CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Jenis Burung Kebun Murah menjadi Mahal saat rajin Berkicau !!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d399ac68d9b1704244b6a04/jenis-burung-kebun-murah-menjadi-mahal-saat-rajin-berkicau

Jenis Burung Kebun Murah menjadi Mahal saat rajin Berkicau !!!

Buat agan yang hobi melihara burung atau cuma mantau aja, pasti tau kan sekarang banyak burung-burung yang harganya relative murah dan bahkan murah banget. Tapi pernah ga agan ngerasain ketika burung kesayangan kalian yang uda di rawat penuh kasih ditawar mahal sama orang, padahal niatnya cuman pamer emoticon-Malu. Kalo sekarang di daerah ts lagi banyak suka burung kebon / kebun , yah semacam burung yang nangkep nya di sawah, gunung, hutan, dan rata-rata ukuranya kecil-kecil dan biasanya harganya murah.
Orang-orang pada suka kicauanya, apalagi gacor emoticon-Wow
Spoiler for spoiler:


ts sih lumayan newbie ya gan sebenere, tapi lagi suka melihara burung, yah semisal salah sebut nama burungnya maapin atuh emoticon-Matabelo

1. Pleci 
Spoiler for spoiler:


Burung ini banyak jenisnya ya gan, tapi sepengamatan ane ciri khasnya sama, warnanya ijo wkwkwk emoticon-Wakakasama ada semacam kaca mata putih di semua jenisnya.
Jadi, Burung pleci merupakan salah satu jenis burung yang biasa hinggap di pepohonan rindang yang jauh dari suasana keramaian seperti di perkotaan, sebab habitat asli burung ini adalah di alam liar yang tenang dan udara yang segar. Burung ini memiliki suara kicauan yang gacor dan indah apabila dirawat dengan cara yang benar, sehingga tidak heran lagi jika burung ini sering tampil dalam ajang kontes burung.
Harganya di daerah ane sih kalo di pasar yang gropyok (baru nangkep banyak/masih liar) dapet 50ribuan gan, tapi kalo uda jadi tuh burung bisa ratusan ribu bahkan juta emoticon-Wow

2. Branjangan
Spoiler for spoiler:


Burung ini suka gerak gan gabisa diem wkwkw, ane pernah punya tapi lepas emoticon-Ngakak
Burung jenis ini di habitat aslinya sangat menyukai tempat kering di area tanah gersang atau tanah yang kondisinya setengah kering. Suka dengan wilayah rumput, stepa, area berbatu karang dan juga gunung pasir. Kalo kalian mau gampang nyarinya sih, cari aja di kebon tebu pas abis dipanen gtu, banyak sarangnya kok.
Harganya yang paling murah sih yang jenis lokal gtu dapet sekitar 100ribuan gan di daerah ane, tapi dengan karakter kicaunya yang panjang gtu kalo uda jadi wihh coba aja bawa ke kontes liat yang nawar nanti pasti nominalnya minimal sejuta.

3. Ciblek
Spoiler for spoiler:


Kalo kalian asing dengan sebutan ciblek, mungkin di tempat kalian dipanggil prenjak gan ato cemblek, klik-klik, keprek. emoticon-Bingung.
Burung ini ya banyak jenisnya gan, kalo mau nyari sih gampang, di sawah ada banyak wkwkwk, tinggal bawa pikat yang betina ntar nyamperin sendiri gan.
Di tempat ane 10 ribu aja dapet, tapi pas liat di forum ada yang jual 700 ribu kalo rajin bunyi sama jinak, ada juga yang beli. Apalagi kalo pernah ikut kontes trus menang bisa jutaan gan.

4. Gelatik
Spoiler for spoiler:


Bukan hal yang mengherankan kalo burung jenis ini banyak dijadikan masteran bagi burung lain ataupun sekedar sebagai pengisi suasana agar keheningan rumah berkurang. Peminat burung ini banyak gan, warna badanya mulus banget gan kayak gada bulu emoticon-Wowcantik. Klo masih bocil sih suaranya serak gtu gan, klo di pasar burung harganya 150ribuan, tapi klo yang uda rajin bunyi klo di pasar bisa 500ribu. Burung ini jarang sih kontesnya di tempat ane, cuma buat rame2 di rumah dan suaranya lumayan kenceng, bayangin klo ikut kontes trus menang, klo di pasar yg uda bunyi aja harga 500ribu, klo pernah kontes trus menang bisa berapa duit tuh.

5. Cipoh
Spoiler for spoiler:


Cipoh, eh cipoh emoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantik iya cipoh, namanya agak ambigu ya gan wkwkwk.
Kalo di daerah ane namanya sirpu / sirtu , kata orang sih soalnya kalo bunyi suaranya sirrrrrrrrr...................pu , gtu gan emoticon-Ngakak

Bener juga sih, orang sini banyak yang suka soalnya bisa jadi burung master buat burung lain, sama suara khasnya yang sirrrrr....pu gtu gan, kalo pagi2 bunyi gtu rasanya adem kyk lagi di pegunungan.
harganya murah sih gan menurut ane, cuma 30ribu sih tapi yg baru nangkep masih liar alias orang pasar bilang 'gropyok' . Yang sudah bisa berkicau di pasar harganya 200-300 gan, klo sama komunitas yang uda jadi burung master bisa sejuta sih. Setau ane perawatanya agak susah sih soalnya klo ga cocok gampang sakit ini burung .

Nah,,, semua burung yang ane share di atas sih bisa kalian dapetin di pasar burung gan, pasti ada kok, di pasar burung tradisional juga pasti banyak, disini orang suka burung kebunan gtu soalnya kalo rajin kicau enak di dengerin gan, suasanya rumah serasa asri kayak pedesaan gtu. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Thanks for reading, kritik & saran ditunggu ya gan, ane juga pemula soal hoby burung. 

Spoiler for sumur:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
diemasp dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
pernah punya gelatik. di pinjem temen buat dikimpoiin. ehh ga di balikin.emoticon-Turut Berduka
profile-picture
SikiQhudaBabi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dulu punya kacer,sekarang kabur entah kemana emoticon-Turut Berduka
profile-picture
diandraps memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
pleci dikampung gw banyak om. namanya ciu ciu. sesuai bunyinya. sekali datang segambreng dah itu burung. Nangkepnya juga gampang make getang nangka lilitin ke kayu aja, simpan dekan bunga pohon yang lagi diincer ama tuh ciu ciu
dari dulu yang namanya memelihara burung-burung khusus ini memang punya nilai yang tinggi ketika sudah bisa berkicau
apalagi kalau burung itu rajin ikut kontes burung dan jadi juara
pasti jadi semakin mahal nilai jualnya
susah-susah gampang sih memelihara butung itu, harus telaten
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan


Quote:


wah klo kacer mah udah mahal kan gan ? emoticon-Cape d...
pleci yang menurut ane prospek untuk dipelihara. rajin" ngerawat dan selalu diputerin kicau burung lewat hp. pasti lama" pleci akan keisi suaranya. meskipun kecil klo udah gacor jngan tanya suaranya. sngat rame dan klo udah keisi suara jenis burung lain dipastikan harga jualnya bisa tinggi banget
Quote:


Kacer boleh nangkep gan,kalo beli mahal kayanya
profile-picture
diandraps memberi reputasi
burung kacamata


Quote:


oh nangkep sendiri, iya gan klo beli mahal kacer tu emoticon-Jempol
yg nomor satu banyak di kampungku. tpai itu, dulu. 😁 sekarang mulai punah 😥
kacer masih stabil 400-600 di tmpt gue gan
Quote:


masak punah gan? terlalu sering diburu mgkin ituemoticon-Matabelo
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
gemesnyaaa kecil-kecil gitu. ane gapernah ngerti masalah ginian wkwkw tapi suka aja kalo lagi pada nyanyi tuh merduuu ademmm
ciblek ama pleci burung kesukaan bokap ane tuh gan. kalo dirumah di istimewakan banget emoticon-Wakaka
Quote:


Hutannya pada gundul, Gan emoticon-Mewek
mantap thread agan, nambah pengetahuan ane...emoticon-Keep Posting Gan
Ada tuh burung yg berpuluh tahun lalu gak ada harganya tapi sekarang dijual cukup mahal, apalagi kalo sudah pernah juara. Namanya pentet/pendet/cendet/long-tailed shrike/rufous-backed shrike. H
Biasa hidup di tebing pinggiran kali di kampung2.
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan yip0840 memberi reputasi
pada ngomongin burung emoticon-Takut
profile-picture
yip0840 memberi reputasi
Bokapnya temen ane ada yg ampe jual barang buat beli bbrp burung ane gatau emg semahal apa, mungkin sering ikut lomba kali ya. Tp ga lama burungnya bisa bikin balik modal tuh dari barang barang yg udah kejual hahaha.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di