alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seed Ball & Ketapel — Duet Maut untuk Reboisasi Hutan
4.38 stars - based on 26 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d342918f4d69564cf6ed4ff/seed-ball--ketapel--duet-maut-untuk-reboisasi-hutan

Seed Ball & Ketapel — Duet Maut untuk Reboisasi Hutan

Seed Ball & Ketapel — Duet Maut untuk Reboisasi Hutan

United Nation atau PBB menetapkan sekurang-kurangnya suatu negara harus memiliki hutan seluas 10% dari total negaranya. Namun spa yang terjadi pada negara Kenya. 10% pun belum tercapai karena tingginya tingkat penebangan liar dan pembukaan lahan. Akibatnya pada tahun 2018 silam tercatat Kenya ternyata hanya memiliki luas hutan sebesar 7%. Melihat mirisnya negeri tercintanya, sekelompok sukarelawan dari Kenya melakukak reboisasi besar-besaran dengan cara yang tidak umum atau bisa dikatakan nyeleneh, yakni dengan cara ketapel. Emang bisa tumbuh?



Quote:


Quote:


Hadeuh ide udah cemerlang, penerapan sudah direalisasikan, tapi masyarakat pedalamannya ngeselin main cabut-cabut aja cuman karena ga sesuai keyakinannya... menurut agan kalo ada orang kayak gini enaknya diapain ya??



Sumber : disini
Sumber gambar : google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dompetjadipeci
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
Kreatif sekali caranya dan untung ada ilmuan muda sadar akan hal itu dan membantu penduduk dalam hal reboisasi tsb 👍 tapi sayangnya peran pemerintah nya gak dijelasin gan apakah pasif atau aktif mendukung cara reboisasi tsb.
Untuk masyarakat yg menolak karna menganggap pohon besar jadi tempat maling bersembunyi lebih cocok jadi pupuk buat tuh pohon 😠 lestariii...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
"... maka maling bisa bersembunyi disitu" ...
Itu pokok masalahnya.
Pemecahannya bisa dengan mengadakan swadaya mengadakan patrol pada malam hari. Khan disitu dikatakan bahwa mereka swadaya mengadakan tim pencari khusus. Pada saat yang sama bisa diadakan semacam giliran atau pengumpulan makanan kecil, bagi para petugas patrol yang bertugas saat itu.
Sekarang tinggal mikirin, apakah mereka harus pakai kentongan, sempritan, atau berbasis internet wifi ?

Secara alamiah terkait dengan kondisi alam yang ada disana, sebuah pohon besar, tidak akan dapat secara mudah begitu saja hidup berdampingan secara rapat dengan pohon besar lainnya. Pasti akan terjadi seleksi alamiah. Yang kita perlu lakukan hanyalah membiarkannya. Mereka (para tetumbuhan) akan menata diri dengan sendirinya, asalkan alam disana keadaannya diupayakan masih alami/lestari.
Namun ... pada masa sekarang, ketika dijumpai kondisi alam agak terganggu, tugas manusia adalah berupaya meminimalisir upaya pihak-pihak (bukan cuma manusia, pada thread diatas dikemukakan pula mengenai burung-burung) yang menghalangi terciptanya kembali lingkungan alam yang lestari.

Di lokal sini ada tanaman Muntianga calabura L. Pohonnya tidak terlampau besar, dan tidak membutuhkan kondisi yang terlampau basah untuk bisa hidup. Dan buahnya disukai oleh kaum burung jenis tertentu. Dan pada saat mereka memakannya, mereka kemudian secara tidak sengaja menjelma sebagai petani. Dimana biji-biji yang terbuang bersama kotorannya kemudian dapat tumbuh ditempat yang jauh dari pohon asalnya. Tapi hati-hati juga dengan pohon yang satu ini, sekalipun buahnya memang bermanfaat bukan saja bagi kaum burung, pertumbuhan dan perkembangannyanya dapat dikata cukup pesat ketika mereka mendapati kondisi tanah yang sesuai. Mungkin bagi yang doyan cabut-cabut itu, hal ini bisa diserahkan pada mereka, ketika mendapati jumlah tanaman tersebut sudah terlampau banyak sehingga mengganggu keberadaan tanaman lainnya. Mungkin ... pohon yang sama juga bisa menjadi alternatif penyedia bahan pangan disana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zimbenk dan 5 lainnya memberi reputasi
kayaknya di Indonesia juga sudah ada yang nerapin (kemarin liat di tv)

btw trit bagus kok rate 1 emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
izzy713 memberi reputasi
kalo reboisasi gagal, coba dengan kamisisasi
emoticon-Ngacir
profile-picture
izzy713 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:

Peran pemerintah pasif dan penuh korupsi. makanya ane enggan bahas di sini. Pemerintah kenya paling korup dan apatis

Quote:

Bantu Rate 5 gan. Ada org iseng rate 1

Quote:

Hahaaa niceeemoticon-Angkat Beer

Quote:

Wahhh idenya bagus banget gan. Apa kita sekarang berangkat ke kenya aja? emoticon-Bingung
Quote:


Itu mah hari bambangemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
isu152 dan dompetjadipeci memberi reputasi
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
Bisa tumbuh kok gan, Dulu ane sama kakek ane biasa berkebun di belakang rumah di kampung, kebetulan berada di lereng gunung yang agak curam. Caranya sama kaya ketapel biasa, benih ditaroh di dudukannya, terus di tarik deh. Gak lama kemudian oasti tumbuh.

Btw, ane bantu rate dan cendol ya. Thread bagus gini kok diisengin orang. emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Quote:


Oalah makasih banyak gan, setiap saya buat thread selalu aja ada yg iseng jadi musti di sundul terus2-an

emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
Gak salah sih kalo muncul anggapan banyak pohon banyak maling. Ane sendiri juga nganggap terlalu teduh malah bikin lembab karena gak ada sinar matahari yang masuk. Banyak juga kok orang-orang kehutanan yang menganggap hutan yang terlalu rimbun malah gak efektif buat ngurangin gas rumah kaca, karena gak maksimal dapet sinar matahari. Makanya muncul istilah "tebang pilih".

Tinggal kreativitas berbagai pihak aja biar reboisasinya lancar.
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
maling bersembunyi diantara pohon2, lah situ belom liat gedung di senayan
Quote:


Oalah gitu ya gan Thx informasinya emoticon-Nyepi
Awalnya ane pikir rimbun itu baik
Quote:


Hahaaa wkwkwkwk
emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk emoticon-Cape d...
Quote:


Negara kita soalnya negara lembab gan, sekali aja rimbun udah kerasa deh lembabnya. Ini juga yang bikin setan2 pada ngumpul. Kan jarang tuh cerita penampakan setan di padang pasir, kebanyakan kalo gak di hutan pasti di rumah kosong emoticon-Hammer
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Yups, ngaruh juga ye trnyata kpd dunia spiritual emoticon-Takut (S) pantesan ane takut bangett kalo main malam-malam di tempat rimbun yang pohonnya besar-besar emoticon-Takut (S)
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di