujudkan website e-commerce sesuai dengan keperluan bisnis kamu.

Pastikan artikel ini tidak berhenti di kamu. Ayo share artikel ini dan biarkan lebih banyak orang tahu tentang manfaat e-commerce yang bukan itu-itu saja.

Tunggu apa lagi?


Diubah oleh softwareseni 30-07-2019 13:33
0
459
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan