Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fiqrAvatar border
TS
fiqr
Apa Fitur Andalan Social Media Monitoring Indonesia?
Apa Fitur Andalan Social Media Monitoring Indonesia?

Beberapa perusahaan digital yang sudah memahami fungsi, manfaat dan cara kerja social media monitoring pada umumnya menggunakan alat dari luar negeri. Padahal social media monitoring Indonesia tak kalah canggih. Ada beragam fitur yang bisa diandalkan dalam mengembangkan reputasi perusahaan di media sosial.

Secara sederhana, social media monitoring membantu perusahaan memantau social media selama 24 jam dalam 7 hari serta menganalisa data sehingga perusahaan bisa merespon dan menentukan langkah yang tepat.

Menentukan kebijakan perusahaan tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa tanpa adanya data yang jelas. Itulah yang menjadi tugas dan fitur yang disediakan social media monitoring, mengumpulkan dan menganalisa data sehingga perusahaan bisa menentukan arah kebijakan yang benar dalam menjaga nama baik atau reputasinya.

Memantau Tren yang Sedang Terjadi 
Cara paling sederhana untuk mengetahui tren yang sedang terjadi di twitter adalah dengan melihat tagar yang sedang trending. Namun, tidak semua tagar sesuai dengan industri yang dijalankan atau topik yang sedang Anda cari.

Itulah sebabnya perusahaan membutuhkan social media monitoring Indonesia yang bisa memahami bahasa Indonesia secara menyeluruh. Karena, ada kalanya sesuatu yang viral atau trending terkait dengan budaya serta kearifan lokal setempat

Memantau Perbincangan di Media Sosial
Mengapa perusahaan perlu memantau perbincangan di media sosial. Alasannya karena dari pantauan inilah perusahaan bisa menganalisa seberapa besar sentimen positif dan negatifnya terhadap nama perusahaan itu sendiri.

Setelah mengetahui dominasi sentimen yang terjadi di media sosial, barulah perusahaan bisa menentukan arah dan kebijakannya. Jangan sampai justru menjadi bumerang bagi perusahaan. Apalagi salah merespon dan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen.

Mengidentifikasi Engagement Audiens
Dalam digital marketing, beberapa perusahaan ada yang menggunakan jasa influencer. Cara memilih influencer secara konvensional berdasarkan jumlah followersnya. Akan tetapi penentuan seperti ini belum tentu tepat karena jumlah followers yang tinggi tidak menjamin tingkat engagement yang baik.

Salah satu indikator seorang influencer bisa memberikan pengaruhnya di media sosial adalah engagement yang terjadi antara audiensnya. Likes saja tidak cukup karena audiens yang tingkat engagementnya tinggi adalah mereka yang aktif berkomentar, bertanya dan menanggapi apa yang diposting seorang influencer.

Menganalisa Pertumbuhan Audiens di Media Sosial
Fitur ini sangat penting bagi perusahaan yang baru tumbuh. Bagaimana mereka bisa meningkatkan audiensnya di media sosial. Apa yang sebetulnya dibutuhkan oleh audiens sehingga perusahaan bisa memberikan konten yang tepat bagi audiens.

Dari berbagai fitur yang ditawarkan oleh social media monitoring Indonesia hampir seluruhnya sudah terpenuhi. Dengan demikian, perusahaan tinggal memantau dan menentukan respon yang tepat untuk meningkatkan reputasi perusahaan.
0
704
0
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan