alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Otto von Bismarck, Bapak Pendiri Jerman yang Tak Dirindukan
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3fa0a2c82084588762d98e/otto-von-bismarck-bapak-pendiri-jerman-yang-tak-dirindukan

Otto von Bismarck, Bapak Pendiri Jerman yang Tak Dirindukan

30 Juli 1898

Penulis: Tony Firman
30 Juli 2019

Quote:


Bismarck pernah mengajukan undang-undang pelarangan partai bercorak kiri di parlemen


Quote:


Komen TS
Meninggal 121 tahun yang lalu.

Jadi keinget kapal perang klass Bismarck
Otto von Bismarck, Bapak Pendiri Jerman yang Tak Dirindukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 19 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Dasar penyatuan jerman saat itu apakah ada latar historis atau penduduknya dr ras germanik?
Lihat 3 balasan
Balasan post eye.glass
Quote:


bisa dibilang begitu atau lebih tepatnya
Menyatukan bekas wilayah Holy Roman Empire (HRE) minus Dinasti Hapsburg (Austro-Hongaria).
profile-picture
profile-picture
ieaiaio dan andhikap1102 memberi reputasi
one of the best.

sejarah biscmark cenderung dilewati karena secara garis besar ia nyaris selalu berhasil dan secara narasi kisah semacam ini tidak menarik. andai ia mati muda, atau berakhir dengan kegagalan, terlibat sebuah konflik besar, atau memiliki rival yang kuat, pasti ceritanya jadi lebih menarik.

he's simply too good. seperti supermen yang tidak menarik dibandingkan dengan spiderman, dll yang lebih humanis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post hannepin
Quote:


Maksudnya kurang dramatis gitu ya ?
Lalu yg membedakan dg nasib Frederick II the Great apa? Pencapaiannya luar biasa di bidang militer, seni dan pemerintahan.
Cuman akhitnya rada apes bikin Prusia hampir hancur di keroyok Rusia, austria dan Inggris.

bukannya Bismarck jadi jelek karena sering dipakai propaganda ma Nazi ?
Tambahan dari DW documentary ttg bismarck
The Germans: Bismarck and German Empire
Quote:
Diubah oleh mamorukun
Balasan post mamorukun
Quote:


yes 2-2nya korban nazi.

tapi Frederick the great ada romantisme masa lalunya. seperti ala caesar-esque. kalau biscmark tidak. tapi ya ini subjecktif, masalah beda era saja. emoticon-Big Grin

sama seperti di US orang melihat George Washington dengan Lincoln, beda rasa karena beda era.
Orang ini bisa dibilang tokoh sejarah favorit ane, dan menurut ane, nih orang adalah politisi terbaik sepanjang sejarah, fight me emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
juniorjack dan OneKissMan memberi reputasi
Quote:


Nanya dong gan, pernyataan agan ini yg selama ini ane juga penasaran. Dari rentang sejarah sejak era napoleon hingga era modern saat ini, bisa dibilang Unification of Germany arguably adalah momen paling penting yg bakal nentuin seperti apa dunia ke depannya, sedangkan Bismarck sendiri adalah pemeran utamanya. Tapi entah kenapa kok sejarah cenderung kurang merhatiin peran kedua hal tersebut? (Bismarck & unifikasi jerman) Dalam artian jarang diketahui khalayak umum

Semisal toh dulu ane gk iseng" baca sejarah era victoria, pasti ane gk bakal tau kalo nih orang eksis. Such an underrated character

Lalu maksud agan "secara garis besar nyaris selalu berhasil" itu apa ya? Apa yg ente maksud upaya Bismarck buat menghindari alliance antara Perancis sama Russia? Atau upaya Bismarck jaga hubungan baik sama Inggris? Soalnya setau ane hal yg Bismarck sesali atas kebijakannya Wilhelm II (setelah Bismarck dipecat) cuma itu. Cmiiw emoticon-Bingung (S)

Edit : nambah pertanyaan. Terus maksudnya ceritanya kurang menarik gimana gan? Malah ane dulu bener" kagum waktu pertama kali tau kisah nih orang. Royalist, conservative dengan motto Iron and Blood. What a badass man emoticon-Belo
profile-picture
amril.ashari22 memberi reputasi
Diubah oleh royaljannisary
Lihat 1 balasan
Balasan post royaljannisary
Quote:


karena memang sejarah dipenuhi oleh banyak orang yang kalibernya besar gak main-main, sehingga banyak yang tersisihkan karena dianggap kurang besar jasanya kepada dunia secara umum.

bukan hanya biscmark, tokoh unifikator lainnya macam Garibaldi juga jarang diketahui umum.

Giuseppe Maria Garibaldi (/ˌɡærɪˈbɔːldi/ GARR-ib-AWL-dee, Italian: [dʒuˈzɛppe ɡariˈbaldi] (About this soundlisten); 4 July 1807 – 2 June 1882) was an Italian general and nationalist. A republican, he contributed to the Italian unification and the creation of the Kingdom of Italy. He is considered one of the greatest generals of modern times[1] and one of Italy's "fathers of the fatherland" along with Camillo Benso, Count of Cavour, Victor Emmanuel II of Italy and Giuseppe Mazzini.

Garibaldi is also known as the "Hero of the Two Worlds" because of his military enterprises in Brazil, Uruguay, and Europe.[2] He commanded and fought in many military campaigns that eventually led to the Italian unification. In 1848, the provisional government of Milan made Garibaldi a general, and in 1849, the Minister of War promoted him to General of the Roman Republic to lead the Expedition of the Thousand on behalf and with the consent of Victor Emmanuel II.


https://en.wikipedia.org/wiki/Giuseppe_Garibaldi

walau memang unifikasi italia tidak sepenting german, tetapi sebenarnya dalam scope eropa ke arah nasionalis ia menjadi salah satu tokoh yang pertama menjadi motor unifikasi ke arah negara modern. ia sudah berjuang 1 dekade sebelum biscmark di Jerman. walau kedua orang ini tidak pernah bertemu tetapi ane rasa exploit dari Garibaldi terdengar ke seantero eropa dan menjadi salah satu bahan bakar mindset nasionalis-unifikasi di eropa setelah lewat era napoleonic.

bahwa unifikasi tidak hanya dengan teori tetapi juga menuntut perjuangan bersenjata yang harus sama cemerlangnya.


2. secara garis besar tokoh seperti biscmark tidak memiliki batu sandungan besar. napoleon punya wellington, prancis punya inggris, etc

Biscmark terlalu pintar dan lihai sehingga bisa menghindari batu sandungan. tetapi hal ini juga membuatnya memiliki kualitas narasi yang baik untuk diceritakan.

sama seperti Augustus. who is Augustus Caesar? oh orang yang mempersatukan romawi setelah perang saudara, dan yang suka teriak-teriak ketika legiun nya hilang di teutoberg forest, atau penguasa tua yang gak bisa ngontrol anak gadisnya yang liar binal. that's it? emoticon-Ngakak (S)

begitulah pandangan awam tentang orang-orang yang berkuasa tanpa "masalah besar" hingga meninggal di usia senja. hanya generalisasi seorang penguasa yang tidak terlalu menarik. powerful yes, tapi bagi umum kurang hal-hal yang bisa jadikan narasi menarik. beda dengan Mark Antony, etc padahal kualitas dan prestasinya beda jauh.

mereka yang seperti augustus, garibaldi, biscmark, dll kalau diteliti memiliki karier yang luar biasa sulit tetapi penuh gemilang, sayang karena tampak mulus dari luar maka dianggap biasa-biasa saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaoru koganei dan 3 lainnya memberi reputasi
Ngomongin garibaldi juga luar biasa perjalananya . Merantau sampai amerika selatan dan jadi tokoh pemersatu Italia.
mungkin perlu dibikin thread sendiri
profile-picture
hannepin memberi reputasi
Quote:


Eh iya, sampe lupa sama Italy emoticon-Ngakak (S)
Malah unifikasi Italy jauh lebih sulit dibanding Jerman kan ya? (Cmiiw). Dan rentang waktunya juga bener" lama kalo dibanding Jerman (sampe pd1 kalo Tirol Selatan dihitung juga)

Betul gan, baik secara langsung maupun tidak langsung usaha Garibaldi jelas mempengaruhi sentimen Unifikasi Jerman. Sama halnya kaya pendudukan Napoleon di Jerman yang secara gk langsung menyulut munculnya nasionalisme bangsa Jerman

2. Bismarck gk punya batu sandungan? What about France? Austria? Denmark? Butuh 3x perang buat Jerman supaya bisa jadi satu emoticon-Ngakak (S)
Cuma batu sandungannya gk sampe bikin kesandung
Siapa yg berani ngehina idola ane satunya? Augustus Caesar is great emoticon-Bata (S)

Kalo ane punya sedikit asumsi sih terkait kenapa sejarah seringkali melupakan hal" penting macem unifikasi jerman ini
a. Karena momen sejarah itu gk terlalu baru atau terlalu lawas
b. Karena momen sejarah itu terlalu berdekatan sama momen sejarah lain yg jauh lebih penting
c. Karena momen itu kurang "spicy" buat diingat"

Dan kalo dipikir", era victoria masuk semua kategori itu sih emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
kaoru koganei dan hannepin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post royaljannisary
Quote:


nah makanya orang Yunani kuno yang lalu dikutip oleh seorang pujangga bilang begini.

proses terjadinya seorang pahlawan finish ketika ia meninggal di usia muda, atau dalam kondisi tragis. emoticon-Big Grin

alias kalau orang tsb heroic tetapi tidak mati muda, atau tidak mati secara tragis, maka sampai kapanpun ia tidak akan menyandang predikat pahlawan. dan ane memang amini hal ini pada kebanyakan kasus memang benar.

penguasa muda yang mati tragis sebelum potensi utamanya cenderung digandrungi karena potensinya yang bisa mengusik rasa imajinasi pembacanya.

Alexander misalnya, orang mau tau dan penasaran, seperti apa dunia apabila ia tidak mati di usia sedemikian muda.

sama seperti Caear, walau sudah tua tetapi orang masih penasaran di bawah Julius Romawi hendak menjadi seperti apa.

demikian pula, JFK kalau ia tidak mati, bagaimana jadinya amerika. bulan saja dicapai, apalagi yang akan dicapai.

beda dengan Charlemagne, Augustus, dll. karena orang tahu. dan tidak lagi jadi penasaran. emoticon-Big Grin

bahkan hal ini juga terjadi pada Napoleon, anda ia menang di Waterloo, seperti apa eropa kemudian?

uniknya tidak terjadi pada sosok sepeti Nelson karena ia sudah tidak lagi memiliki potensi yang belum tercapaikan. big bad boss, the french fleet sudah ia kalahkan, sehingga tidak lagi jadi masalah di benak publik. emoticon-Ngakak

mungkin karena ini juga di yunani kuno hanya ada 2 jenis drama. 1 adalah komedi, lainnya adalah tragedi. mereka tidak mengenal hepi ending karena pada akhirnya semua yang hepi akan berakhir pada tragedi. apabila si hero mati muda, ya tragedi, masih muda sudah mati. apabila si hero mati tua ya tragedi juga karena sang hero kemudian mengalami banyak masalah, cacat karakternya terungkap dan kemudian berakhir secara tragis. contoh ya hercules, versi manapun kurleb tragedi endingnya. hanya dimanisin dengan diangkat zeus ke olympia emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaoru koganei dan 3 lainnya memberi reputasi
kalo g salah ni orang yg ingin koalisi sama rusia,biar nantinya jerman gak perang di 2 front cmiiw
Lihat 1 balasan
Quote:


Gw suka baca komen berbobot ginian
"Durch Blut und Eissen.."
kepulauan Bismarck disebelah timur Papua Nugini namanya diambil dari nama Otto van Bismarck inilah
Lihat 1 balasan
Belum ada film nya ye
Ich bin auslander, und ich kann spreche Deutsch nich.



emoticon-Shakehand2
History
hmmmmmm....
luoa lupa ingat ama yg ini
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di