CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
5 Tips Menjadi Seorang Penulis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d35233782d4955d3f13d04e/5-tips-menjadi-seorang-penulis

5 Tips Menjadi Seorang Penulis

5 Tips Menjadi Seorang Penulis

Tak jarang sebuah hobi yang kita sukai bisa mendatangkan sesuatu yang istimewa, seperti pekerjaan, penghargaan, atau pengalaman yang tak terlupakan. Namun, tak jarang juga sesuatu yang istimewa tersebut tidak dapat disadari oleh diri kita sendiri dan menjadi penghambat untuk kita bisa mendapat hal istimewa itu.

Seperti halnya, hobi menulis yang ternyata bisa mendatangkan ketiga hal tersebut secara bersamaan. Jadi, untuk kamu yang punya hobi menulis tapi belum menyadari akan skillmu itu dan masih pasang surut ketika ingin menulis. Skills.ID akan memberikanmu 5 tips menjadi seorang penulis.

1. Rajin Membaca Setiap Hari Walau Hanya Selembar
Untuk menjadi seorang penulis tentu kamu juga harus senang membaca karena dengan membaca, maka kamu punya bahan untuk menulis. Jika tidak, maka tulisanmu tidak akan berkembang seperti tumbuhan yang sudah layu dan tidak akan mengalir seperti air yang keruh.

Bacalah setiap hari walau hanya selembar, entah itu sebuah artikel, cerpen, puisi, komik, novel, buku ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Niatkan dirimu untuk membaca karena dengan membaca ‘selembar’ saja itu tidak akan banyak membutuhkan waktu. Seperti kata pepatah “buku adalah jendela dunia”. Maka, genggamlah dunia dengan banyak membaca.

2. Carilah Tempat Ternyaman untuk Menulis
Terkadang niat untuk menulis sudah ada tapi ketika sudah di depan laptop niat itu seketika hilang karena tempat untuk menulis tidak membuat diri kita nyaman. Hal itu sering kali terjadi pada seorang penulis, maka pilihlah tempat ternyamanmu untuk menulis agar tulisanmu juga bisa membuat orang nyaman ketika membacanya.

Seperti misalnya, kamu tipe orang yang bisa menulis ketika berada di tempat yang sepi, maka kamar tidur atau belajar sangat cocok untuk kamu merangkai sebuah kata. Atau kamu tipe orang yang bisa menulis dengan suasana yang tidak terlalu sepi, maka kamu bisa pilih taman atau di rumah sambil mendengarkan lagu kesukaanmu.

3. Latihlah Skill Menulismu Setiap Hari Walau Hanya Satu Paragraf
Jika ingin menjadi seorang penulis, maka kamu harus melatih menulismu walau hanya satu paragraf, karena dengan begitu kamu akan terbiasa menulis tanpa beban sekalipun. Biasakanlah menulis setiap hari ‘satu paragraf’ entah itu tentang kejadian di hari ini yang membuatmu merasa spesial ataupun sebaliknya, yang membuatmu merasa jengkel.

Kamu bisa menulis dimulai dengan membuat tulisan di buku catatan kecilmu yang bisa kamu bawa kemanapun. Buatlah obsesi menulismu dalam kehidupan sehari-harimu.

4. Jika Bingung, Mulailah Menulis dari Pengalaman Pribadimu
Bukan tidak mungkin seorang penulis juga merasa bingung dengan tulisan yang ingin dibuatnya atau ide menulisnya mulai surut dan tidak tahu ingin menulis apa. Maka, salah satu caranya adalah tulislah tentang pengalamanmu sendiri. Karena dengan menulis tentang pengalaman pribadimu, itu sudah dipastikan bahwa hasil tulisanmu 100% orisinil dan sudah tentu berbeda dari ide orang lain.

Banyak penulis pemula yang mulai menulis dengan membuat suatu tulisan tentang pengalaman yang terjadi pada dirinya sendiri, entah itu momen terbaik atau momen terburuk. Karena hal itu adalah cara termudah untuk mendapatkan ide menulis dan pastinya tidak ada yang menyamai tulisanmu. Jadi, ayo menulis! dan kemaslah pengalamanmu itu menjadi suatu cerita yang menarik minat pembaca.

5. Tanamkan Rasa Percaya Diri Kamu untuk Mengikuti Perlombaan Menulis
Tidak sedikit orang yang punya hobi menulis tapi tidak ingin menyalurkan hobinya tersebut untuk mengikuti perlombaan. Padahal dengan mengikuti perlombaan menulis, karyamu bisa dikenal luas oleh orang banyak dan jika tulisanmu memang bernilai atau bermanfaat bagi orang lain, tulisanmu bisa menjadi juara. Namun, satu hal yang perlu kamu ingat jika kamu mengikuti perlombaan, jangan terlalu mengharapkan ‘kemenangan atau juara’ karena jika hal itu tidak bisa dicapai, semangat menulismu bisa menjadi pudar.

Selain menjadi juara 1, 2, atau 3 dalam suatu perlombaan menulis juga ada yang namanya kontributor terpilih. Kontributor terpilih adalah tulisanmu terpilih untuk dibukukan bersama dengan kontributor terpilih lainnya. Jadi, bersyukurlah jika kamu terpilih sebagai kontributor, jangan patah semangat jika kamu belum menjadi juara karena menang bukanlah tujuan seorang penulis tapi pengalaman untuk menghasilkan karya adalah tujuannya.

Itulah 5 tips menjadi seorang penulis dari Skills.ID. Buat kamu yang ingin menjadi seorang penulis biasakanlah untuk melakukan 5 tips tersebut. Teruslah membaca karena membaca adalah jendela dunia dan teruslah menulis karena tulisanmu akan mengubah dunia.

Writer: Istiana Fauzi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wawa.nty dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh skillsid
kalau saran dari ane gan, kalau mau jadi penulis harus rajin2 baca kaya gitu gan, buat ngasah otak juga
profile-picture
sunshii32 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
nice share
Quote:


beetuulll... thanks gan udah ngingetin. harus rajin rajin baca juga untuk ningkatin kepekaan terhadap kemampuan membaca dan menyimak dengan baik
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Iyaaa karena dia nulis apa yg dirinya dapat, pelajari, dan pahami ya breee jadi pasti ada bedanyaaa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


betul betul betul gan... jaman sekarang udah ada UU ITE. UU ITE dibuat untuk mewadahi regulasi kita dalam berekspresi di sosial media ya.. bukan malah mengurung ekspresi kita. semoga dengan adanya UU ini kita jadi lebih paham deh bagaimana mempertanggungjawabkan tulisan kita di media sosial maupun apa yang kita bagikan (share), jadi harus tau seluk beluknya dulu ya sebelum nge-share atau nge-forward sesuatu emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Naahhh manteepp ini sisi positif lain dari menulis pengalaman pribadi, masih ada mungkin sama sih tapi pasti sudut pandangnya berbeda
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


nah ini gan yang perlu dibahas di lain trit... "tanggung jawab dalam menulis"... di jaman media sosial ini banyak orang yang mempublikasikan tulisannya tanpa pertanggung jawaban gan... boleh sih pake nama pena... tapi kalo isinya provokatif, gimana?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Quote:


Oke oke saja emoticon-Cool
Quote:


Iyaa sih bree bener jugaa, tapi mungkin ga sih ada orang yg suka menulis tapi kurang suka membaca, ataupun sebaliknya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di