alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
23 Juli : Hari Anak Nasional | Intip Fakta Di Balik Itu Yuk!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d36e46ac9518b61a21086fe/23-juli--hari-anak-nasional--intip-fakta-di-balik-itu-yuk

23 Juli : Hari Anak Nasional | Intip Fakta Di Balik Itu Yuk!

23 Juli : Hari Anak Nasional | Intip Fakta Di Balik Itu Yuk!

Setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya merupakan hari yang spesial untuk seluruh anak Indonesia. Agan Sista tau apa penyebabnya? Yap Benar, GanSis! Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum tepat banget deh bagi Agan dan Sista nostalgia masa-masa kecil, selain itu Hari Anak Nasional juga momen yang tepat untuk mengingat tentang pentingnya melindungi hak-hak anak.

Nah, ngomong-ngomong soal Hari Anak Nasional, kita intip dulu yuk sedikit fakta-fakta yang ada mengenai Hari Anak Nasional!



Dicetuskan oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia pada Tahun 1984

23 Juli : Hari Anak Nasional | Intip Fakta Di Balik Itu Yuk!

Munculnya perayaan Hari Anak Nasional bukanlah suatu hal yang tiba-tiba, GanSis. Peringatan ini pertama kali hadir pada saat Soeharto memikirkan nasib anak-anak Indonesia pada masa itu. Beliau menganggap bahwa anak-anak Indonesia adalah aset yang sangat berharga bagi Indonesia dan tentunya layak untuk dilindungi hak-haknya. Nah, maka melalui Keputusan Presiden No.44 Tahun 1984 Soeharto pun menetapkan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional.


Tema yang Berbeda Setiap Tahun

23 Juli : Hari Anak Nasional | Intip Fakta Di Balik Itu Yuk!

Setiap tahunnya, perayaan Hari Anak Nasional ini mengangkat tema yang berbeda-beda, GanSis. Tapi walaupun berbeda-beda, semuanya memiliki akar yang sama, yaitu mengenai kepedulian pada nasib anak Indonesia agar terus lebih baik. Pada tahun 2018 HAN mengangkat tema GENIUS (Gesit, Empati, beraNI, Unggul, Sehat), sedangkan pada perayaan HAN di tahun 2019 ini tema yang diangkan adalah Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak.


Capai 90% | Anak Indonesia Termasuk yang Paling Bahagia di Dunia

23 Juli : Hari Anak Nasional | Intip Fakta Di Balik Itu Yuk!

Terdapat sebuah survei yang dirilis oleh Varkey Foundation pada 2017, isinya mengatakan bahwa anak Indonesia masuk ke dalam jajaran paling bahagia di dunia dari 140 negara. Bahkan rata-rata kebahagiaan anak Indonesia hingga mencapai 90% loh! Angka ini merupakan angka tertinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Ternyata kebahagiaan anak ini dipengaruhi oleh banyak faktor, GanSis. Misalnya adalah kesehatan fisik serta mental, dapat bersosialisasi dengan kawan sebaya dan memiliki hubungan baik dengan keluarga. Pokoknya pas banget deh sama jargon HAN 2019, "Kita Anak Indonesia, Kita Gembira".


Sayangnya Masih Banyak Anak yang Putus Sekolah dan Buta Huruf

23 Juli : Hari Anak Nasional | Intip Fakta Di Balik Itu Yuk!

Walaupun anak indonesia termasuk yang paling bahagia, tapi ternyata masih banyak anak yang mengalami putus sekolah dan buta huruf, GanSis. Berdasarkan Profil Anak Indonesia 2018 yang dikeluarkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mencatat sebanyak 30,5 persen atau 79,6 juta jiwa penduduk Indonesia adalah anak-anak dari rentang usia 0-17 tahun. Dari sekian banyak anak calon penerus bangsa, sebanyak 1,17 persen anak usia 7-17 tahun berstatus putus sekolah. Bahkan terdapat 10,53% anak yang mengalami buta huruf pada umur 5-17 tahun. Jumlah ini tak bisa dibilang sedikit, GanSis.


Maka Kita Harus Dukung Program Unggulan Pemerintah dalam Entas Masalah Anak

23 Juli : Hari Anak Nasional | Intip Fakta Di Balik Itu Yuk!

Selain peduli pada pendidikan anak-anak Indonesia, pemerintah juga berupaya untuk menekan angka kekerasan yang terjadi pada anak-anak Indonesia, GanSis. Salah satu upayanya adalah dengan adanya program unggulan bernama Three Ends. Yaitu program yang berupaya dalam mengakhiri mata rantai kekerasan pada anak serta perempuan, perdagangan bebas serta kesenjangan ekonomi. Pokoknya program yang sudah berjalan dari tahun 2015 ini bertujuan untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) demi kemajuan bangsa.



Itu dia, GanSis, beberapa fakta-fakta yang ada di balik perayaan Hari Anak Nasional 2019. Oleh karena itu Hari Anak Nasional hendaknya dimaknai sebagai hari yang membahagiakan untuk anak-anak

Selamat Hari Anak Nasional!



SUMBER
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Selamat hati anak nasional.. mari kita bahagiakan anak-anak kita, kita didik anak-anak kita dengan pendidikan agama, budi pekerti sejak dini agar menjadi anak yang pintar dan beraklak baik.
wahh nice infooo tuh gan... mantul dehhh... lanjutin share2 thread mantul gini gan...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
selamat hari anak nasional.. Masalah buta huruf dan putus sekolah bukan hanya menjadi masalah pemerintah tetapi faktor yang paling utama adalah faktor minimnya sarana infrastruktur dan lemahnya sumber daya manusianya. Jadi semoga kedepannya pendidikan indonesia lebih baik lagi dan tidak ada lagi penyalahgunaan pemberian dana bantuan.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di