alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kenali Penyebab Ban Kendaraan Anda Sering Kempis!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3aa733f0bdb2663e10b776/kenali-penyebab-ban-kendaraan-anda-sering-kempis

Kenali Penyebab Ban Kendaraan Anda Sering Kempis!


Tanpa disadari, tekanan angin pada ban kerap kali berkurang. Ternyata GanSis, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan angin berkurang yang tidak terlihat atau angin pada ban berkurang dengan pelan – pelan:

Kenali Penyebab Ban Kendaraan Anda Sering Kempis!

Pertama, Ban itu memiliki pori-pori yang sangat kecil. Tetap akan berkurang tekanannya. Penurunan tersebut memang tidak banyak, hanya berkisar 1 psi dalam kurun waktu 1 bulan. Sedikit lebih tahan, gunakan angin nitrogen. Penurunannya lebih kecil dibanding angin biasa. Maka disarankan untuk selalu melakukan pengecekan tekanan angin paling tidak satu bulan sekali.

Kedua, Kerusakan pada pentil juga bisa menjadi penyebab tekanan angin berkurang. Biasanya disebabkan adanya celah yang cukup longgar untuk angin keluar. Kerusakan dari pentil ini rata-rata disebabkan karena umur pakai, seperti karat. Kemungkinan lainnya dari karet yang menjadi perapat antara pentil dengan pelek. Jika sudah terlalu lama, akan getas dan menjadi jalur keluar angin. Sehingga ban sering kempis.

Ketiga, Tutup pentil juga berpengaruh pada kurangnya tekanan angin. Jika senang tanpa tutup pentil, jangan aneh jika tiba-tiba tekanan angin berkurang padahal kondisi ban masih baik. Biasanya disebabkan karena bersentuhan dengan benda lain. Kita tidak pernah tahu apa yang mengenai pentil saat mobil atau motor berjalan. Maka itu tutup pentil jadi penting. Selain itu juga untuk mencegah kotoran masuk ke pentil.

Keempat, Kondisi ban baik-baik saja, demikian juga dengan pentil, tapi kok tekanan angin tetap berkurang ya. Coba cek pelek yang dipakai. Lihat secara detail, apakah ada peyang atau gangguan lainnya. Terutama pada bidang yang berhubungan langsung dengan ban. Agak sulit diperiksa jika pelek peyang di bagian dalam. Bagaimana jika setelah dicek ternyata pelek juga bagus. Coba bongkar, mungkin saja ada retak kecil pada pelek yang tertutup ban. Ini agak sulit memang.

Kelima, Ban botak jangan dianggap sepele. Kondisi ini menyimpan berjuta bahaya. Benda-benda tajam seperti kerikil atau kaca, bisa dengan mudahnya menancap di telapak ban. Biasanya jika sudah botak akan sangat mudah terkelupas dan lapisan dari ban juga tipis.

Kenali Penyebab Ban Kendaraan Anda Sering Kempis!

Nah, itu dia GanSis kemungkinan – kemungkinan yang menyebabkan ban mobil atau motor anda sering tiba – tiba kurang angin, pada hal gak ketusuk benda tajam.


 

 

profile-picture
profile-picture
ourer dan isu152 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bahaya ranjau
Berarti emang wajar ya.. Kalo tiap bulan tambah angin..
Lihat 1 balasan
dalam waktu 2 bulan dari 33 psi bisa turun ke 26psi... kira-kira mana penyebabnya ini emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Wuahhh nice info gan! Kadang kadang udah suudzon aja sama yang suka nebar paku di jalan hehehehe, padahal ternyata banyak penyebab lain selain itu ya
Polisi tidur hajar terus gimana gak kempes itu ban emoticon-cih
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Balasan post aldefroz
Wajar kok gan, yang ngga wajar itu kalo dalam seminggu kempes terus. Kalo mau enak pake nitrogen gan, lebih awet dari angin biasa. CMIIW
velg bagian dalam karat


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di