CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
5 Cara Menumbuhkan Rasa Saling Percaya pada Pasangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3a9df44601cf4c566bbbb0/5-cara-menumbuhkan-rasa-saling-percaya-pada-pasangan

5 Cara Menumbuhkan Rasa Saling Percaya pada Pasangan

5 Cara Menumbuhkan Rasa Saling Percaya pada Pasangan

Detik Akurat - Kamu setuju bahwa kepercayaan wajib ada ketika kita memutuskan berkomitmen dengan seseorang. Semakin tinggi rasa percaya yang mampu kita berikan maupun kita terima dari pasangan, semakin kuat keharmonisan dan kenyamanan dalam hubungan.

Memang benar adanya bahwa kepercayaan itu selalu diuji. Itu sebabnya, setiap konflik yang pecah di antara kalian harus menjadi momen baik untuk meningkatkan rasa percaya satu sama lain. Usaha apa yang bisa kamu lakukan untuk membangun rasa percaya pada pasangan?

1. Singkirkan egoisme masing-masing
Sebelum mengharapkan kepercayaan besar dari pasangan, ada baiknya kamu mengukur ego diri secara jujur. Tanyakan pada dirimu, apakah segala sikap perkataanmu selalu ingin dibenarkan? Apakah kamu siap menerima kritik dari pasangan yang penuh dengan kekurangan? Dan masih ada pertanyaan lain sebagian indikatornya.

Jika pertanyaan-pertanyaan itu bisa kamu jawab dengan jujur dan jawabannya mengarah pada ego yang masih bercokol, maka sebaiknya kamu singkirkan dulu ego tersebut. Terimalah kebenaran secara objektif, meskipun kamu menerimanya dari pasangan yang banyak kekurangan. Toh kamu juga punya, kan?

2. Belajar berterus-terang
Tidak banyak orang yang mampu berterus terang hingga pada hal-hal yang dirasa pahit, memalukan dan buruk. Jika kalian mampu melakukannya, selamat ya! Artinya kalian sudah siap menggelontorkan sekaligus menerima kepercayaan yang besar.

Semakin besar rasa percaya satu sama lain, maka semakin banyak hal yang bisa kita gali dari diri pasangan hingga membuat kita terkaget-kaget. Begitu juga sebaliknya, kita juga akan mampu menceritakan sisi lain yang tersembunyi dengan rapi selama ini. Baik itu hal bagus atau buruk, kita mampu mengatakannya dengan gamblang.

3. Eratkan komunikasi
Kepercayaan tanpa komunikasi yang erat juga berbahaya, loh! Jangan remehkan ucapan yang kesannya tidak penting atau kecil ketika berhubungan dengan pasangan atau keluarga. Sesederhana apapun ucapan pasangan, sama pentingnya dengan pembicaraan yang berat dan serius.

Komunikasi yang erat akan mendorong seseorang terbiasa berbicara terbuka dalam hal sekecil apapun. Hal ini sangat menguntungkan karena bisa memperkecil potensi masalah seperti perselingkuhan.

4. Terbiasa berunding dalam memutuskan segala sesuatu
Komunikasi yang erat akan menimbulkan kenyamanan satu sama lain. Segala keluhan, kekecewaan, keinginan, kebutuhan dan  gagasan dapat tersampaikan tanpa batas. Kenyamanan juga akan melahirkan kebiasaan diskusi sehat antara pasangan.

Problem seberat apapun dapat diatasi bersama jika dibicarakan dan disepakati bersama. Saat kita terbiasa menceritakan hal-hal yang sederhana, maka kita pun akan nyaman membicarakan perihal krusial.

5. Tidak sungkan sharing tentang pengalaman maupun dirimu
Menceritakan pengalaman diri akan memunculkan rasa percaya diri di hadapan pasangan. tentu saja poin percaya diri sangat penting dalam kehidupan percintaan. Hal itu banyak berguna dalam karier, pendidikan dan kiprah sosial.

Menceritakan pengalaman buruk maupun baik di masa lalu menjadi langkah tepat untuk menambah alasan kuat bagi kita memberikan kepercayaan pada pasangan. Begitu juga sebaliknya.

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu coba untuk menumbuhkan rasa saling percaya dengan pasangan hidup. Jalani prosesnya dengan sabar dan nikmati hasilnya dengan kebahagiaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
mantep, ane setuju semua sama poin poin diatas. dan menurut ane paling penting tuh ya komunikasi sih. karena komunikasi kalo udah retak dikit mah udah susah banget mau yang lain lain, apalagi cuma sekedar ngatasin problem sepele.
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Bener banget nih sis orang ngomong dengan nada A kedengerannya jadi Z, nanti makna yang ditangkep bakalan melenceng super jauh dari apa yang dimaksud. Dalam komunikasi juga harus saling nurunin ego sih, jangan maunya menang sendiri aja, apalagi kalo dalam berhubungan harus tolerir satu sama lain kan
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane sekarang lagi ngejalanin ldr sama doi, semenjak doi ngelakuin kesalahan fatal, sampe sekarang, sampe detik ini ane selalu suka kurang percaya sama dia lagi.apalagi pas doi izin suka pergi bareng temen-temennya. gatau kenapa karena mungkin doi udah pernah ketawan berbohong sama ane.. tapi semoga aja pas liat tips tips dari TS rasa percaya ane ke doi jadi berubah lagi seperti semula. walau kayaknya membutuhkan waktu yang lama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adelianzw dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mantul gan
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
nah, yang suka menang sendiri kudu baca ini, deh 😁
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Thread yang ane cari-cari ini emoticon-2 Jempol , thanks for writing emoticon-Cool emoticon-Jempol
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
belajar terus terang udah kek lampu pilip 😀
profile-picture
luna8899 memberi reputasi


Quote:


Gakpapa gan. Ane tau rasanya kek gitu tu. Emang yang namanya orang itu kalo udah sering disakitin bawaan jadi curiga gan ke orang. Gapapa wajar namanya hati gabisa disetting gan. Biarin aja berjalan apa adanya yang penting agan mau belajar percaya lagi tanpa henti. Emang rasanya was was terus gan. Rasanya takuuut bgt sakit lagi. Tapi ya kalo kita gaberaniin diri buat nyoba mau sampe kapan gan hahaha. Yang penting, tiap orang berhak kita maafin tapi gaselamanya orang itu berhak kita kasih kesempatan lagi. Hehehe semangat ya gan.
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
mantap terima kasih threadnya dan ane setuju banget! komunikasi itu penting biar ga terjadi distorsi pikiran gituu, apalagi para sista (ane self reminder juga wkwk) kalau ditanya kenapa jangan jawab gapapa-gapapa aja. terus terang aja walau sepele pun dicari solusinya. kadang kasian juga si pasangan harus mikir atau rewind w salah apasih ya, takut secara ga sadar mereka capek dengan sendirinya..
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
percaya 100% itu susah banget banget apalagi pernah di salahgunakan kepercayaan itu.
emoticon-Mewek
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Sip.... bisa dicoba
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
kepercayaan itu susah didapat tapi sangat mudah dihancurkan
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo untuk berterus terang mungkin agak susah sih menurut ane, soalnya rasa gengsi atau ego ane masih belom bisa ane lawan..sisanya mudah-mudahan ane bisa nerapinnya makasih tipsnya gan, semoga bermanfaat untuk yang lain emoticon-Toast
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
zaman sekarang uy, apapun bisa jadi perselingkuhan. Kenapa? karena enak dan beradrenalin.

Semoga gue dapet wanita yang baik". emoticon-Salam Kenal
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Ane bentar lagi bakalan ldr ni sama pacar ane. Ane gatau sih bakalan apa yang dihadapi didepan tapi ane denger denger katanya LDR itu susah banget. Ane sih selalu berdoa semoga baik baik aja kedepannya untuk ane & pacar ane yakan.
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Yahhh mengingat LDR itu gaada solusi terbaik lainnya selain menjalin komunikasi dan menumbuhkan rasa percaya ke pasangan. Jadi ane rasa ane harus banyak menerapkan yang agan tulis ni gan. Hehe doain ya gan hubungan ane baik baik aja. Makasih gan threadnya!
profile-picture
profile-picture
luna8899 dan agungdar2494 memberi reputasi
Penting banget nih buat para pasangan untung saling percaya, karena itulah salah satu landasan suatu hubungan
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Aamiinnn gan, semoga tetep langgeng ya. Sering sering komunikasi lah. Semangat nunggu dia nyaaa 👍👍👍👍
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
kunci nya adalah komunikasi. semakin baik komunikasi antara pasangan maka semakin baik juga hubungan mereka akan berjalan nya. dan rasa saling percaya akan tumbuh dengan sendiri nya sih. hehe rasa percaya diantara pasangan adalah hasil dari komunikasi yang memang berhasil dan sudah pasti menguntungkan kedua belah pihak. jujur ya sis..jujur juga salah satu faktor penting dalam keberhasilan komunikasi nya loh hehehe
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di